Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Pembelajaran Matematika Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.272Abstract
Materi operasi hitung bilangan bulat pada pembelajaran matematika di sekolah dasar masih banyak menemui kendala dalam implementasinya. Hal ini disinyalir minimnya penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran bilangan bulat di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi operasi hitung bilangan bulat pada pembeljaran matematika kelas VI. Metode penelitian kombinasi (kuantitatif dan kualitatif) digunakan pada penelitian ini. Sumber data sebanyak 17 orang siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan tes operasi hitung bilbul siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi operasi hitung bilangan bulat pada pembelajaran matematika kelas VI sekolah dasar negeri 26 Bantan menuju kemudahan dalam penyampaian materi dan efektif terhadap capaian hasil belajar siswa. Penggunaan media pada materi ini sangat strategis untuk dilakukan. Guru kelas VI bisa mulai menerapkan berbagai media untuk pembelajaran ini. Satu media dengan lainnya akan melengkapi saat guru membelajarkan operasi hitung bilangan bulat di kelas. Media yang ada di luar kelas pun bisa menjadi pilihan guru. Peneliti selanjutnya bisa menganalisis implementasi media yang efektif untuk diterapkan pada materi matematika lainnya di kelas VI.
Downloads
References
Amaliyah, A., Mahardhika, G., Lubis, N., S., & Hothimah, R., H. (2022). Analisis Pemahaman Siswa dalam Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat menggunakan Garis Bilangan. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(2), 361–366. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.105
Arhalifi, Witarsa, R., & Nurmalina. (2023). Analisis Pembelajaran Jaring Bangun 3 Dimensi pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 171–177.
Astuti, Zulfah, Hermira, E., Elviana, M., Ernalira, P., & Malinda, Y. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Busana Ninik Mamak di Kabupaten Kampar. Journal of Education Research, 4(1), 142–160.
Astuti, Zulfah, Nurhaliza, Nursyahfira, Sari, R., W., Ningrum, S., & Saputra, M. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Tradisi Manggelek Tobu di Kuok. Journal of Educatioan Research, 4(1), 125–133.
Ezaldi, D., Rizki, L., M., & Zulhendri. (2023). Studi Komparasi antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Self Directed Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Journal of Education Research, 4(1), 116–124.
Gerieska, O., & Pratiwi, R. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 067249 Medan Marelan T. P. 2021/2022. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 187–203.
Handayani, F., Sutama, & Hidayati, Y., M. (2022). Analisis Masalah Pembelajaran pada Operasi Hitung Bilangan Bulat di Masa Pandemi Covid-19. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 382–392. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8848
Iskandar. (2021). Penerapan Media Manipulatif pada Materi Operasi Hitung Bilangan pada Siswa Kelas VI SD Swasta WHS Kalimantan Barat. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2021, 36–40.
Khaeroni. (2015). Ragam Permasalahan dalam Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat di SD/MI. Jurnal Primary, 07(02), 187–206.
Kumalasari, F., & Widayati. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Bilangan Bulat. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1191–1196.
Mulya, R., Ilmiawan, A., & Nurmawati, U. (2023). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Kualitas SDM Siswa. Journal of Education Research, 4(1), 390–396.
Rahmawati, I. (2022). Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Materi Bentuk Pecahan. Journal of Education Research, 3(2), 62–70. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.77
Rahmawati, N., & Fitri, R. (2023). Permainan Basketball Circuit sebagai Upaya Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 633–643.
Rahmi, A., Witarsa, R., & Noviardila, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Example dan Non Example. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 484–493.
Rohmawati, A. (2022). Penggunaan Media Cola untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat Kelas VI. Journal of Education Research, 3(2), 48–61. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.76
Sidik, G., S., & Wakih, A., A. (2019). Kesulitan Belajar Matematik Siswa Sekolah Dasar pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 461–470.
Siska, Safei, & Sulasteri, S. (2021). Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat menggunakan Media Pembelajaran Manik-manik Warna. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 242–253. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a10.2021
Unaenah, E., Syariah, E., N., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Novyanti, A., & Nupus, F., S. (2020). Analisis Pemahaman Siswa dalam Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat menggunakan Garis Bilangan. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 296–310.
Wardani, B., N. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Teknik Formulasi pada Siswa Kelas VI SDN 2 Ketara Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(2), 290–298.
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Reni Maharani, Ramdhan Witarsa, Molli Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).