Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Pembelajaran Matematika Kelas VI

Authors

  • Reni Maharani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Molli Wahyuni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.272

Abstract

Materi operasi hitung bilangan bulat pada pembelajaran matematika di sekolah dasar masih banyak menemui kendala dalam implementasinya. Hal ini disinyalir minimnya penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran bilangan bulat di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi operasi hitung bilangan bulat pada pembeljaran matematika kelas VI. Metode penelitian kombinasi (kuantitatif dan kualitatif) digunakan pada penelitian ini. Sumber data sebanyak 17 orang siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan tes operasi hitung bilbul siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi operasi hitung bilangan bulat pada pembelajaran matematika kelas VI sekolah dasar negeri 26 Bantan menuju kemudahan dalam penyampaian materi dan efektif terhadap capaian hasil belajar siswa. Penggunaan media pada materi ini sangat strategis untuk dilakukan. Guru kelas VI bisa mulai menerapkan berbagai media untuk pembelajaran ini. Satu media dengan lainnya akan melengkapi saat guru membelajarkan operasi hitung bilangan bulat di kelas. Media yang ada di luar kelas pun bisa menjadi pilihan guru. Peneliti selanjutnya bisa menganalisis implementasi media yang efektif untuk diterapkan pada materi matematika lainnya di kelas VI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, A., Mahardhika, G., Lubis, N., S., & Hothimah, R., H. (2022). Analisis Pemahaman Siswa dalam Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat menggunakan Garis Bilangan. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(2), 361–366. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.105

Arhalifi, Witarsa, R., & Nurmalina. (2023). Analisis Pembelajaran Jaring Bangun 3 Dimensi pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 171–177.

Astuti, Zulfah, Hermira, E., Elviana, M., Ernalira, P., & Malinda, Y. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Busana Ninik Mamak di Kabupaten Kampar. Journal of Education Research, 4(1), 142–160.

Astuti, Zulfah, Nurhaliza, Nursyahfira, Sari, R., W., Ningrum, S., & Saputra, M. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Tradisi Manggelek Tobu di Kuok. Journal of Educatioan Research, 4(1), 125–133.

Ezaldi, D., Rizki, L., M., & Zulhendri. (2023). Studi Komparasi antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Self Directed Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Journal of Education Research, 4(1), 116–124.

Gerieska, O., & Pratiwi, R. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 067249 Medan Marelan T. P. 2021/2022. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 187–203.

Handayani, F., Sutama, & Hidayati, Y., M. (2022). Analisis Masalah Pembelajaran pada Operasi Hitung Bilangan Bulat di Masa Pandemi Covid-19. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 382–392. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8848

Iskandar. (2021). Penerapan Media Manipulatif pada Materi Operasi Hitung Bilangan pada Siswa Kelas VI SD Swasta WHS Kalimantan Barat. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2021, 36–40.

Khaeroni. (2015). Ragam Permasalahan dalam Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat di SD/MI. Jurnal Primary, 07(02), 187–206.

Kumalasari, F., & Widayati. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Bilangan Bulat. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1191–1196.

Mulya, R., Ilmiawan, A., & Nurmawati, U. (2023). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Kualitas SDM Siswa. Journal of Education Research, 4(1), 390–396.

Rahmawati, I. (2022). Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Materi Bentuk Pecahan. Journal of Education Research, 3(2), 62–70. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.77

Rahmawati, N., & Fitri, R. (2023). Permainan Basketball Circuit sebagai Upaya Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 633–643.

Rahmi, A., Witarsa, R., & Noviardila, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Example dan Non Example. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 484–493.

Rohmawati, A. (2022). Penggunaan Media Cola untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat Kelas VI. Journal of Education Research, 3(2), 48–61. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.76

Sidik, G., S., & Wakih, A., A. (2019). Kesulitan Belajar Matematik Siswa Sekolah Dasar pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 461–470.

Siska, Safei, & Sulasteri, S. (2021). Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat menggunakan Media Pembelajaran Manik-manik Warna. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 242–253. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a10.2021

Unaenah, E., Syariah, E., N., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Novyanti, A., & Nupus, F., S. (2020). Analisis Pemahaman Siswa dalam Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat menggunakan Garis Bilangan. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 296–310.

Wardani, B., N. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Teknik Formulasi pada Siswa Kelas VI SDN 2 Ketara Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(2), 290–298.

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2023-07-08

How to Cite

Maharani, R., Witarsa, R., & Wahyuni, M. (2023). Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Pembelajaran Matematika Kelas VI. Journal of Education Research, 4(3), 944–950. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.272

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>