Peningkatan Kreatifitas Seni melalui Pembelajaran Sains Pencampuran Warna dengan Teknik Finger Painting pada Anak Usia Dini

Authors

  • Sri Handayani Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nurul Hidayati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Iraq
  • Nurul Khotimah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.271

Abstract

Usia dini merupakan masa emas, yakni tahap kemampuan berpikir anak mengalami perkembangan yang pesat. Namun, pada umumnya, guru hanya menekankan kemampuan kognitif, motorik, dan afektif. Padahal pada era sekarang dibutuhkan kreatifitas sebagai penunjang kemampuan kognitif, motorik, dan afektif. Penelitian ini bertujuan mengkaji dampak penggunaan teknik finger painting dalam pembelajaran sains pencampuran warna sebagai upaya peningkatan kreatifitas seni pada anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas PTK. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif bersama dengan guru di kelompok B satu TK Negeri Pembina Takeran. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kreatifitas seni melalui pembelajaran sains dengan teknik finger painting pada anak usia lima sampai enam tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Siti. 2008. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Halaman Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Cahyati, Anis. 2015. “Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Finger Painting untuk Meningkatkan Kreativitas”. E-Journal PGPAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 1, No. 1.

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah. 2006. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi TK dan RA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri.Drs. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Elizabeth.B. 1990. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Gunarti, Winda, dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional

Hasibuan, Rachma dan Mallevi Agustin Ningrum. 2016. “Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini’. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 1, Tahun 2016.

Hurlock, Elizabeth.B. 1990. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga Hurlock.

Jannah, Ranti Raudatul Dan Rakimahwati. 2022. “Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kreativitas Usia Dini”. Journal of Education Research, Vol. 3(4), 2022, pages 187-191.

Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marlina, Lenni dan Farida Mayar. 2020. “Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-kanak”. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 4, No. 2, 2020.

Mayar, Farida, dkk. 2022. “analisis pembelajaran seni melalui finger painting pada anak usia dini”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6, Issue 4 (2022), pages 357-363.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuraini, Febri. 2015. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Finger Painting Pada Anak Di Ra Sunan Averrous Bogoran, Bantul”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Oberlander, June.R. 2008. Slow And Steady Get Me Ready. Jakarta: Primamedia Pustaka.

Pamadhi, Hajar. 2008. Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka.

Ramdini, Tiara Prima dan Farida Mayar. 2019. “Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa dan Kreativitas Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 3, No. 6, 2019.

Seefeldt, Carol dan Wasik, Barbara.A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat Dan Lima Masuk Sekolah. Jakarta: Indeks.

Sobandi, Bandi. 2008. Model Pembelajaran Kritik Dan Apresiasi Seni Rupa. Solo: Maulana Offset.

Sudjoko. 2001. Pengantar Seni Rupa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Departemen Pendidikan Nasional. Bandung

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sundari, Rita dan Fatimatul Zahroh. 2021. “Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru PAUD”. Journal Of Early Childhood And Character Education, Vol. 1, No. 1, 2021.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Suharman. 2011. Kreativitas (Teori dan Pengembangan). Surabaya: Laros.

Winataputra, Udin.S. 2007. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Wulandari, Anggi, dkk. 2020. “Meningkakan Kreativitas Anak Melalui Teknik Finger Painting Di KB Al Jannati Gampong Jawa Kota Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5(1): 80-89, Februari 2020.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Handayani, S., Hidayati, N., & Khotimah, N. (2023). Peningkatan Kreatifitas Seni melalui Pembelajaran Sains Pencampuran Warna dengan Teknik Finger Painting pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 801–813. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.271

Issue

Section

Articles

Citation Check