Penerapan Media Seluncuran Kelereng terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.270Abstract
Pendidikan di Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang memiliki peranan sangat penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung siswa kelompok A TK Dharma Wanita Sawojajar Kec. Takeran melalui media seluncuran kelereng tahun pelajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berhitung. Proses pelaksanaan tindakan kelas melalui empat tahap dalam tiga siklus mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan statistik deskriptif secara rata-rata dan persentase yaitu dengan menginventarisasi dan memadukan seluruh informasi yang diperoleh dari tiap siklus. Dari hasil analisis dan pengamatan pada penelitian ini serta mengacu pada hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada peningkatkan kemampuan berhitung melalui media seluncuran kelereng pada siswa kelompok A TK Dharma Wanita Sawojajar Kec. Takeran tahun pelajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga.
Downloads
References
Ahmad, Rohani. 2014. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Aisyah, Siti. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Univeristas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asnita. 2013. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Lempar Kelereng di TK IPHI Payakumbuh”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Fauziyah, N. 2014. “Pengaruh Permainan Balok dan Permainan Dakon Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Ditinjau dari Kesiapan Sekolah Siswa TK B Paud Insan Fathonah Bejen Karanganyar”. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fithriyanti, Nurul dan Risma Nugrahani. 2021. “Pengaruh Permainan Tradisional Kelereng Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 6, No.1 (2021), Hal. 471-475.
Harahap, SNH, dkk. 2023. “Pengaruh Permainan Kelereng dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), Vol.5, No.1, Tahun 2023.
Hasan, Maimunah. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Hasanah, Uswatun. 2016. “Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5, Edisi 1, Juni 2016.
Lubis, A. Naashir M Tuah dan Wahyu Widada. 2020. “Kemampuan Problem Solving Siswa Melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu” Jurnal Pendidikan Matematika Raflessia, Vol.5, No.1, Hal. 127-33.
Misrawati, dkk. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Tradisional (Kelereng) Pada Anak Kelompok B di TK TGK Chik Gogo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol. 3, No. 2, Juni 2022.
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Rosdakarya.
Nugrahani, R. Dan T. Afshoch. 2021. “Penerapan Mendia Tutup Botol untuk Mengenal Konsep Bilangan 1-10 pada Anak Kelompok A KB Manbaul Huda Desa Kunir Kec. Plumpang Kab. Tuhan Tahun Pelajaran 2019/2020”. Prosiding Seminar Nasional PPM, Vol. 5, No. 2, Pages 2017-220.
Pratiwi, Jhenny Windya dan Heni Pujiastuti. 2020. “Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng”. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol.5, No. 2. Tahun 2020.
Rohani, Ahmad. 2014. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sentaningrum, Cherin Rahma Imaniar. 2021. “Bermain Kelereng Dan Petak Umpat dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di RA Insan Cendekia Ngunjung Maospati”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Sinar. 2018. Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sulastri, dkk. 2023. “Penerapan Permainan Tutup Botol terhadap Kemampuan Membilang Anak Usia Dini”. Journal of Education Research, Vol. 4, No. 2 (2023).
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Sutejo. 2009. Cara Mudah Menulis Penelitian Tindakan Kelas Mencari Akar, Sukses Belajar. Yogyakarta: Pustaka Felica.
Wati, Linda. 2014. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tangga Kelereng di Taman Kanak-kanak An-Nur Lubuak Malako Solok Selatan. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Panduan bagi Orang Tua dan Pendidik PAUD dalam Memahami serta Mendidik Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gafa Media.
Wulansari, Intan, dkk. 2021. “Pembelajaran Media Visual Permainan Kelereng Anak Usia Dini untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Kelompok B”. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), Vol. 4, No. 1 (2021).
Yulidawati. 2013. “Peningkatakn Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Golong Kelereng di PAUD Aisyiyah Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Zaman, Badru. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zuriah, Nurul . 2006. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan: Teori - Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nurul Hidayati, Nurul Khotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).