Penggunaan Permainan Sains Colour March pada Sensori Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.269Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh permainan Colour March pada perkembangan sensori anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian study kasus karena untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman dan persepsi anak-anak terkait dengan permainan colour march. Partisipan penelitian terdiri dari lima belas anak usia dini usia antara empat sampai lima tahun di TK Kartini Bulak. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan pencatatan lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis tematik. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan perkembangan sensori anak dan meningkatkan kreativitas karena mereka bisa mencoba membuat warna baru dengan mencampur beberapa warna. Anak-anak merespon permainan dengan baik. Selain itu peralatan dan bahan yang digunakan mudah ditemui, sehingga permainan ini menjadi media pembelajaran yang sederhana. Oleh karena itu pembelajaran sains dengan permainan Colour March dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan sensori anak.
Downloads
References
Andriani, D. 2017. Kiat Menghadapi Anak dengan Gangguan Sensori. Tempo. Retrieved from https://cantik.tempo.co/read/858285/kiat-menghadapi-anak-dengan-gangguansensori/full&view=ok
Annisa, Yaswinda. 2020. Pengaruh Penerapan Eksperimen Rambatan Air terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Anak Taman Kanak-Kanak. Journal of Chilhood Education 6(2): 405.
Arifianto. 2016. Implementasi metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Yogyakarta: aswaja pressindo.
Fadlillah, M. 2017. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Gettman, D. 2016. Metode pengajaran montessori tingkat dasar aktivitas belajar untuk anak balita. Terj. Annisa Nuriowandari. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Handayani, Sri, dkk. 2023. “Peningkatan Kreatifitas Seni Melalui Pembelajaran Sains Pencampuran Warna Dengan Teknik Finger Painting Pada Anak Usia Dini”. Journal of Education Research, 4(2), 2023, Pages 801-813.
Haryanti, Dwi, dkk. 2019. “Gambaran Perilaku Orang Tua dalam Stimulasi Pada Anak yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun.” Jurnal Keperawatan Jiwa 6(2):64.
Husin, Sri Hartuti dan Yaswinda. 2021. “Analisis Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Basicedu, Vol. 5, No.2, Tahun 2021, Hal. 581-595.
Juniati, Winda & Nur Hazizah. 2020. “Pengaruh Permainan Sorting Color Dalam Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Pra-Matematika Di Taman Kanak-Kanak Budi Mulia”. Jurnal Golden Ade: pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Hamzanwadi, Vol. 4, No. 1, Tahun 2020.
Kurniawan, Heru, dkk. 2020. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Meilanie H. Sri Martini. 2021. “Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi, Vol.5, Issue 1, Pages 985-964.
Mulyana, D. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remajarosdakarya.
Nadia Zulfa dan Syamsul Hadi. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Ipa”. Jurnal Teknodik, Vol. 18, No. 2. Agustus 2014.
Nisa Nur Baety, Khoerun. 2022. “Meningkatkan Keterampilan Sikap Sains Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperiman”. Jurnal Pelangi, Vol. 4, Issue 1, Maret 2022.
Nufus, Siti Alifiya Hayatun, 2022. “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Sains Rambatan Warna”. Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 6, No.1, Juni 2022, Page 59-70.
Pratiwi, H. 2020. “Screen Time dalam Perilaku Pengasuhan Generasi Alpha pada Masa Tanggap Darurat Covid-19”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 265.
Ridlo, Ubaid. 2023. Metode penelitian studi kasus: teori dan praktik. Jakarta: Publica Indonesia Utama.
Rosiyanah, dkk. 2021. “Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, Issue 1 (2021), Pages 941-957.
Sugiyono. 2010. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, r&d. Yogyakarta: alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. 2009. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
Widayati, Jeni Roes, dkk. “Alat Permainan Edukatif: Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, Issue 1 (2021) Pages 654-664.
Winarni, Dyah Setyaningrum. 2017. “Analisis Kesulitan Guru Paud Dalam Membelajaran Ipa Pada Anak Usia Dini”. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, Vol. 5, No. 1.
Yaswinda, dkk. 2018. “Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru PAUD Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam”. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.2, No.2, Tahun 2018.
Zulqarnain, Sukatin, dan Septiya Ayu Sapitri. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Percobaan Sains Sederhana Di Kelompok Bermain Pelangi Rt 11 Desa Pematan Gadung Kecamatan Mersam”. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 1 (2022).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Aslamiyah Aslamiyah, Sulastri Sulatri, Nurul Khotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).