Penggunaan Permainan Sains Colour March pada Sensori Anak Usia Dini

Authors

  • Aslamiyah Aslamiyah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Sulastri Sulatri Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nurul Khotimah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh permainan Colour March pada perkembangan sensori anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian study kasus karena  untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman dan persepsi anak-anak terkait dengan permainan colour march. Partisipan penelitian terdiri dari lima belas anak usia dini usia antara empat sampai lima tahun di TK Kartini Bulak. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan pencatatan lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis tematik. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan perkembangan sensori anak dan meningkatkan kreativitas karena mereka bisa mencoba membuat warna baru dengan mencampur beberapa warna. Anak-anak merespon permainan dengan baik. Selain itu peralatan dan bahan yang digunakan mudah ditemui, sehingga permainan ini menjadi media pembelajaran yang sederhana. Oleh karena itu pembelajaran sains dengan permainan Colour March dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan sensori anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, D. 2017. Kiat Menghadapi Anak dengan Gangguan Sensori. Tempo. Retrieved from https://cantik.tempo.co/read/858285/kiat-menghadapi-anak-dengan-gangguansensori/full&view=ok

Annisa, Yaswinda. 2020. Pengaruh Penerapan Eksperimen Rambatan Air terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Anak Taman Kanak-Kanak. Journal of Chilhood Education 6(2): 405.

Arifianto. 2016. Implementasi metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Yogyakarta: aswaja pressindo.

Fadlillah, M. 2017. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Gettman, D. 2016. Metode pengajaran montessori tingkat dasar aktivitas belajar untuk anak balita. Terj. Annisa Nuriowandari. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Handayani, Sri, dkk. 2023. “Peningkatan Kreatifitas Seni Melalui Pembelajaran Sains Pencampuran Warna Dengan Teknik Finger Painting Pada Anak Usia Dini”. Journal of Education Research, 4(2), 2023, Pages 801-813.

Haryanti, Dwi, dkk. 2019. “Gambaran Perilaku Orang Tua dalam Stimulasi Pada Anak yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun.” Jurnal Keperawatan Jiwa 6(2):64.

Husin, Sri Hartuti dan Yaswinda. 2021. “Analisis Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Basicedu, Vol. 5, No.2, Tahun 2021, Hal. 581-595.

Juniati, Winda & Nur Hazizah. 2020. “Pengaruh Permainan Sorting Color Dalam Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Pra-Matematika Di Taman Kanak-Kanak Budi Mulia”. Jurnal Golden Ade: pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Hamzanwadi, Vol. 4, No. 1, Tahun 2020.

Kurniawan, Heru, dkk. 2020. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meilanie H. Sri Martini. 2021. “Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi, Vol.5, Issue 1, Pages 985-964.

Mulyana, D. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remajarosdakarya.

Nadia Zulfa dan Syamsul Hadi. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Ipa”. Jurnal Teknodik, Vol. 18, No. 2. Agustus 2014.

Nisa Nur Baety, Khoerun. 2022. “Meningkatkan Keterampilan Sikap Sains Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperiman”. Jurnal Pelangi, Vol. 4, Issue 1, Maret 2022.

Nufus, Siti Alifiya Hayatun, 2022. “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Sains Rambatan Warna”. Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 6, No.1, Juni 2022, Page 59-70.

Pratiwi, H. 2020. “Screen Time dalam Perilaku Pengasuhan Generasi Alpha pada Masa Tanggap Darurat Covid-19”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 265.

Ridlo, Ubaid. 2023. Metode penelitian studi kasus: teori dan praktik. Jakarta: Publica Indonesia Utama.

Rosiyanah, dkk. 2021. “Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, Issue 1 (2021), Pages 941-957.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, r&d. Yogyakarta: alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. 2009. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Widayati, Jeni Roes, dkk. “Alat Permainan Edukatif: Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, Issue 1 (2021) Pages 654-664.

Winarni, Dyah Setyaningrum. 2017. “Analisis Kesulitan Guru Paud Dalam Membelajaran Ipa Pada Anak Usia Dini”. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, Vol. 5, No. 1.

Yaswinda, dkk. 2018. “Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru PAUD Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam”. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.2, No.2, Tahun 2018.

Zulqarnain, Sukatin, dan Septiya Ayu Sapitri. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Percobaan Sains Sederhana Di Kelompok Bermain Pelangi Rt 11 Desa Pematan Gadung Kecamatan Mersam”. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 1 (2022).

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Aslamiyah, A., Sulatri, S., & Khotimah, N. (2023). Penggunaan Permainan Sains Colour March pada Sensori Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 856–863. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.269

Issue

Section

Articles

Citation Check