Penerapan Kegiatan Cooking Class terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.267Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya guru yang cenderung tidak memberikan kegiatan sains pada kegiatan belajar – mengajar, kalaupun menerapkan sains masih menggunakan cara – cara yang kurang menarik minat anak untuk belajar sains. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran pengenalan sains sederhana dengan materi pengukuran untuk anak Taman Kanak-kanak terutama yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes tanya jawab. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan Hasil penelitan yang dilakukan pra observasi rata-rata hasil anak belum ada yang berkembang sangat baik, Dari data itu dapat di simpulkan bahwa kegiatan cooking class dapat meningkatkan kemampuan Sains pada anak usia lima sampai enam tahun.
Downloads
References
Agustina, Wini, dkk. 2022. “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui STEAM Dengan Cooking Class”. Widya Wacana: Jurnal ilmiah, JWW XVII (2) (2022).
Akmal, Imelda. 2006. Menata Rumah Dengan Warna. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Anggraheni Ika, 2019. “Profil Perkembangan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Kelompok B Dalam Kegiatan Cooking Class”. THUFULI: Jurnal Pendidikan IslamAnak Usia Dini, Vol. 1, No.1, Tahun 2019.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ayan, J.E. 2002. Bengkel Kreativitas. Bandung: Kaifa.
Azwar, Saifuddin. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyati, Johni. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: prenadamedia grup.
Fardiah, dkk. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Sains”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan anak usia dini, Vol. 4, No. 1, 2020.
Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Sains”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133-140.
Hurlock, B.E. 1989. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
----------------. 1993. Perkembangan Anak (jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Jumaisah, J. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Melalui Cooking Class Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini”. PERISKOP: Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 3(1).
Khaeriyah, Ery, dkk. 2018. “Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini”. Awlady: jurnal pendidikan anak, Vol. 4, No.2, September 2018.
Kurniawaty, Lia. 2017. “Peningkatan Pengetahuan Tentang Makanan Sehat Melalui Kegiatan Bermain Cooking Class”. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education, Vol. 4, No. 2, Januari 2017.
Maharani, Novita, dkk. 2019. “Kegiatan Cooking Class Sebagai Upaya Pembiasaan Mengonsumsi Makanan Sehat Pada Anak Usia 4-5 Tahun”. Jurnal Kumara Cendekia, Vol. 7, No. 3, September 20219.
Montalu, dkk. 2005. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: UT.
Nana Sudjana & Ahmad Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: PT. Sinar Baru Bandung.
Oemar Hamalik. 1986. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti Bandung.
Putri, S. U. 2019. Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.
Rahma, Aldila. 2020. “Pembelajaran Sains Untuk Mengenalkan Kebencanaan Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Golden Age, Vol. 4, No. 2, Desember 2020, Hal. 250-260.
Rasid, Julaeha, dkk. 2020. “Kajian Tentang Kegiatan Cooking Class Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun”. Jurnal pendidikan guru pendidikan anak usia dini, Vol 3, No.1, Oktober 2020.
Roza, Mela Murti. 2012. “Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang”. Jurnal Ilmiah PG-PAUD FIP, Vol. 1, No. 1, September 2012, Hal. 1-11.
Sriati, dkk. 2022. “Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) Bagi Anak Melalui Bermain Bersama Orang Tua”. Jurnal warta LPM, Vol, 25, No. 2, april 2022, hlm. 199-209.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
Watini, S. 2019. “Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82-90.
Widiyono, A., & Zumrotun, E. 2022. “Pembentukan Karakter Mandiri Dan Tanggung Jawab Anak Melalui Cooking Class di RA Imama Mijen Semarang”. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 44-55.
Yaswinda, dkk. 2018. “Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam”. Yaa Bunayya: Jurnal pendidikan anak usia dini, Vol. 2, No. 2, November 2018.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Asri Nur Firmawati, Nurul Khotimah, Siti Amini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).