Peningkatan Kecerdasan Anak Usia Dini dalam Memecahkan Masalah melalui Permainan Puzzle
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.266Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi awal masa yang harus diberikan pendampingan secara benar agar tidak menimbulkan hal yang fatal dikemudian hari. Dewasa ini didapatkan permasalahan dalam pembelajaran PAUD yakni rendahnya kemampuan kognitif anak. Kemampuan kognitif ini berpengaruh terhadap kemampuan afektif dan psikomotoriknya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan media pembelajaran puzzle sebagai upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam menyelesaikan masalah. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, pengamatan, pengumpulan data, dan analisis. Peneliti berpatisipasi aktif dalam penelitian. Analisis data dilakukan dengan cara analisis fenomenologi. Hasil penelitian menyatakan bahwa permainan puzzle mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam menyelesaikan masalah. Puzzle dapat digunakan sebagai inovasi dalam meningkatkan kecerdasan anak usia dini dalam memecahkan masalah.
Downloads
References
Al-Azizy. 2010. Ragam Latihan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Ingatannya. Yogakarta: Diva Press.
Astuti, Y. (2016). Cara Mudah Asah Otak Anak. Flash Books.
Amalia, Rizka. 2017. Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Media Akademi.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Fadlillah, M. 2017. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Hasnunidah, Neni. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Indrijati, Herdina. 2017. Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini (Sebuah Bunga Rampai). Jakarta: Kencana.
Jannah, dkk. 2018. 144 Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kurniawan, Heru, dkk. 2020. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Manzilati, Asfi. 2017. Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma. Metode, dan Aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Marlina, Serli. 2014. “Peningkatan Sikap Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle buah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 1 Bukit Tinggi”. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. XIV, No. 2, November 2014.
Martuti, A. 2009. Mengelola PAUD: Dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasarn Majemuk. Bantul: Kreasi Wacana.
Masganti. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Maskun dan Valensy Rachmedita. 2018. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Muloke, Inggried Claudia, dkk. 2017. “Pengaruh Alat Permainan Edukatif (Puzzle) Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolang Mongondow Selatan”. E-journal Keperawatan (e-Kp), Vol. 5, No. 1, Februari 2017.
Mulyani, Novi. 2018. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Mulyaningsih, Eka dan Sukmawati Tono Palangngan. 2020. “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini” Al-Gurfah : Journal of Primary Education.
Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2021). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 29–40.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Nari, Nola, dkk. 2019. “Penerapan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan membilang”. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume 7, No. 1, Juni 2019 (44-52).
Permata, Rista Dwi. 2020. “Pengaruh permainan Puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 4 – 5 tahun”. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5 (2), 2020,1-10.
Purnama, Sigit, Yuli salis Hijriyani, Heldanita. 2019. Alat Permainan Edukatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahman, Zainal. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif Berbasis Blended Learning. Malang: Wineka Media.
Saputri, Novi Eka, dkk. 2021. “Pengembangan Media Puzzle Shalat Edukatif dalam Meningkatkan Kemampuan Ibadah Shalat Anak Usia 5-6 Tahun”. Journal of Education Research. 2(1), 2021, Pages 27-26.
Setyaningsih, Tunggul Sri Agus, dan Hesti Wahyuni. 2018. “Stimulasi Permainan Puzzle Berpengaruh Terhadap Perkembangan Sosial dan Kemandirian Anak Usia Prasekolah”. Jurnal Keperawatan Silampari, Vol. 1, No. 2, Juni 2018.
Srianis, Komang, dkk. 2014. “Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk”. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha
Sudarwati Umi. 2018. “Peningkatan Kemampuan Membilang 1-20 Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Kelompok B Di TK Tunas Rimba 1 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017”. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol. 03, No. 01, Maret 2018.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
Trimantara, Hermansyah, dkk. 2019. “Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle”. Al Athfal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 1, Tahun 2019.
Wiyani, Novan Ardy. 2018. Manajemen Program Kegiatan PAUD Berbasis Otak Kanan. Yogyakarta: Gava Media.
Wiyani, Novan Ardy. 2018. Manajemen Program Pembiasaan Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Siti Amini, Asri Nur Firmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).