Pengaruh Self Esteem, Self Regulation, dan Self Concept Terhadap Fomo pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP ULM

Authors

  • Muhamad Rico Ramadhan Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat
  • Ali Rachman Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat
  • Ririanti Rachmayanie Jamain Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2656

Keywords:

Fear of missing out, Self-Esteem, Self-Regulation, Self-Concept, Model Persamaan struktural

Abstract

Fenomena Fear of Missing Out (FoMO) kian marak di kalangan mahasiswa seiring meningkatnya penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-esteem, self-regulation, dan self-concept terhadap FoMO pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP ULM. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan teknik sampling jenuh, sebanyak 270 mahasiswa dijadikan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel self-esteem, self-regulation, dan self-concept memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap FoMO. Temuan ini mengindikasikan bahwa individu dengan harga diri, regulasi diri, dan konsep diri yang tinggi justru dapat lebih rentan mengalami FoMO. Studi ini memberikan kontribusi dalam memahami dinamika psikologis mahasiswa dalam konteks media sosial, serta menjadi dasar bagi pengembangan strategi bimbingan dan konseling yang relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brailovskaia, J., Ozimek, P., Rohmann, E., & Bierhoff, H.-W. (2023). Vulnerable narcissism, fear of missing out (FoMO) and addictive social media use: A gender comparison from Germany. Computers in Human Behavior, 144, 107725.

Calhoun, J. F., & Acocella, J. R. (1995). Psikologi tentang penyesuaian dan hubungan kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang.

Darussalam, B. G. E., Mahadewi, B. A. E., Wijiati, D. A., Dewi, D. F. A. K., Dewayani, E. N. A. H., & Ediyono, S. (2023). Hubungan Fear Of Missing Out (Fomo) Dengan Self-Regulation Pada Mahasiswa.

Deny, M., & Darwis, D. (2023). Hipertensi merupakan salah satu penyait paling umum di negara berkembang seperti indonesia, dimana tekana darah tinggi sistolik sekitar 140 mmHg dan tekana darah diastolik sekitar 90 mmHg di anggap tekanan darah orang tersebut tinggi dan beresiko mengalam. JIMPK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(2).

Dewi, N. K., Hambali, I., & Wahyuni, F. (2022). Analisis intensitas penggunaan media sosial dan social environment terhadap perilaku FoMo. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 11–20.

Firmawati, Y., & Usman, N. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(3).

Ghozali, I. (2017). Model persamaan struktural konsep dan aplikasi dengan program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, D. B. (2009). Structural equation model (SEM). Media Informatika, 8(3), 121–134.

Hair, J. F., Gabriel, M., & Patel, V. (2014). AMOS covariance-based structural equation modeling (CB-SEM): Guidelines on its application as a marketing research tool. Brazilian Journal of Marketing, 13(2).

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24.

Kaloeti, D. V. S., Kurnia S, A., & Tahamata, V. M. (2021). Validation and psychometric properties of the Indonesian version of the Fear of Missing Out Scale in adolescents. Psicologia: Reflexao e Critica, 34, 15.

Khalid, K., Abdullah, H. H., & Kumar M, D. (2012). Get along with quantitative research process. International Journal of Research in Management, 2(2), 15–29.

Mashlihah, L. N., & Hasyim, M. (2019). Pengaruh self-esteem, self-regulation, dan self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 5(2), 44–50.

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183–196.

Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848.

Puti Aurira, Tri Rejeki Andayani, Mahardika Supratiwi, & Fajar Nursodiq. (2023). Fear of Missing Out Scale Adaptation in Indonesia. Psychological Research on Urban Society, 6(2). https://doi.org/10.7454/proust.v6i2.1127

Raskin, R., Novacek, J., & Hogan, R. (1991). Narcissistic self-esteem management. Journal of Personality and Social Psychology, 60(6), 911.

Rokhmatika, N. (2024). Pengembangan Instrumen Self-Esteem Coopersmith (Citra Diri). ⁠⁠ Jurnal Literasi Indonesia, 1(1), 1–8.

Servidio, R., Sinatra, M., Griffiths, M. D., & Monacis, L. (2021). Social comparison orientation and fear of missing out as mediators between self-concept clarity and problematic smartphone use. Addictive Behaviors, 122, 107014.

Setiawan, B. (2022). Pengembangan Self-Regulation Scale Mahasiswa berdasarkan Zimmerman Self-Regulation Model. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(2), 215–228.

Statistikian. (2024). Penjelasan SEM AMOS: Validitas Reliabilitas dan Path Analysis. https://www.statistikian.com/2024/06/penjelasan-sem-amos-validitas-path-analysis-part-3.html

Stead, H., & Bibby, P. A. (2017). Personality, fear of missing out and problematic internet use and their relationship to subjective well-being. Computers in Human Behavior, 76, 534–540.

Surya, D., & Aulina, D. (2020). Self-regulation as a predictor of Fear of Missing Out in emerging adulthood. INSPIRA: Indonesian Journal of Psychological Research, 1(1), 1–5.

Tandon, A., Dhir, A., Almugren, I., AlNemer, G. N., & Mäntymäki, M. (2021). Fear of missing out (FoMO) among social media users: a systematic literature review, synthesis and framework for future research. Internet Research, 31(3), 782–821. https://doi.org/10.1108/INTR-11-2019-0455

Urifan, M. F., & Pravesti, C. A. (2025). Hubungan Antara Self-Esteem dengan Fear of Missing Out (FoMO) Siswa SMA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1236–1246.

Downloads

Published

2025-07-18

How to Cite

Ramadhan, M. R., Rachman, A., & Jamain, R. R. (2025). Pengaruh Self Esteem, Self Regulation, dan Self Concept Terhadap Fomo pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP ULM. Journal of Education Research, 6(3), 696–709. https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2656

Issue

Section

Articles

Categories