Penerapan Gerakan Literasi terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Literasi Membaca di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.265Abstract
Gerakan literasi di sekolah dasar jarang dilakukan secara terstruktur dan berkesinambungan. Enam literasi dasar yang harus dikuasai siswa sekolah dasar timpang dan tidak selaras antara satu literasi dasar dengan literasi dasar lainnya. Perlu dilakukan pengukuran pengaruh gerakan literasi terhadap kemampuan literasi sains dan literasi membaca di sekolah dasar negeri 4 Meranti Bunting. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh Gerakan literasi terhadap kemampuan literasi sain dan literasi membaca di sekolah dasar. Kuasi eksperimen dilakukan pada penelitian ini. Sampel yang dipilih siswa kelas IV berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dengan lembar tes kemampuan Lisa dan Lica. Gerakan literasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains dan literasi membaca di sekolah dasar. Gerakan literasi ini harus terus dilakukan secara berkelanjutan agar literasi lainnya seperti literasi numerasi, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan bisa berkembang selaras beriringan. Kepala sekolah perlu terlibat secara maksimal dalam hal penyediaan prasarana dan sarana agar gerakan literasi ini bisa dilakukan secara maksimal. Peneliti berikutnya bisa mencoba mengukur pengaruh gerakan literasi terhadap kemampuan literasi dasar yang telah disebutkan sebelumnya.
Downloads
References
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 52–58.
Erniza, Witarsa, R., & Marta, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menerapkan Pembelajaran STEM di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(1), 1–9.
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69.
Isnawan, M., G. (2020). Kuasi Eksperimen (Sudirman (ed.); Pertama, Issue Januari). Nashir Al-Kutub Indonesia.
Kamardana, G., Lasmawan, I., W., & Suarni, N., K. (2021). Efektivitas Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar di Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, X(X), 115–125.
Maulidah, T., Sukiyanto, Yuliana, I., F., & Lailia, N., F., R. (2021). Gerakan Literasi dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 6-8 Tahun di Masa Pandemi Covid-19. Community Engagement & Emergence Journal, 3(1), 128–136.
Nugroho, F., A., S., M. (2019). Peningkatan Minat Baca dan Literasi Sains menggunakan “Bacem Tempe” di SMP Negeri 6 Temanggung. Proceeding of Biology Education, 3, 150–160. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.18
Purwadi, P., Hendrik, M., & Arafatun, S., K. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Tahap Pembiasaan: Perbedaan Implementasi antara SD Negeri 3 Pangkalpinang dengan SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Prosiding Seminar Nasional FIP, 280–296.
Purwanto, A., Rugaiyah, & Madhakomala. (2023). Studi Literatur: Efektivitas Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Sumber Daya Peserta Didik di Sekolah Dasar. Sosmaniora: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 122–129. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i1.1768
Ridlo, S. (2019). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa di MI Roudlotul Falah Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 31–39.
Salma, A., & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa-Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127.
Saniati, & Witarsa, R. (2023). Analisis Pembelajaran Planet pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 283–289.
Sarah, T., & Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi terhadap Keterampilan Menirukan Gerak Hewan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 226–233.
Vitaloka, Sulaiman, R., & Munir, M. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap Kebiasaan Membaca Siswa di SD Negeri 1 Koba Kabupaten Bangka Tengah Tahun Ajaran 2019/2020. LENTERNAL: Learning and Teaching Juornal, 1(2), 90–98. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i2.1286
Wahyuni, R., & Witarsa, R. (2023). Penerapan Metode Inkuiri untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 203–209.
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238.
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Rika Juliana, Ramdhan Witarsa, Masrul Masrul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).