Model Pembelajaran Eksperimen Make Student Inovation dalam Materi Reproduksi Hewan dan Tumbuhan

Authors

  • Titik Sulistyaningsih Madrasah Tsanawiyah Negeri 16 Jombang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.264

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menerima informasi dan saling bertukar kelimuan. Di dalam pendidikan guru sering menemukan permasalahan yang perlu diselesaikan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Pada penelitian ini permasalahan yang dihadapi guru adalah rendahnya minat belajar peserta didik, sehingga berpengaruh dengan hasil belajarnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan membuktikan bahwa model pembelajaran Eksperimen Make Student Innovation melalui Cooperative Learning mampu meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi reproduksi hewan dan tumbuhan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non-tes. Indikator keberhasilan dilihat dari nilai peserta didik yang melampaui KKM yaitu tujuh puluh lima. Hasil yang diperoleh adalah meningkatnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Juntika Nurihsan, 2011. Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Berbagai Latar Belakang Kehidupan. Bandung: Rafika Aditama.

Aditya, Ardhi. 2020. Menjadi Guru Penggerak bagi Siswa (Kumpulan Artikel Pendidikan HighLight di Kompasiana). Jawa Barat: CV Jejak, Anggota IKAPI.

Amirul Hadi dan Haryono. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Assriyanto, Kiki Efi, J.S. Sukardjo, Sulistyo Saputro. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kreativitas Siswa Pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 3, No. 3, Tahun 2014.

Chiu, Shui Kau. 2019. 2019. “Innovative Experiential Learning Experience: Pedagogical Adopting Kolb’s Learning Cycle at Higher Education in Hong Kong”. Cogent Education. https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1644720

Darmawan, Jon, dkk. 2013. “Pembelajaran Eksperimen Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher.

Fitrah, Muh & Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak, Anggota IKAPI.

Gasong, Dina. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Hasnunidah, Neni. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Hutagulung, Uli Anto, dkk. 2019. “Penerapan Strategi Pembelajaran Eksperimen Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Kelas X SMA Negeri 1”. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol. 6, No. 2, Tahun 2019, Hal: 214-220.Batangtoru.

Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT Indeks.

Mulyadi H.2008. Permasalahan Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: LPMP Jawa Tengah.

P. Indra, I Made & Ika Cahyaningrum. 2019. Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Praptiwi, L., Sarwi, dan L. Handayani. 2012. “Efektifitas Model Pembelajaran Eksperimen Inkuiri Terbimbing Berbantuan My Own Dictionary Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Unjuk Kerja Siswa SMP RSBI”. Unnes Science Education Journal.

Prayitno & Erman Amti. 1999. Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Saring Marsudi, 2013. Layanan Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah. Surakarta: Penerbit Bina Aksara.

Sinar. 2018. Metode Acitve Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Sri Rumini dan Siti Sundari H. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sujana, Atep. 2014. Dasar-Dasar IPA Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.

Sukidin, Basrowi. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Insan Cendekia.

Wedyawati, Nelly dan Yasinta Lisa. 2019. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Sulistyaningsih, T. (2023). Model Pembelajaran Eksperimen Make Student Inovation dalam Materi Reproduksi Hewan dan Tumbuhan. Journal of Education Research, 4(2), 644–653. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.264

Issue

Section

Articles