Model Pembelajaran Eksperimen Make Student Inovation dalam Materi Reproduksi Hewan dan Tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.264Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menerima informasi dan saling bertukar kelimuan. Di dalam pendidikan guru sering menemukan permasalahan yang perlu diselesaikan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Pada penelitian ini permasalahan yang dihadapi guru adalah rendahnya minat belajar peserta didik, sehingga berpengaruh dengan hasil belajarnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan membuktikan bahwa model pembelajaran Eksperimen Make Student Innovation melalui Cooperative Learning mampu meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi reproduksi hewan dan tumbuhan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non-tes. Indikator keberhasilan dilihat dari nilai peserta didik yang melampaui KKM yaitu tujuh puluh lima. Hasil yang diperoleh adalah meningkatnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Downloads
References
Achmad Juntika Nurihsan, 2011. Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Berbagai Latar Belakang Kehidupan. Bandung: Rafika Aditama.
Aditya, Ardhi. 2020. Menjadi Guru Penggerak bagi Siswa (Kumpulan Artikel Pendidikan HighLight di Kompasiana). Jawa Barat: CV Jejak, Anggota IKAPI.
Amirul Hadi dan Haryono. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Assriyanto, Kiki Efi, J.S. Sukardjo, Sulistyo Saputro. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kreativitas Siswa Pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 3, No. 3, Tahun 2014.
Chiu, Shui Kau. 2019. 2019. “Innovative Experiential Learning Experience: Pedagogical Adopting Kolb’s Learning Cycle at Higher Education in Hong Kong”. Cogent Education. https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1644720
Darmawan, Jon, dkk. 2013. “Pembelajaran Eksperimen Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher.
Fitrah, Muh & Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak, Anggota IKAPI.
Gasong, Dina. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Hasnunidah, Neni. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Hutagulung, Uli Anto, dkk. 2019. “Penerapan Strategi Pembelajaran Eksperimen Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Kelas X SMA Negeri 1”. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol. 6, No. 2, Tahun 2019, Hal: 214-220.Batangtoru.
Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT Indeks.
Mulyadi H.2008. Permasalahan Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: LPMP Jawa Tengah.
P. Indra, I Made & Ika Cahyaningrum. 2019. Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Praptiwi, L., Sarwi, dan L. Handayani. 2012. “Efektifitas Model Pembelajaran Eksperimen Inkuiri Terbimbing Berbantuan My Own Dictionary Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Unjuk Kerja Siswa SMP RSBI”. Unnes Science Education Journal.
Prayitno & Erman Amti. 1999. Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Saring Marsudi, 2013. Layanan Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah. Surakarta: Penerbit Bina Aksara.
Sinar. 2018. Metode Acitve Learning. Yogyakarta: Deepublish.
Sri Rumini dan Siti Sundari H. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sujana, Atep. 2014. Dasar-Dasar IPA Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.
Sukidin, Basrowi. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Insan Cendekia.
Wedyawati, Nelly dan Yasinta Lisa. 2019. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tutik Sulistyaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).