Penerapan Program Kepala Sekolah terhadap Kemampuan Guru dalam Menggunakan Informasi Teknologi dan Literasi Digital di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.263Abstract
Kemampuan guru dalam menggunakan informasi teknologi dan literasi digital di sekolah dasar masih rendah. Perlu dilakukan suatu program yang dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam hal informasi teknologi dan literasi digital. Penelitian ini bertujuan mengukur penerapan program Kepala sekolah terhadap kemampuan guru dalam menggunakan informasi teknologi dan literasi digital di sekolah dasar yang dipimpinnya. Kuasi eksperimen dilakukan pada penelitian ini. 12 orang guru menjadi sampel dan lembar penilaian guru dalam menggunakan IT dan LD sebagai instrument penelitian. Program kepala sekolah yang telah diterapkan signifikan terhadap kemampuan guru dalam menggunakan informasi teknologi dan literasi digital di sekolah dasar negeri 7 Selatpanjang Selatan. Program ini dapat menjaga kompetensi profesional guru sebagai pendidik yang handal. Aplikasi informasi teknologi dan literasi digital yang harus dikuasai diantaranya adalah kemampuan menggunakan laptop, infocus, terampil menggunakan internet, aplikasi Mendeley untuk menulis artikel, dan publikasi ilmiah. Kuasi eksperimen selanjutnya bisa dilakukan peneliti berikutnya tentang pengaruh informasi teknologi dan literasi digital terhadap kompetensi pedagogik guru secara digital.
Downloads
References
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16
Astini, N., K., S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Guru Sekolah Dasar untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Seminar Nasional Dharma Acarya Ke-1 “Tantangan Dan Peluang Dunia Pendidikan Di Era 4.0,” 7(2019), 113–120.
Fahlevi, R., Witarsa, R., & Masrul. (2023). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 7 Insit. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 153–160.
Herlina, Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 276–282. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.7
Herlinda, Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Journal of Education Research, 1(2), 125–133. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.11
Isnawan, M., G. (2020). Kuasi Eksperimen (Sudirman (ed.); Pertama, Issue Januari). Nashir Al-Kutub Indonesia.
Johanes, V., E., Suroyo, & Budiastra, A., A., K. (2022). Analisis Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Literasi Digital dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2793–2801. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2471
Jusnani, H., Isjoni, & Natuna, D., A. (2021). Pengaruh Literasi Digital dan Optimisme terhadap Kepemimpinan Visioner Kepala SMP Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 9(2), 206–215. https://doi.org/10.31258/jmp.9.2.p.206-215
Karyawati, T., Witarsa, R., & Daulay, M., I. (2023). Pengaruh Kepala Sekolah terhadap Budaya Siswa Suku Akit di Sekolah Dasar Negeri. Journal of Education Research, 4(1), 134–141.
Lismawati, B., R., K., & Trihantoyo, S. (2022). Peningkatan Literasi Digital dalam Mewujudkan Profesionalisme Kinerja Guru pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(01), 80–94.
Nurilahi, A., Hidayati, D., Hidayat, A., & Usmar, R., J. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Instruksional dalam Peningkatan Literasi Digital Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 441–448.
Rifad, M., Alhabsyi, F., & Nadirah, S. (2023). Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Tenaga Pendidik di SD Alkhairaat 1 Palu. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan (JIMPE), 2(1), 49–58.
Rochmah, S., N., W., Hidayati, D., & Mubarok, A., R. (2023). Strategi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Digital Guru. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 5(1), 1–16. https://doi.org/10.51454/jimsh.v5i1.885
Rugaiyah, Rahmawati, D., Kustandi, C., Novianti, R., & Nabila, S. (2022). Pelatihan Kecakapan Digital Guru untuk Membangun Kreatifitas dalam Pembelajaran pada Guru SD di Kecamatan Pulo Gadung dan Duren Sawit Kota Jakarta Timur. Jurnal Perduli, 3(2), 67–74. https://doi.org/10.21009/perduli.v3i02.30319
Saparudin, Y. (2021). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Membuat Penilaian Sikap Berbasis Literasi Digital. Jurnal Ilmiah Edukasia (JIE), 1(1), 80–91.
Sasmito, N., B., & Prawito. (2023). Faktor Hubungan Kesiapsiagaan Keluarga dalam Menghadapi Dampak Bencana. Journal of Education Research, 4(1), 81–91.
Setiadi, U., N. (2021). Implementasi Media Candil berbasis Literasi Digital sebagai Upaya Optimalisasi dalam Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 140–149. https://doi.org/10.23969/wistara.v4i2.4413
Suhendra, D., J., Noor, M., & Am, S. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Digital pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan, 2(1), 24–38. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/poace.v2i1.1388
Syafrizal, Witarsa, R., & Nurmalina. (2023). Pengaruh Supervisi Koordinator Wilayah Kecamatan terhadap Mutu Kepala Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 210–217.
Tuna, Y. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” 11(November), 388–397.
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Witarsa, R., Nurmalina, & Mufarizuddin. (2021). Penyuluhan Literasi Digital Desa Ridan Permai. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1104–1111. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2962
Yuliana, E., Nirmala, S., D., & Ardiasih, L., S. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Erwani Erwani, Ramdhan Witarsa, Masrul Masrul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).