Peran Guru dalam Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita

Authors

  • Miftahul Hasanah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya  Indonesia
  • Sri Sumarni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2629

Keywords:

Peran guru, kemampuan berbicara, anak usia dini, metode cerita

Abstract

Kemampuan berbicara merupakan aspek penting yang perlu distimulasi sejak usia dini sebagai dasar komunikasi sosial. Anak usia 5–6 tahun berada pada masa emas perkembangan bahasa sehingga peran guru menjadi krusial dalam memberikan stimulasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita di TK Negeri Pembina Ogan Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan triangulasi sumber dan teknik untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memegang peran integratif dalam pembelajaran, yaitu menciptakan suasana belajar kondusif, membimbing anak mengemukakan pendapat, memfasilitasi pembelajaran dengan media variatif seperti buku cerita, boneka tangan, dan film animasi, serta memotivasi anak melalui pujian dan apresiasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Peran tersebut terbukti efektif dalam memperluas kosakata, meningkatkan kelancaran berbicara, dan melatih keberanian anak berkomunikasi. Simpulan penelitian menegaskan bahwa keberhasilan metode bercerita sangat dipengaruhi kreativitas dan konsistensi guru dalam menjalankan peran sebagai pengajar, pembimbing, fasilitator, dan motivator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, M., Ramdhani, S., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Peran Guru dalam Menciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan. 2298–2305.

Anitasari, R. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Skripsi, 8(1), 474–481.

Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sdn 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p25-33

Hayati, S. N., & Na’imah, N. (2022). Analisis Kompetensi Berbicara Anak Usia Dini pada Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3203–3217. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2107

Immanuella, V., Tantu, Y. R. P., & Ani, Y. (2023). Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Mengakomodasi Keaktifan Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 1784–1789. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.4224

Jurnal, A., Aura, P., Rusmaeni, J., Hasanah, N., & Hayati, D. J. (2024). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Buku Cerita Bergambar Pada Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun Di RA As-Shibyan Jurit. 5(2), 97–105. https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1747

Nirwana, B. W., & Wawan, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Di Tk Islam Darul Ulum Tanjung Heran Kecamatan ….

Nisa, R., Ardiansyah, M. Y., Siagiaan, I., & Fattah, A. (2024). Peran Perencanaan Dalam Mewujudkan Pengajaran Yang Berkualitas.

Panjaitan, H., & Hafizzah, F. (2025). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDIT Mutiara Ilmu Kuala The Role of Teachers as Facilitators in Improving the Quality of Learning at SDIT Mutiara Ilmu Kuala. 5(1), 328–343.

Rahma, K., & Mittria, J. (2025). Pemberian Reward Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas III Di MIN 1 Tanjung Agung Kota Bengkulu Giving Rewards to Increase the Learning Spirit of Class III Students at MIN 1 Tanjung Agung Bengkulu City. 4(1), 1–8.

Downloads

Published

2025-09-17

How to Cite

Hasanah, M., & Sumarni, S. (2025). Peran Guru dalam Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Journal of Education Research, 6(4), 935–942. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2629

Issue

Section

Articles

Categories