Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar pada Siswa Kelas I
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.261Abstract
Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata- kata atau bahasa tulis. Siswa MI masih mengalami kesulitan untuk menyebutkan huru-huruf dalam kalimat, menyebutkan suku kata dalam kalimat, dan membaca kalimat dengan lafal yang benar. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, maka peneliti menggunakan media buku cerita bergambardalam pembelajaran membaca. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk mengetahui gambaran tentang meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media buku cerita bergambar pada siswa kelas I MI Miftahul Ulum Jombok Kesamben Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi pra siklus, siklus I dan siklus II. Penelitian ini terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan beberapa instrumen yaitu observasi, interview, dokumentasi, tes lisan dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian kemampuan membaca siswa pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II terlihat adanya peningkatan nilai. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata membaca sebesar 64,29. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 68,12 dan siklus II sebesar 79,16. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar mampu meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas I MI Miftahul Ulum Jombok Kesamben Jombang.
Downloads
References
Asnawir dan Basyirudin Usman. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Press.
Aqib, Zainal, 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual(Inovatif. Bandung: CV Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Anjayudin, Pengaruh Penggunaan Media Gambar Kartun Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII SMP AL-Amanah Setu Tanggerang Selatan, UIN Syarif Hidayatullah, skripsi,2014
Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia
http://gurubelajarmenulis.blogspot.co.id/2012/09/melalui-penggunaan-media-buku-cerita.html?m=1
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Laporan penilaian perkembangan anak didik Roudlatul Athfal
Latifa Arina Rizqi dari Universitas Negeri Yogyakarta tentang “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Kejuruan Kelas X Program Keahlian Tehnik Gambar Bangunan SMKN 2 DEPOK.skripi 2014
Munawaroh. 2013. Panduan Memahami: Metodologi Penelitian. Malang: Intimedia.
Nugiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Purwandari, Novita. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Media Kartu Suku Kata pada Siswa Kelas I SDN Kedungbogoh Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Jombang: Skripsi STKIP PGRI.
Sadiman, Arief. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suyanto, Slamet. 2005. Dasar- dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Syaodih Sukamadiata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Mindaudah Mindaudah, Atik Yulia Panca Ningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).