Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar pada Siswa Kelas I

Authors

  • Mindaudah Mindaudah Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Atik Yulia Panca Ningrum Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.261

Abstract

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata- kata atau bahasa tulis. Siswa MI masih mengalami kesulitan untuk menyebutkan huru-huruf dalam kalimat, menyebutkan suku kata dalam kalimat, dan membaca kalimat dengan lafal yang benar. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, maka peneliti menggunakan media buku cerita bergambardalam pembelajaran membaca. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk mengetahui gambaran tentang meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media buku cerita bergambar pada siswa kelas I MI Miftahul Ulum Jombok Kesamben Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi pra siklus, siklus I dan siklus II. Penelitian ini terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan beberapa instrumen yaitu observasi, interview, dokumentasi, tes lisan dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian kemampuan membaca siswa pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II terlihat adanya peningkatan nilai. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata membaca sebesar 64,29. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 68,12 dan siklus II sebesar 79,16. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar mampu meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas I MI Miftahul Ulum Jombok Kesamben Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawir dan Basyirudin Usman. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Press.

Aqib, Zainal, 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual(Inovatif. Bandung: CV Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Anjayudin, Pengaruh Penggunaan Media Gambar Kartun Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII SMP AL-Amanah Setu Tanggerang Selatan, UIN Syarif Hidayatullah, skripsi,2014

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

http://gurubelajarmenulis.blogspot.co.id/2012/09/melalui-penggunaan-media-buku-cerita.html?m=1

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Laporan penilaian perkembangan anak didik Roudlatul Athfal

Latifa Arina Rizqi dari Universitas Negeri Yogyakarta tentang “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Kejuruan Kelas X Program Keahlian Tehnik Gambar Bangunan SMKN 2 DEPOK.skripi 2014

Munawaroh. 2013. Panduan Memahami: Metodologi Penelitian. Malang: Intimedia.

Nugiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Purwandari, Novita. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Media Kartu Suku Kata pada Siswa Kelas I SDN Kedungbogoh Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Jombang: Skripsi STKIP PGRI.

Sadiman, Arief. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar- dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Syaodih Sukamadiata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Mindaudah, M., & Ningrum, A. Y. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar pada Siswa Kelas I. Journal of Education Research, 4(2), 873–878. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.261

Issue

Section

Articles

Citation Check