Peningkatan Pemahaman Materi IPS dengan Menggunakan Metode Kontekstual Model Learning Together
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.257Abstract
Otonomi pendidikan pada hakikatnya merupakan memberikan peluang dan optimalisasi prinsip manajemen berbasis sekolah atau School Based Management oleh masyakarat, penyelenggaraan lembaga pendidikan atau sekolah, serta pemerintah daerah. Permasalahan yang muncul dan berkembang dalam penelitian ini antara lain: peningkatan pemahaman materi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada Mata Pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan meingkatkan pemahaman IPS metode pembelajaran kontekstual model learning together dan pengaruh penerapan metode pembelajaran kontekstual model learning together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan partisipasi aktif. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan pemahaman materi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada Mata Pelajaran IPS menggunakan metode pembelajaran kontekstual model learning together.
Downloads
References
Dinas Pendidikan. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
________. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan .
________. 2007. Pedoman Bantuan Langsung (Block Grant) Pelaksanaan Penelitian Tindakan Bagi Pengawas Sekolah SMA/SMK. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Arahap, Rinto dan Makhromi. 2020. “Analisis Efektivitas Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Learning Together Pada Pembelajaran PAI di SMP Al Mahrusiyah Ngampel Kediri”. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Vol. 10, No. 3, Desember 2020.
Arikunto. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, dkk. 2020. “Penguatan Motivasi Belajar Shalat dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 6, No. 2, Juli-Desember 2020.
Bellamy, L., Barry, W., & Foster, S. 1999. “A Learning Centered Approach to Engineering Education for the 21st Century: The Workshop”. College of Engineering and Applied Sciences. Arizona State University.
Bonwell, C.C. 1995. Active Learning: Creating Excitement In The Classroom. Center for Teaching and Learning, St. Louis College of Pharmacy
Budianto, Wiryawan. 1999. Pengembangan IQ dan EQ: Model Pendekatan Pembelajaran. Jakarta : Beringin Press.
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher.
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning, CTL). Jakarta: Depdiknas.
Kemnis, S. 1988. Rancangan Penelitian Tindakan (Terjemahan). Bandung: Asy Syifa.
Latief, Hilman, dkk. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII di SMPN 4 Padalarang)”. Jurnal Gea, Vol. 14, No. 2, Oktober 2014.
Murtiningsih, Ika dan Kokom Komalasari. 2017. “implementasi model learning together untuk meningkatkan kecakapan kewarganegaraan siswa sekolah menengah pertama”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (JIPPK), Vol. 2, No. 2, Hal. 98-107.
Pramitasari, Amelia, dkk. (2011). “Hubungan Antara Perseosi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual Dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Riau”. Jurnal Psikologi Undip Vol. 9, No. 1, April 2011.
Prianto, Ahmad Joko. 1995. Media Pembelajaran, Suatu Model Penunjang Prestasi Siswa. Dibacakan dalam Seminar Sehari Peran Media Belajar: Optimalisasi dan Kreatifitas Guru tanggal 02 Agustus 1995 di Malang.
Sartini, margareta. (2020). Pembelajaran Kontekstual Meningkatkan Prestasi Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs. Al-Amin. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 2(1), 344-351. Retrieved from https://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/136Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sinar. 2018. Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.
Sukoco, Padmo. 2002. Penelitian Kualitatif: Metodologi, Optimalisasi, dan Evaluasi. Jakarta: Gunung Agung.
Surakhmad, Iwanurrif. 1990. Mengembangkan Pendidikan di Lingkungan Keluarga. Yogyakarta : Yayasan Obor.
Suriah, N. 2003. Penelitian Tindakan. Malang: Bayu Media Publishing.
Suryaman, Maman. 1990. Kerangka Acuan Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Bandung : Angkasa.
Sutanto, Elyana. 2002. Membangun Kepribadian Anak. Jakarta : Gunung Agung.
Suyadi, HM. 2012. “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Kooperatif Model Learning Together Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012”. Media Penelitian Pendidikan, Vol. 6, No. 2, Desember 2012.
Wibawa, B. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan.
Widyaningsih, Ari Endah. 2022. Inquiry Learning: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa MTs Negeri 4 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah. https://doi.org/10.14421/jpm.2022.71.08
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Umi Zakiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).