Peningkatan Pemahaman Materi IPS dengan Menggunakan Metode Kontekstual Model Learning Together

Authors

  • Umi Zakiah MTsN 16 Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.257

Abstract

Otonomi pendidikan pada hakikatnya merupakan memberikan peluang dan optimalisasi prinsip manajemen berbasis sekolah atau School Based Management oleh masyakarat, penyelenggaraan lembaga pendidikan atau sekolah, serta pemerintah daerah. Permasalahan yang muncul dan berkembang dalam penelitian ini antara lain: peningkatan pemahaman materi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada Mata Pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan meingkatkan pemahaman IPS metode pembelajaran kontekstual model learning together dan pengaruh penerapan metode pembelajaran kontekstual model  learning together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan partisipasi aktif.  Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan pemahaman materi  usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada Mata Pelajaran IPS menggunakan metode pembelajaran kontekstual model learning together.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Pendidikan. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

________. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan .

________. 2007. Pedoman Bantuan Langsung (Block Grant) Pelaksanaan Penelitian Tindakan Bagi Pengawas Sekolah SMA/SMK. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Arahap, Rinto dan Makhromi. 2020. “Analisis Efektivitas Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Learning Together Pada Pembelajaran PAI di SMP Al Mahrusiyah Ngampel Kediri”. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Vol. 10, No. 3, Desember 2020.

Arikunto. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, dkk. 2020. “Penguatan Motivasi Belajar Shalat dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 6, No. 2, Juli-Desember 2020.

Bellamy, L., Barry, W., & Foster, S. 1999. “A Learning Centered Approach to Engineering Education for the 21st Century: The Workshop”. College of Engineering and Applied Sciences. Arizona State University.

Bonwell, C.C. 1995. Active Learning: Creating Excitement In The Classroom. Center for Teaching and Learning, St. Louis College of Pharmacy

Budianto, Wiryawan. 1999. Pengembangan IQ dan EQ: Model Pendekatan Pembelajaran. Jakarta : Beringin Press.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher.

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning, CTL). Jakarta: Depdiknas.

Kemnis, S. 1988. Rancangan Penelitian Tindakan (Terjemahan). Bandung: Asy Syifa.

Latief, Hilman, dkk. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII di SMPN 4 Padalarang)”. Jurnal Gea, Vol. 14, No. 2, Oktober 2014.

Murtiningsih, Ika dan Kokom Komalasari. 2017. “implementasi model learning together untuk meningkatkan kecakapan kewarganegaraan siswa sekolah menengah pertama”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (JIPPK), Vol. 2, No. 2, Hal. 98-107.

Pramitasari, Amelia, dkk. (2011). “Hubungan Antara Perseosi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual Dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Riau”. Jurnal Psikologi Undip Vol. 9, No. 1, April 2011.

Prianto, Ahmad Joko. 1995. Media Pembelajaran, Suatu Model Penunjang Prestasi Siswa. Dibacakan dalam Seminar Sehari Peran Media Belajar: Optimalisasi dan Kreatifitas Guru tanggal 02 Agustus 1995 di Malang.

Sartini, margareta. (2020). Pembelajaran Kontekstual Meningkatkan Prestasi Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs. Al-Amin. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 2(1), 344-351. Retrieved from https://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/136Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sinar. 2018. Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Sukoco, Padmo. 2002. Penelitian Kualitatif: Metodologi, Optimalisasi, dan Evaluasi. Jakarta: Gunung Agung.

Surakhmad, Iwanurrif. 1990. Mengembangkan Pendidikan di Lingkungan Keluarga. Yogyakarta : Yayasan Obor.

Suriah, N. 2003. Penelitian Tindakan. Malang: Bayu Media Publishing.

Suryaman, Maman. 1990. Kerangka Acuan Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Bandung : Angkasa.

Sutanto, Elyana. 2002. Membangun Kepribadian Anak. Jakarta : Gunung Agung.

Suyadi, HM. 2012. “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Kooperatif Model Learning Together Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012”. Media Penelitian Pendidikan, Vol. 6, No. 2, Desember 2012.

Wibawa, B. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan.

Widyaningsih, Ari Endah. 2022. Inquiry Learning: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa MTs Negeri 4 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah. https://doi.org/10.14421/jpm.2022.71.08

Downloads

Published

2023-06-16

How to Cite

Zakiah, U. (2023). Peningkatan Pemahaman Materi IPS dengan Menggunakan Metode Kontekstual Model Learning Together . Journal of Education Research, 4(2). https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.257

Issue

Section

Articles

Citation Check