Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan di Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Desy Sri Setyo Wati Pasca sarjana UIN Sayyid Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Prim Masrokan Mutohar Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Ramatullah Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
  • As’aril Muhajir Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Ramatullah Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.253

Abstract

Pelayanan dan kepuasan pelanggan akan mempengaruhi jumlah pelanggan. Oleh karena itu, lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan islam perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan agar menunjukkan citra yang baik dan mampu bersaing dengan lembaga pendidikan islam lainnya. Artikel ini menguraikan tentang pelayanan dan kepuasan pelanggan didalam lembaga pendidikan islam. Fokus pada artikel ini tentang pengertian pelayanan  dan  kepuasan  pelanggan  di lembaga  pendidikan  islam  serta faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasaan pelanggan. Tujuan artikel ini adalah   memaparkan   pelayanan   dan   kepuasan   pelanggan di lembaga pendidikan islam. Artikel ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dilakukan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur berupa buku, artikel, dan jurnal yang relevan. Hasil dari penelitian ini berupa simpulan berbagai sumber literatur mengenai pelayanan dan kepuasan di lembaga pendidikan islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arafah, Novira, dkk. 2020. “Kualitas Pelayanan Pendidikan Islam dalam Mencapai Kepuasan Pelanggan/Peserta Didik di MTs Pacet Mojokerto.” Inovatif, Vol. 6, No. 2, September 2020.

Ekowati, Titin. 2006. “Pengelolaan Service Quality: Dampaknya Terhada Customer Satisfaction.” Fokus Ekonomi, Vol. 5, No. 3, Desember 2006.

Fandy, Tjiptono. 2004. Prinsip-prinsip Total Quality Service, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Gaspers, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hadiwijaya, Hendra. 2011. “Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Jasa Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan El Rahma Palembang.” Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntasni, Vol. 1, No. 3, September 2011.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Mubarak, Faisal. 2015. ” Faktor dan Indikator Mutu Pendidikan Islam.” Jurnal Management of Education, Vol. 1, Issue 1.

Mukhtar S. M. 2017. “Pemasaran dan Upaya dalam Memperngaruhi Harapan Stakeholder dalam Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Tarbawi, Vol. 14, No. 2, Juli-Desember 2017.

Musanto,T. 2004. “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 2.

Musanto. 2004. “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV Sarana Media Advertising Surabaya.” Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 6 No. 2, September 2004: 123-136.

Qomar, Mujmil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: PT Erlangga.

Rahmawati, Diana. 2013. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa”. Jurnal Economia, Vol. 9, No. 1, April 2013.

Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction : Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan & Analisis Kasus PLN – JP. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik, Bandung: Refika Aditama.

Sari, Tika N. & M. N. Prasetyo. 2020. “Dapatkah Kepemimpinan Kepala Sekola, Motivasi Guru dan Kualitas Pelayanan Pendidikan Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa.” Jurnal Edutech, Vol. 6, No. 1, Maret 2020.

Sarifudin & Rehendra Maya. 2019. “Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) Darul Fallah Bogor.” Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2, Juli 2019.

Setiawan, Bahas Agus. 2018. “Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Pendidikan di SD Integral Lukman Al Hakim Jember.” Jurnal Tarim, Vol. 1, No. 2, September 2018.

Suhaji, Indra Aditia. 2012. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada UD Pandana Wangi Semarang.” Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, Vol 1, No. 1.

Sutisao, Oteng. 1985. Administrasi Pendidikan, Bandung : Angkasa.

Tanjung, Rahman, dkk. 2019. “Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang).” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), Vol. 3, No. 1, Januari-April 2019.

Terry G. Vavra, 2002. “Customer Satisfaction Measurement Simplified: a Step-by-step- guide for ISO 9001:2000 Certification." Milwaukee: ASQ Quality Press.

Terry, George R. 1986. Azas-azas Management. Bandung: Alumni.

Tjiptono, Fandy. 2004. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Vincent Gasperz, 1997. Manajemen Kualitas, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wahyu. 2019. ”Tinjauan Total Quality Management (TMQ) pada Lembaga Pendidikan Islam.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 5, Tahun 2019.

Yaqien, Nurul. 2017. “Urgensi Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Managemen Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1, Januari-Juni 2017.

Zazin, Nur. 2013. Gerakan Menata Mutu Pendidikan: Teori dan Aplikasi, Ar- Ruzz Media: Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-10-07

How to Cite

Wati, D. S. S., Mutohar, P. M., & Muhajir, A. (2023). Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan di Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Education Research, 4(4), 1617–1624. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.253

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)