Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan di Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.253Abstract
Pelayanan dan kepuasan pelanggan akan mempengaruhi jumlah pelanggan. Oleh karena itu, lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan islam perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan agar menunjukkan citra yang baik dan mampu bersaing dengan lembaga pendidikan islam lainnya. Artikel ini menguraikan tentang pelayanan dan kepuasan pelanggan didalam lembaga pendidikan islam. Fokus pada artikel ini tentang pengertian pelayanan dan kepuasan pelanggan di lembaga pendidikan islam serta faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasaan pelanggan. Tujuan artikel ini adalah memaparkan pelayanan dan kepuasan pelanggan di lembaga pendidikan islam. Artikel ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dilakukan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur berupa buku, artikel, dan jurnal yang relevan. Hasil dari penelitian ini berupa simpulan berbagai sumber literatur mengenai pelayanan dan kepuasan di lembaga pendidikan islam.
Downloads
References
Arafah, Novira, dkk. 2020. “Kualitas Pelayanan Pendidikan Islam dalam Mencapai Kepuasan Pelanggan/Peserta Didik di MTs Pacet Mojokerto.” Inovatif, Vol. 6, No. 2, September 2020.
Ekowati, Titin. 2006. “Pengelolaan Service Quality: Dampaknya Terhada Customer Satisfaction.” Fokus Ekonomi, Vol. 5, No. 3, Desember 2006.
Fandy, Tjiptono. 2004. Prinsip-prinsip Total Quality Service, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Gaspers, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hadiwijaya, Hendra. 2011. “Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Jasa Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan El Rahma Palembang.” Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntasni, Vol. 1, No. 3, September 2011.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
Mubarak, Faisal. 2015. ” Faktor dan Indikator Mutu Pendidikan Islam.” Jurnal Management of Education, Vol. 1, Issue 1.
Mukhtar S. M. 2017. “Pemasaran dan Upaya dalam Memperngaruhi Harapan Stakeholder dalam Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Tarbawi, Vol. 14, No. 2, Juli-Desember 2017.
Musanto,T. 2004. “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 2.
Musanto. 2004. “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV Sarana Media Advertising Surabaya.” Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 6 No. 2, September 2004: 123-136.
Qomar, Mujmil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: PT Erlangga.
Rahmawati, Diana. 2013. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa”. Jurnal Economia, Vol. 9, No. 1, April 2013.
Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction : Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan & Analisis Kasus PLN – JP. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik, Bandung: Refika Aditama.
Sari, Tika N. & M. N. Prasetyo. 2020. “Dapatkah Kepemimpinan Kepala Sekola, Motivasi Guru dan Kualitas Pelayanan Pendidikan Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa.” Jurnal Edutech, Vol. 6, No. 1, Maret 2020.
Sarifudin & Rehendra Maya. 2019. “Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) Darul Fallah Bogor.” Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2, Juli 2019.
Setiawan, Bahas Agus. 2018. “Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Pendidikan di SD Integral Lukman Al Hakim Jember.” Jurnal Tarim, Vol. 1, No. 2, September 2018.
Suhaji, Indra Aditia. 2012. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada UD Pandana Wangi Semarang.” Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, Vol 1, No. 1.
Sutisao, Oteng. 1985. Administrasi Pendidikan, Bandung : Angkasa.
Tanjung, Rahman, dkk. 2019. “Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang).” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), Vol. 3, No. 1, Januari-April 2019.
Terry G. Vavra, 2002. “Customer Satisfaction Measurement Simplified: a Step-by-step- guide for ISO 9001:2000 Certification." Milwaukee: ASQ Quality Press.
Terry, George R. 1986. Azas-azas Management. Bandung: Alumni.
Tjiptono, Fandy. 2004. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Penerbit Andi: Yogyakarta.
Vincent Gasperz, 1997. Manajemen Kualitas, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wahyu. 2019. ”Tinjauan Total Quality Management (TMQ) pada Lembaga Pendidikan Islam.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 5, Tahun 2019.
Yaqien, Nurul. 2017. “Urgensi Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Managemen Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1, Januari-Juni 2017.
Zazin, Nur. 2013. Gerakan Menata Mutu Pendidikan: Teori dan Aplikasi, Ar- Ruzz Media: Yogyakarta.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Desy Sri Setyo Wati, Prim Masrokan Mutohar, As’aril Muhajir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).