Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial Anak melalui Permainan M3 (Melihat, Memilih, Membuat) Dengan Media Berbahan Loose Parts
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.252Keywords:
Kemampuan Visual Spasial anak, Bermain, Media Loose PartsAbstract
Mengembangkan kemampuan kecerdasan visual spasial anak menjadi hal yang sangat penting, karena kecerdasan yang sering kali disorot adalah kecerdasan visual spasial, dimana hal ini berkaitan dengan kemampuan anak dalam memahami apa yang ada di depan mata dan mewujudkan ke dalam hasil karya nyata. aspek-aspek yang menjadi kekuatan dari kecerdasan visual spasial adalah warna, arah, ruang, garis, bentuk, dan objek tiga dimensi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan visual spasial pada anak di UPT TK Negeri Pembina Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik pada anak kelompok A dua usia empat sampai lima tahun melalui permainan M tiga atau Melihat, Memilih, Membuat dengan media berbahan loose parts. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode Kemmis dan Mc Taggart, yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah dua puluh lima anak yang terdiri dari tiga belas anak perempuan dan dua belas anak laki-laki. Metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yakni menunjukkan peningkatan dalam kemampuan visual spasial yang ditunjukkan dalam data hasil pengamatan yang mencapai BSH atau Berkembang Sesuai Harapan mengalami peningkatan, kemampuan visual spasial anak yang mencapai BSB atau Berkembang Sangat Baik mengalami
Downloads
References
Danang Dwi Prasetyo, Muhammad Zainal Abidin. Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel di TKIT Yaumi Faitmah Pati. SALIĤA | Jurnal Pendidikan & Agama Islam. Vol. 4 No. 2 Juli 2021
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013), h. 44&45.
Lidiya Karolina, Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Di TK Sepakat Kecamatan Talo, (Surabaya : Bengkulu, 2018), h. 20
Made Wahyu Utami, “Model Icm untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran IPA Kelas VB SDN Demakijo 1”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 8, 2016, h. 807.
Maman Sutarman, dan Asih, Manajemen Pendidikan Usia dini Filosofi, Konsep, Prinsip, dan Aplikasi, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2016), h. 14
Muhammad Thobroni & Arif Mustofa, Belajar dan Pembelajaran., h. 238
Muhammad Yaumi, Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelegensi), (Jakarta: Kencana 2013), h. 15
Nurrahman, A. (2019). Peran Serta Media Pembelajaran dalam Menfasilitasi Pembelajaran Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 7/No.2 101-105.
Riany Ariesta, Pengenalan Seni Rupa Untuk Anak Usia 2-6 Tahun, (Jakarta: PT Albama, 2012), h. 3
Risky Setiawan, Pengembangan Asesmen Berfikir Kreatif Gunru Paud, Desertasi, (Yogyakarta: Program Pascasarjanah UNY 2014)
Shinta Rahmawati, Mencetak Anak Cerdas dan Kreatif, (Jakarta: Buku Kompas, 2013), h. 17.
Sitra Aprisni, Skripsi Mengembangkan Kemampuan Visual Spasial Melalui Kegiatan Finger Painting Kelompok B Di TKIT Lukmanul Hakim Surabaya Bengkulu, (Surabaya : Bengkulu 2013), h. 3
Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017), Cet. 3, h. 174
Yuliani Nuraini Sujiono, dan Bambang Sujiono, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. (Jakarta: PT. Indeks, 2010), h. 58
Yuliati Siantajani, Loose Parts: Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD, (Semarang: Sarang Seratus Aksara, 2020), h. 9
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Melia Dwi Widayanti, Intan Annisa Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).