Pengaruh Budaya Sekolah dan Diklat terhadap Kinerja Guru

Muhammad Dahlan(1Mail), Yasir Arafat(2), Syaiful Eddy(3),
(1) Sekolah Dasar Negeri 1 Sungai Lilin, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Muhammad Dahlan, Yasir Arafat, Syaiful Eddy

DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.25

Download Full Text:   [File Size  : 179KB]  Language : id
Received : 2020-11-14  |  Published : 2020-11-15

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah dan Diklat terhadap kinerja guru sekolah dasar. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepda responden. Hasil angket dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda melalui uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan Sungai Lilin yang berjumlah 74 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian adalah 44 orang guru PNS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan budaya sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Sungai Lilin; 2) ada pengaruh yang signifikan diklat terhadap kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Sungai Lilin; 3) ada pengaruh yang signifikan budaya sekolah dan diklat secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Sungai Lilin.

Keywords


Budaya Sekolah; Diklat; Kinerja Guru

References


Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Buchori, A. (2015). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Graffindo Persada.

Fathurrohman, M. (2012). Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, Vo. 4, No. 1.

Halim. (2014). Etika Profesi Guru. Jakarta: Kata Pena.

Hamalik, O. (2012). Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Graffindo Persada.

Hamalik, O. (2014). Implementasi Guru dalam Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Graffindo Persada.

Hendarman dan Rohanim. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara. (2011). Jurnal: Kinerja Guru dan Upaya Meningkatkannya. Jakarta: www.emaskuwinggo-mangkunegara.html. (Diakses pada 20 November 2019).

Mulyasa. (2012). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Musfah. (2011). Pendidikan dan Pelatihan Bagi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Poerwadarminta. (2015). Motivasi Belajar. Jakarta: Erlangga.

Rachman. (2016). Guru Powerfull (Kunci Sukses Menjadi Guru Efektif). Bandung: Kolbu.

Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher’s Professionalism toward Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13-23. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/6

Rusyan. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sani, B. (2017). Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Sardiman. (2013). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soekarno, P. R. (2009). Kinerja Guru dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. http://cindoprameswari.com/2009/02/kinerja-guru-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhinya.html (20 November 2019).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata. (2016). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah, Konsep Prinsip dan Instrumen. Bandung: Refika Aditama.

Suratman, S., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). The Influence of Principal’s Leadership and Teacher’s Competence toward Teacher’s Performance in Indonesia. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 96-104. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/32

Tobari., Kristiawan, M., & Asvio, N. (2018). The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality in Asean Economic Community (AEC) Era. International Journal of Scientific & Technology Research 7 (4).

Uno, H. B. (2012). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, S. E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yamin, M. (2015). Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Penerbit Ombak.


Article Metrics

 Abstract Views : 91 times
 PDF Downloaded : 46 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.