Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.248Abstract
Kurikulum di Indonesia telah mengalami pengembangan. Dewasa ini telah muncul Kurikulum Merdeka sebagai perbaikan dan pengembangan kurikulum dua ribu tiga belas. Kebijakan ini tentu memunculkan konsep baru dalam dunia pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi. Merdeka belajar, kampus merdeka memfokuskan penilaian karakteristik untuk menanamkan nilai pancasila dan bineka tunggal ika yang merupakan ciri khas kebangsaan Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan konsep kebijakan kurikulum merdeka diperguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan data dari makalah, jurnal, buku-buku yang berkaitan dengan kebijakan kurikulum merdeka diperguruan tinggi. Fokus artikel ini adalah kebijakan kurikulum merdeka diperguruan tinggi, tujuan merdeka belajar diperguruan tinggi, program merdeka belajar diperguruan tinggi. Hasil penelitian ini adalah mengadaptasi kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka mencakup perencanaan, proses pembelajaran, penilaian, dan evaluasi pembelajaran. Kurikulum merdeka belajar lebih menekankan proses kegiatan pembelajaran diluar dan didalam kampus.
Downloads
References
Alhamuddin. 2019. Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Zaman Kemerdekaan Hingga Reformasi (1947-2013). Jakarta: Prenadamedia.
Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Baharuddin, M. R. 2021. “Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi)”. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 4, No.1, Januari-April 2021.
Daga, Agustinus Tanggu. 2020. “Kebijakan Pengembangak Kurikulum di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 Hingga Kebijakan Merdeka Belajar).” Jurnal edukasi Sumba, Vol. 4, No. 2. Hal. 103-110.
Dirjen Dikti Kemendikbud. 2020. Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.
Fatmawati, E. 2020. “Dukungan Perpustakaan Dalam Implementasi “Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar.” Jurnal Pustaka Ilmiah, Vol. 6, No. 2.
Hamalik, Omar. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hasim, Evi. 2020. “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid- 19”. Prosiding Webinar Magister Pendidikan dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. 14 Juli 2020.
Insani, Farah Dina. 2019. “Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat ini”. As-Salam: Vol. 8, No. 1, Tahun 2019.
Jojor, Anita & Hotmanulina Sihotang. 2020. “Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Mengatasi Learning Loss Di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan).” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 4, Tahun 2020, Hal. 5150-5161.
Leuwol, N. V., dkk. 2020. Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Mailin. 2021. “Kebijakan Kurikulum Merdea Belajar-Kampus Merdeka Di Perguruan Tinggi.” Jurnal analisa pemikiran insan cendekia, Vol. 4, No.1, Hal. 68-75, Tahun 2021.
Mariati. 2021. “Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi.” Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora 2021, ke-1.
Marisa, Mira. 2021. ” Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0.” Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, Vol. 5, No.1, April 2021.
Mudyaharjo, R. 2008. Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhsin, H. 2021. Kampus Merdeka Di Era New Normal. Dalam: A. Muslihat dkk. Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen. 143. Bintang Visitama Publisher.
Ningsih. 2023. “Penerapan kurikulum merdeka belajar di UPT SMP Negeri 9 Gresik.” Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, Vol. 29, No. 1, Hal. 144-151.
Nurhalim, Muhammad. 2011. “Analisis Perkembangan Kurikulum di Indonesia (Sebuah Tinjauan Desain dan Pendekatan)”. Insania, Vol. 16, No. 3, September - Desember 2011.
Pidarta, M. 2007. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sari, Evi Catur. 2022. “Kurikulum Di Indonesia: Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan.” Inculco Journal Of Christian Education, Vol. 2, No. 2, Juni 2022.
Saudi, ahmad, dkk. 2020. Buku panduan kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka. Universitas Bandarlampung.
Soleman, Nuraini. 2020. “Dinamika Perkembangan Kurikulum di Indonesia”. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman, Vol. 12, No. 1, Juni 2020.
Suryaman, Maman. 2020. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar”. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020.
Suryani, Novrita, dkk. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Ilmiah: Univeristas Batanghari Jambi 23, 1 (2023): 773-779.
Suwandi, S. 2020. “Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21”. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
Suwandi, Sarwiji. 2020. “Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif Terhadap Kebijakan Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abas Ke-21. Prosiding Seminar Daring Nasional Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Prodram Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2021.
Syifauzakia. 2023. “Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Perubahan Sosial di Satuan PAUD.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 7, Issue 2, Pages 2137-2147.
Tohir, M. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Wijayanto, A. 2021. Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. OSF Preprints.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Desy Sri Setyo Wati, Abd. Aziz, Agus Zaenul Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).