Pengaruh Strategi Everyone is a Teacher Here terhadap Hasil Belajar IPA SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.247Keywords:
Strategi Everyone is a Teacher Here, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN dua puluh empat Gelumbang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu kelas V SDN dua puluh empat Gelumbang. Berdasarkan tes hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here diketahui hasil tes kelas eksperimen dengan ketuntasan belajar siswa nilai posttest sembilan puluh lima persen. Sedangkan kelas kontrol dengan ketuntasan belajar siswa nilai yaitu posttest delapan puluh satu persen. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji normalitas diperoleh ada pengaruh yang signifikan strategi everyone is a teacher here terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD
Downloads
References
Aryaningrum, Kiki. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu (Geografi) Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Belitang Iii Oku Timur. Jurnal Ilmiah Civis, 5(2).
Asiza, Nur, & Irwan, Muhammad. (2019). Everyone is a teacher here. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.
Elisabet, Asran, Mastar, & Kresnadi, Hery. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Kerja Kelompok Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3).
Fadila, Vina, Hakim, Lukman, & Hera, Treny. (2022). Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sekolah, 6(2).
Fitrianti, Ititi, Sulastri, Andi, Muspita, Zalia, & Sururuddin, Muhammad. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Eth (Everyone Is A Teacher Here) dengan bantuan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 MI Husnul Abror. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4).
Halidin. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matemtaika, 9(2), 348–357.
Hendra, Meter, & Negera, Oka. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN 2 Dangin Puri. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).
Impianti, Grandi, & Jamila. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(1).
Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Novrica, Sara, Hakim, Lukman, & Pratama, Aldora. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Berbasis Gambar Terhadap Penguasaan Materi IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.
Panjaitan, Seriani. (2017). Hasil Belajar IPA melaui Media Gambar. Jurnal Priamary Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 252.
Pratama, Rinaldo Adi, & Pratiwi, Inne Marthyane. (2019). Hasil Belajar Sejarah Indonesia Melalui Pembelajaran Aktif Tipe i Berdasarkan Kemandirian Belajara. Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 98.
Pristiwanti, Desi, Badariah, BBi, Hidayat, Sholeh, & sari dewi, Ratna. (2022). pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).
Rika, Iyut, Sukardi, & Rizhardi, Rury. (2022). Pengaruh Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Video Animasi dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sungai Jeruju. Education and Learing Journal, 1(190).
Salimah, Rohmatus, & Mulyani. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn Kwedenkembar Mojokerto. Jpgsd, 6(13), 2348–2358.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. bandung: ALFABETA.
Sulaiman. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a teacher here terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. E-DuMath, 2(2), 152–160.
Suriani, Ade Irma, & Nenowati, Sri. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Studi Pada Murid Kelas V Sd Negeri Sungguminasa Iii Kabupaten Gowa. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1).
Syam Farha, Mun’im Abdul, & Mamin Ratnawaty. (2019). Pengaruh Strategi Everyone Is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 3 Pallangga. Jurnal Ipa Terpadu, 3, 39–45.
Togatorof, Jainal B., Mendrofa, Yason, & Hardianti Sembiring, Lin. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 060889 Kecamatan Medan Baru Kota Medan. Jurnal Stindo Profesional, VI(2), 3–7.
Umi, Christiana. (2020). Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 5. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ummah, Nur Amirul, & Budiyono. (2018). Penarapan Strategi Everyone is a Teacher Here Untuk MEningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar(JPGSD), 06(03).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Rizki Anggi Nopiyarti, Lukman Hakim, Rury Rizhardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).