Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Terhadap Pemahaman IPA Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.246Abstract
Pemahaman siswa terhadap IPA khususnya materi rotasi bumi telah banyak diteliti sebelumnya dengan menggunakan model pembelajaran atau media pembelajaran inovatif. Metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa begitu juga penggunaan alat peraga rotasi bumi dapat meningkatkan pemahaman siswa. Oleh karena itu tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi berbantuan alat peraga terhadap pemahaman IPA siswa sebagai pendukung hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan yaitu quasy experimental dengan desain nonequivalen control grup design. Penelitian ini dilakukan di kelas VI SDN delapan puluh Palembang yang terdiri dari dua puluh satu siswa kelompok eksperimen dan dua puluh siwa kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pemahaman materi rotasi bumi. Analisis hasil penelitian menggunakan N-gain dengan menggunakan uji statistik parametrik untuk melihat pengaruh model demonstrasi berbantuan alat peraga terhadap pemahaman siswa. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa metode demonstrasi berbantuan alat peraga secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman rotasi bumi siswa.
Downloads
References
Akmal, A. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Kemampuan Berwudhu pada Kelompok B3 TK Islam YLPI Margon. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-20.
Bhidju, R. H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi. Malang: Multimedia Edukasi.
Cecep, Waskita, D. T., & Sabilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63-70.
Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97-104.
Ilyas, M., & Syahid, A. (2018). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al-Aulia, 4(1), 58-85.
Jonimar. (2020). Pemanfaat Alat Peraga IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Sciense Education Journal, 1(2), 69-84.
Kania, N. (2018). Alat Peraga Untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal Theorems, 2(2), 1-12.
Kusumawati, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Model Pembelajaran Savi Pada Mata Pelajaran IPA di SDN Mangkujayan I Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 217-224.
Lengkana, A., & Sofa, S. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani Dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1-12.
Marnis. (2017). Penggunaan Alat Peraga Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dan Sains. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, 3(2), 357-360.
Mudhori, B. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Fikih Kelas X SMA Muhammadiyah 08 Cerme. Jurnal Tamaddun, 21(1), 21-34.
Ningsih, C. W. (2020). Metode Demontrasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal SHES:Conference Series, 3(3), 1445-1450.
Novrica, S., Hakim, L., & Pratama, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Berbasis Gambar Terhadap Penguasaan Materi IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 1296-1301.
Nurnaningsih, Cicih. (2018). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemhaman Siswa Pada pembelajaran Tentang Rotasi Bumi dan Revolusi Bumi dan Revolusi Bumi di Kelas VI SD Negeri Sindangpala. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(1), 1-10.
Rahma, D., & Fajri, W. (2020). Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajran Fiqih. Jurnal kajian Islam Kontemporer, 11(1), 88-98.
Ramadhani, A., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020). Upaya Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Instructional development jurnal, 3(3), 188-202.
Rejeki, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Luas Segitiga Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Menipulatif Luas Bangunan Persegi Panjang. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 6(2), 1-11.
Rizhardi, R. (2015). Pengaruh Metode Demonstrasi Menggunakan Media Audiovisual dan Tanpa Menggunakan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Dasar Bola Basket. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga , 17-21.
Rukminingsih. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Sada, H. J. (2017). Peran Masyarakat Dalam Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 117-125.
Sholiha, N., Suastika, I., & Triwahyuningtyas, D. (2019). Pengaruh Metode Demonstrasi Bebantu Alat Peraga Batang Napler Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3, 551-557.
Sukerti, N. (2021). Penerapan Metode Demonstrai Berbantuan Media Sederhana untuk Menigkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Matematika). Jurnal Education Action Reseacrh, 5(2), 232-238.
Tuminah, W. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Menggunakan Alat Peraga Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya di kela IV Semester I Tahun Ajaran 2018/2019 SDN 1 Grawan Kecamatan Sumber Kabupaten Remang. Jurnal Didaktika Pgri, 8(1), 51-56.
Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yulisa, Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP. Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 37-44.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Susi Subella, Lukman Hakim, Rury Rizhardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).