Pengaruh Pembelajaran Outdoor terhadap Pemahaman pada Materi Ekosistem Tumbuhan SMP NEGERI 5 Bilah Barat
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2447Keywords:
Metode Pembelajaran Outdoor, Pemahaman Konsep, Ekosistem TumbuhanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan metode~ pembe~lajaran outdoor terhadap pemahaman siswa pada materi ekosistem tumbuhan di kelas VII SMP Nege~ri 5 Bilah Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen dengan desain Nonequivalent Pre~-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ke~las VII SMP Nege~ri 5 BilahBarat tahun pelajaran 2024/2025. Sampel pene~litian terdiri dari kelas VII-C sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 28 siswa, dan kelas VII-B sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes objektif untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pemahaman siswa pada materi ekosistem tumbuhan di kelas eksperimen meningkat dari 67,5 (pre~-test) menjadi 86,5 (post-test), sedangkan di kelas kontrol meningkat dari 62,5 menjadi 74,6. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 11,810 lebih besar dari t tabel sebesar 2,004 pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (df) = 55. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode~ pembelajaran outdoor terhadap pemahaman materi ekosistem tumbuhan siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bilah Barat.
Downloads
References
Almaida, A. (2025). Pengembangan E-modul STEM Berbasis Literasi Sains Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Amanda, A. V., & Rahmi, L. (2024). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Literasi Sains Materi Ekosistem Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 3106–3117.
Asfiana, A., Fitriyani, F., Selvia, N., & Fatonah, S. (2025). Pengaruh Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dalam Peningkatan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 741–753.
Gabriella, V. (2024). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Mamasa. Universitas Sulawesi Barat.
Liandy, S. (2023). Peran Metode Pembelajaran Outdoor Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Lingkungan. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 18–24.
Linawati, H. (2015). Pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada konsep IPA kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 3, 260–269.
Mernisa, M. (2018). Pengaruh Penerapan Outdoor Learning Process (OLP) Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Pada Materi Ekosistem. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 128–135.
Muliana, G. H. (2024). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA-Biologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(8), 1062–1071.
Mulyaningsih, I. N., Sujana, A., & Nugraha, R. G. (2024). Pengaruh Pendekatan Outdoor Learning terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1693–1697.
Nasution, N. S. (2020). Pembelajaran Outdoor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem Dan Penanaman Karakter Cinta Lingkungan Pada Siswa Smp Negeri 1 Labuhan Deli. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 15–28.
Nuriza, R., & Mahmudah, U. (2025). Learning Outside the Classroom Increases Elementary Students’ Interest and Conceptual Understanding of Mathematics. Academia Open, 10(1), 10–21070.
Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat outdoor pada siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79.
Shoimah, R. N., Syafi’aturrosyidah, M., & Hadya, S. (2021). Penggunaan media pembelajaran konkrit untuk meningkatkan aktifitas belajar dan pemahaman konsep pecahan mata pelajaran Matematika siswa kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1–18.
Siboti, P., & Atmojo, S. E. (2024). Efektivitas Metode Belajar Outdoor Study dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPAS Kelas IV SD Muhammadiyah Banyuraden. ELEMENTARY PEDAGOGIA, 1(1), 17–26.
Sisi, L., & Parisu, C. Z. L. (2025). Eksplorasi Outdoor Learning dalam Mengembangkan Keterampilan Sains Siswa Sekolah Dasar. Journal of Humanities, Social Sciences, and Education, 1(3), 40–52.
Syamsi, A. (2014). Pemanfaatan media aktual lingkungan dalam pembelajaran matematika untuk lower class di MI/SD. Eduma, 3(1), 17–31.
Wahyuni, G. T., Fakhriyah, F., & Khamdun, K. (2025). Penerapan Model Contextual Teacing And Learning Dengan Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SD Negeri 02 Mijen. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(2), 242–252.
Zalzabila, A., Hapsari, A. P., & Mutolib, A. (2024). Peningkatan Kesadaran Siswa Mengenai Pelestarian Lingkungan Melalui Kegiatan Sekolah Alam Pada Sekolah Dasar di Desa Sukamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Inovatif, 3(3), 89–95.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Selviana Selviana, Rahmi Syafriyeti, Rizky Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






