Transformasi Pendidikan Kejuruan: Mengintegrasikan Teknologi IoT ke dalam Kurikulum Masa Depan

Authors

  • Dio Alvendri Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • M. Giatman Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ernawati Ernawati Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.244

Keywords:

Teknologi IoT, Kurikulum Masa Depan, Sekolah Menengah Kejuruan, Systematic Literature Review (SLR)

Abstract

Pendidikan kejuruan di masa depan harus mampu menghadapi tantangan dalam era digital dan Industri empat titik nol yang semakin berkembang. Salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan dan mempersiapkan lulusan yang siap terjun ke dunia industri adalah dengan mengintegrasikan teknologi Internet of Things dalam kurikulum pendidikan kejuruan Studi ini merupakan sebuah tinjauan literatur yang membahas transformasi pendidikan kejuruan melalui integrasi teknologi Internet of Things  ke dalam kurikulum. Perkembangan pesat dalam era digital dan Industri empat titik nol telah menghadirkan tantangan baru bagi pendidikan kejuruan dalam mempersiapkan lulusan yang memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Dalam artikel ini berbagai studi dan penelitian yang telah dilakukan dalam rangka mengintegrasikan teknologi IoT ke dalam kurikulum pendidikan kejuruan.analisis  manfaat yang dihasilkan dari penggunaan teknologi IoT dalam pembelajaran kejuruan, termasuk peningkatan aksesibilitas, pembelajaran berbasis proyek, dan pengembangan keterampilan yang sesuai dengan tren industri saat ini. Hasil tinjauan literatur ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi IoT ke dalam kurikulum pendidikan kejuruan dapat memberikan manfaat yang signifikan, termasuk peningkatan relevansi pendidikan dengan dunia industri, pengembangan keterampilan teknologi yang dibutuhkan, dan pemahaman mendalam tentang aplikasi praktis IoT dalam konteks industrii, melalui studi literature ini diharapkan wawasan mendalam tentang transformasi pendidikan kejuruan melalui integrasi teknologi IoT. Serta menjadi sumber referensi yang berharga bagi para pengambil keputusan di bidang pendidikan untuk memahami implikasi dan manfaat yang mungkin terjadi melalui penerapan teknologi IoT dalam kurikulum pendidikan kejuruan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awal, M.A., & Sohail, M. S. (2019). Integrating IoT with vocational education and training: Issues, challenges and proposed solution. International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE, 9(3).

Beraldo, A. L., et al. (2020). The role of IoT in vocational education and training. Journal of Educational Technology Systems, 49(4), 407-422.

Dutt, V., et al. (2021). Internet of things (IoT) in vocational education and training: Opportunities and challenges. Springer., 45(55).

Faiz, Aiman, dan P. (2021). Peran Filsafat Progresivisme Dalam Mengembangkan Kemampuan Calon Pendidik Di Abad-21. Library Trends, 1(2).

Feng, X., & Zhang, H. (2019). Internet of things-based teaching resource development in vocational education and training. Proceedings of the 2019 3rd International Conference on Education and E-Learning Innovations, 65–68.

Hafid, F., & Rochman, E. M. (2020). The development of vocational education and training based on the Internet of Things (IoT) for future job opportunities. Proceedings of the 2020 2nd International Conference on Education and Management Innovation, 144–147.

Li, C., Li, J., & Yang, J. (2021). Internet of Things technology in vocational education and training: A review. Proceedings of the 2021 2nd International Conference on Computing, Communications and Cybersecurity, 85–89.

Lin, K.-Y., et al. (2018). Integration of internet of things in vocational education and training. Journal of Computers in Education, 5(2), 139–158.

Liu, X., Wang, Y., Chen, X., & Gao, X. (2021). The application of IoT technology in vocational education and training based on teaching management system. Proceedings of the 2021 2nd International Conference on Advanced Education and Management Innovation, 2019–2223.

Özcan, İ. K., & Yıldız, M. E. (2020). The integration of IoT technology in vocational education and training. Journal of Educational Technology Systems, 49(4).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sun, Y., Wang, J., Zhang, X., & Huang, R. (2021). IoT technology-based practical teaching mode for vocational education and training. Proceedings of the 2021 4th International Conference on Intelligent Transportation, Big Data & Smart City.

Xiao, F., Wang, H., Yu, J., & Huang, J. (2020). The application of the Internet of Things technology in vocational education and training. Journal of Physics: Conference Series, 1657(2).

Xu, Y., Cheng, W., Xue, X., & Li, D. (2020). Design and implementation of vocational education and training system based on IoT technology. Proceedings of the 2020 2nd International Conference on Education, Management and Systems Engineering, 12–16.

Zimmermann, A., et al. (2019). Internet of things in vocational education and training: Opportunities and challenges. Springer., 167–184.

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Alvendri, D., Giatman, M., & Ernawati, E. (2023). Transformasi Pendidikan Kejuruan: Mengintegrasikan Teknologi IoT ke dalam Kurikulum Masa Depan. Journal of Education Research, 4(2), 752–758. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.244

Issue

Section

Articles

Citation Check