Pengembangan Modul Ajar Matematika Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MA

Authors

  • Ragil Lia Masitoh Dalimunthe Pendidikan Matematika, Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu
  • Endi Zunaedy Pasaribu Pendidikan Matematika, Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu
  • Sangkot Idris Ritonga Pendidikan Matematika, Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2438

Keywords:

Discovery Learning, Berpikir Kritis, Modul Ajar, Signifikasi

Abstract

Pengembangan Modul Ajar Matematika Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa menjadi permasalahan dalam penelitian. Produk yang digunakan modul ajar dengan kurikulum merdeka dan di uji cobakan kepada peserta didik Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Marbau.Penelitian pengembangan yang digunakan peneliti adalah ADDIE dan peneliti menggunakan penyelesaian permasalahan menggunakan SPSS dengan mendapatkan hasil dari ketiga uji tersebut, uji normalitas yang memiliki signifikasi 0,485 dan dapat disimpulkan normal, uji homogenitas memikiki signifikasi 0,875 yang dapat disimpulkan miliki varian yang sama atau homogen, sedangkan uji hipotesis mempunyai Sig. ˂ 0.05 = 0,000 ˂ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, nilai rata-rata yang di dapatkan oleh peserta didik dari kelas eksperimen dengan siswa 20 orang adalah 86,05 sedangkan dari kelas kontrol yang memiliki 20 orang siswa memperoleh nilai rata-rata 77,01.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitra, D. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.953

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729 (Hanya satu halaman 21? Biasanya artikel jurnal memiliki rentang halaman.)

La’ia, H. T., Sarumaha, S., & Duha, M. M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 170–175.

Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.

Pasaribu, E. Z., Ritonga, M. W., Watrianthos, R., & Hidayah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Maju, 7(2), 212–220. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/537/478

• Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 1, hlm. 13).

Sadikin, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Biologi pada Siswa Sekolah Menengah. Biodik, 10(1), 98–102. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i1.33459

Sari, D. V. P. M., Aini, K., Syarifah, Damayanti, F., Handayani, T., & Nurokhman, A. (2021). Review: Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 5(1), 104–111.

Suryani, A. I., K, S., & Mursalam, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas V SDN no. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 4(166), 741–753. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/2373

Susanti, S., Pomalao, S., Resmawan, R., & Hulukati, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menggunakan Multimedia Interaktif. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(1), 37–46.

Ulfa, S., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). Pengembangan Modul Ajar Fisika Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 7(1), 51–59. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.562

Widhiyani, P., & Sugiarti, T. (2013). Pembelajaran Matematika melalui Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Sumbersari 02 Jember Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat Tahun Pelajaran 2012-2013. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–4. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9307

Downloads

Published

2025-07-12

How to Cite

Dalimunthe, R. L. M., Pasaribu, E. Z., & Ritonga, S. I. (2025). Pengembangan Modul Ajar Matematika Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MA. Journal of Education Research, 6(3), 677–684. https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2438

Issue

Section

Articles

Categories