Pengembangan Modul Ajar Matematika Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2438Keywords:
Discovery Learning, Berpikir Kritis, Modul Ajar, SignifikasiAbstract
Pengembangan Modul Ajar Matematika Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa menjadi permasalahan dalam penelitian. Produk yang digunakan modul ajar dengan kurikulum merdeka dan di uji cobakan kepada peserta didik Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Marbau.Penelitian pengembangan yang digunakan peneliti adalah ADDIE dan peneliti menggunakan penyelesaian permasalahan menggunakan SPSS dengan mendapatkan hasil dari ketiga uji tersebut, uji normalitas yang memiliki signifikasi 0,485 dan dapat disimpulkan normal, uji homogenitas memikiki signifikasi 0,875 yang dapat disimpulkan miliki varian yang sama atau homogen, sedangkan uji hipotesis mempunyai Sig. ˂ 0.05 = 0,000 ˂ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, nilai rata-rata yang di dapatkan oleh peserta didik dari kelas eksperimen dengan siswa 20 orang adalah 86,05 sedangkan dari kelas kontrol yang memiliki 20 orang siswa memperoleh nilai rata-rata 77,01.
Downloads
References
Fitra, D. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.953
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729 (Hanya satu halaman 21? Biasanya artikel jurnal memiliki rentang halaman.)
La’ia, H. T., Sarumaha, S., & Duha, M. M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 170–175.
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.
Pasaribu, E. Z., Ritonga, M. W., Watrianthos, R., & Hidayah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Maju, 7(2), 212–220. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/537/478
• Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 1, hlm. 13).
Sadikin, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Biologi pada Siswa Sekolah Menengah. Biodik, 10(1), 98–102. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i1.33459
Sari, D. V. P. M., Aini, K., Syarifah, Damayanti, F., Handayani, T., & Nurokhman, A. (2021). Review: Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 5(1), 104–111.
Suryani, A. I., K, S., & Mursalam, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas V SDN no. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 4(166), 741–753. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/2373
Susanti, S., Pomalao, S., Resmawan, R., & Hulukati, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menggunakan Multimedia Interaktif. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(1), 37–46.
Ulfa, S., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). Pengembangan Modul Ajar Fisika Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 7(1), 51–59. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.562
Widhiyani, P., & Sugiarti, T. (2013). Pembelajaran Matematika melalui Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Sumbersari 02 Jember Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat Tahun Pelajaran 2012-2013. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–4. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9307
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Ragil Lia Masitoh Dalimunthe, Endi Zunaedi Pasaribu, Sangkot Idris Ritonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).