Relasi Antara Kondisi Lingkungan Sekolah dan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini

Authors

  • Diana Kholidah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong,
  • Nur Fatimah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Debby Adelita Febrianti Purnamasari Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2421

Keywords:

lingkungan sekolah, pembentukan karakter, anak usia dini, pendidikan karakter, interaksi sosial, peran orang tua

Abstract

Pembentukan karakter anak usia dini merupakan aspek fundamental dalam perkembangan kepribadian yang akan memengaruhi kualitas hidup dan perilaku mereka di masa depan. Salah satu faktor utama yang berperan dalam proses ini adalah kondisi lingkungan sekolah, yang tidak hanya mencakup fisik bangunan dan fasilitas, tetapi juga suasana sosial, budaya sekolah, interaksi antar siswa dan guru, serta keterlibatan orang tua dan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami relasi antara kondisi lingkungan sekolah dan pembentukan karakter anak usia dini, dengan fokus pada bagaimana lingkungan tersebut dapat memfasilitasi atau menghambat pengembangan nilai-nilai karakter seperti disiplin, kejujuran, tanggung jawab, empati, dan rasa hormat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung di lingkungan sekolah, wawancara mendalam dengan guru, orang tua, dan anak-anak, serta analisis dokumentasi terkait program pendidikan karakter yang diterapkan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa lingkungan sekolah yang kondusif-yang ditandai dengan fasilitas yang memadai, suasana belajar yang aman dan menyenangkan, serta budaya sekolah yang positif-berkontribusi secara signifikan dalam membentuk karakter anak. Interaksi sosial yang harmonis antara guru dan siswa serta antara sesama siswa juga memperkuat internalisasi nilai-nilai karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. N. (2025). Penguatan pendidikan karakter siswa melalui tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(1). https://ejournal.aripi.or.id/index.php/jupendir/article/download/196/204/1102

Arifandi, A., & Billah, M. (2025). Pendekatan inovatif dalam pengembangan kurikulum TK dan PAUD di era digital. Misteri: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 724-732. https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/mister/article/download/2515/2053

Arifin, Z. (2023). Membangun pendidikan karakter anak usia dini melalui budaya sekolah di TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Repository Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/28802/1/COVER%20BAB%201%20BAB%202%20DAPUS.pdf

Aripi. (2025). Strategi pendidikan karakter untuk membentuk sikap tanggung jawab pada siswa sekolah dasar. Jurnal Nakula, 3(1), 295-310. https://journal.aripi.or.id/index.php/Nakula/article/download/1530/1924/7659

Astawa, I. M. (2021). Relevansi Pancasila, pendidikan karakter, dan Tri Kaya Parisudha dalam WBBM. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. http://bpmpntb.kemdikbud.go.id/artikel/36/relevansi-pancasila-pendidikan-karakter-dan-tri-kaya-parisudha-dalam-wbbm

Dewi, R. (2025). Perkembangan dan pendidikan kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 135-150. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/5918/pdf

Fadilla, R. (2021). Konsep pendidikan karakter Thomas Lickona pada anak usia dini [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu]. Repository IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5422/1/skripsi_rohayu_111%5B1%5D%2012345%20(Recovered).pdf

Farid, F., & Aziz, R. (2023). Pengembangan karakter tanggung jawab siswa melalui penguatan aktivitas guru di dalam kelas. Jurnal Rektum, 5(2), 112-125. https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/download/5485/4528/

Fauziyah, R. (2023). Strategi pengembangan sikap kesadaran lingkungan pada anak usia dini di KBTK Sekolah Alam Bintaro. Repository UIN Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/50110/1/Rizqa%20Fauziyah_11150184000061.pdf

Foodtechlab UAD. (2024, Maret 8). Nabi Muhammad sebagai teladan bagi seluruh umat Islam. https://foodtechlab.uad.ac.id/nabi-muhammad-sebagai-teladan-bagi-seluruh-umat-islam/

Gunawan, H. (2021). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi. Digilib UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://digilib.uinsgd.ac.id/69084/1/Pendidikan_Karakter-Heri%20Gunawan.pdf

Hidayati, S. (2024). Peran guru dalam mengoptimalkan pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/jpiaud/article/view/8672

Imas Siti Nurhasanah. (2024). Pengaruh lingkungan terhadap kualitas belajar. SMK Patriot, 1(1). https://www.smkpatriot-kng.sch.id/read/123/pengaruh-lingkungan-terhadap-kualitas-belajar

Khodijatunnida. (2023). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi menurut Zubaedi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 124-135. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/download/14990/14537

Khosiin, M. (2024). Peran pembimbing agama dalam menumbuhkembangkan kesadaran lingkungan di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa Cireundeu. Universitas Islam Negeri Walisongo. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/59921/1/KHOSIIN-FDK.pdf

Lickona, T. (2021). Cara membentuk karakter anak: Proses seumur hidup melalui pengulangan dan pembiasaan. RS Imanuel Lampung. https://www.rsimanuellampung.com/info-kesehatan/108-bagaimana-cara-membentuk-karakter-anak

Maulida, D., Ibrahim, M., Thamrin, M., & Akhwani. (2021). Implementasi pembelajaran daring melalui grup Whatsapp pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3334-3341. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1335

Murti, N. P., & Novitasari, R. (2024). Peran orang tua dalam membentuk karakter pada anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 643–651. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.933

Nugroho, A. (2024). Konsep lingkungan pendidikan dalam buku Ilmu Pendidikan Islam karya Prof. Dr. Zakiyah Daradjat. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1). http://repository.iainkudus.ac.id/9405/

Purna, I. G. N. (2023). Penguatan karakter melalui pendidikan agama Islam di era digital. Bhinneka: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 45-60. https://pbsi-upr.id/index.php/Bhinneka/article/download/1207/1023/4319

Putri, M. A., & Prahesti, S. I. (2025). Mengintegrasikan buku 9 pilar untuk pendidikan karakter di TK Ungaran Smart Children. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/6674/pdf

Ramandhini, A., et al. (2023). Pengaruh pendidikan karakter terhadap perkembangan moral anak di TK Negeri 2 Samarinda. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 45-60. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/6674

Saragih, A., Bukit, A., & Sinulingga, R. (2023). Peran pendidikan sebagai pengembangan generasi muda masyarakat 5.0 dalam memanajemen kehidupan yang lebih layak. UPMI Proceeding. https://upmi-proceeding.com/index.php/ups/article/download/27/22/615

Sari, D., & Hidayati, S. (2023). Kontribusi program parenting terhadap pendidikan karakter anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(2), 67-78. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/26634/7095

Subianto, J. (2020). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam menciptakan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 15(2), 323-338. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/757

Ulil Albab Institute. (2023). Tantangan pendidikan karakter di era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 5(1), 45-60. https://ulilalbabinstitute.id/index.php/JIM/article/download/8318/6386

Wulandari, S., & Prasetyo, B. (2024). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam membangun kesadaran lingkungan siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 12-25. https://edu.pubmedia.id/index.php/pgsd/article/view/529

Yuliani, N., & Prasetyo, B. (2025). Penanaman pendidikan karakter pada peserta didik di sekolah dasar: Tantangan dan strategi. Jurnal Educatio Research, 6(1), 1-12. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/2293

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Kholidah, D., Fatimah, N., & Purnamasari, D. A. F. (2025). Relasi Antara Kondisi Lingkungan Sekolah dan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 6(3), 605–612. https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2421

Issue

Section

Articles

Categories