Relasi Antara Kondisi Lingkungan Sekolah dan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2421Keywords:
lingkungan sekolah, pembentukan karakter, anak usia dini, pendidikan karakter, interaksi sosial, peran orang tuaAbstract
Pembentukan karakter anak usia dini merupakan aspek fundamental dalam perkembangan kepribadian yang akan memengaruhi kualitas hidup dan perilaku mereka di masa depan. Salah satu faktor utama yang berperan dalam proses ini adalah kondisi lingkungan sekolah, yang tidak hanya mencakup fisik bangunan dan fasilitas, tetapi juga suasana sosial, budaya sekolah, interaksi antar siswa dan guru, serta keterlibatan orang tua dan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami relasi antara kondisi lingkungan sekolah dan pembentukan karakter anak usia dini, dengan fokus pada bagaimana lingkungan tersebut dapat memfasilitasi atau menghambat pengembangan nilai-nilai karakter seperti disiplin, kejujuran, tanggung jawab, empati, dan rasa hormat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung di lingkungan sekolah, wawancara mendalam dengan guru, orang tua, dan anak-anak, serta analisis dokumentasi terkait program pendidikan karakter yang diterapkan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa lingkungan sekolah yang kondusif-yang ditandai dengan fasilitas yang memadai, suasana belajar yang aman dan menyenangkan, serta budaya sekolah yang positif-berkontribusi secara signifikan dalam membentuk karakter anak. Interaksi sosial yang harmonis antara guru dan siswa serta antara sesama siswa juga memperkuat internalisasi nilai-nilai karakter.
Downloads
References
Anwar, R. N. (2025). Penguatan pendidikan karakter siswa melalui tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(1). https://ejournal.aripi.or.id/index.php/jupendir/article/download/196/204/1102
Arifandi, A., & Billah, M. (2025). Pendekatan inovatif dalam pengembangan kurikulum TK dan PAUD di era digital. Misteri: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 724-732. https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/mister/article/download/2515/2053
Arifin, Z. (2023). Membangun pendidikan karakter anak usia dini melalui budaya sekolah di TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Repository Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/28802/1/COVER%20BAB%201%20BAB%202%20DAPUS.pdf
Aripi. (2025). Strategi pendidikan karakter untuk membentuk sikap tanggung jawab pada siswa sekolah dasar. Jurnal Nakula, 3(1), 295-310. https://journal.aripi.or.id/index.php/Nakula/article/download/1530/1924/7659
Astawa, I. M. (2021). Relevansi Pancasila, pendidikan karakter, dan Tri Kaya Parisudha dalam WBBM. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. http://bpmpntb.kemdikbud.go.id/artikel/36/relevansi-pancasila-pendidikan-karakter-dan-tri-kaya-parisudha-dalam-wbbm
Dewi, R. (2025). Perkembangan dan pendidikan kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 135-150. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/5918/pdf
Fadilla, R. (2021). Konsep pendidikan karakter Thomas Lickona pada anak usia dini [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu]. Repository IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5422/1/skripsi_rohayu_111%5B1%5D%2012345%20(Recovered).pdf
Farid, F., & Aziz, R. (2023). Pengembangan karakter tanggung jawab siswa melalui penguatan aktivitas guru di dalam kelas. Jurnal Rektum, 5(2), 112-125. https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/download/5485/4528/
Fauziyah, R. (2023). Strategi pengembangan sikap kesadaran lingkungan pada anak usia dini di KBTK Sekolah Alam Bintaro. Repository UIN Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/50110/1/Rizqa%20Fauziyah_11150184000061.pdf
Foodtechlab UAD. (2024, Maret 8). Nabi Muhammad sebagai teladan bagi seluruh umat Islam. https://foodtechlab.uad.ac.id/nabi-muhammad-sebagai-teladan-bagi-seluruh-umat-islam/
Gunawan, H. (2021). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi. Digilib UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://digilib.uinsgd.ac.id/69084/1/Pendidikan_Karakter-Heri%20Gunawan.pdf
Hidayati, S. (2024). Peran guru dalam mengoptimalkan pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/jpiaud/article/view/8672
Imas Siti Nurhasanah. (2024). Pengaruh lingkungan terhadap kualitas belajar. SMK Patriot, 1(1). https://www.smkpatriot-kng.sch.id/read/123/pengaruh-lingkungan-terhadap-kualitas-belajar
Khodijatunnida. (2023). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi menurut Zubaedi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 124-135. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/download/14990/14537
Khosiin, M. (2024). Peran pembimbing agama dalam menumbuhkembangkan kesadaran lingkungan di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa Cireundeu. Universitas Islam Negeri Walisongo. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/59921/1/KHOSIIN-FDK.pdf
Lickona, T. (2021). Cara membentuk karakter anak: Proses seumur hidup melalui pengulangan dan pembiasaan. RS Imanuel Lampung. https://www.rsimanuellampung.com/info-kesehatan/108-bagaimana-cara-membentuk-karakter-anak
Maulida, D., Ibrahim, M., Thamrin, M., & Akhwani. (2021). Implementasi pembelajaran daring melalui grup Whatsapp pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3334-3341. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1335
Murti, N. P., & Novitasari, R. (2024). Peran orang tua dalam membentuk karakter pada anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 643–651. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.933
Nugroho, A. (2024). Konsep lingkungan pendidikan dalam buku Ilmu Pendidikan Islam karya Prof. Dr. Zakiyah Daradjat. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1). http://repository.iainkudus.ac.id/9405/
Purna, I. G. N. (2023). Penguatan karakter melalui pendidikan agama Islam di era digital. Bhinneka: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 45-60. https://pbsi-upr.id/index.php/Bhinneka/article/download/1207/1023/4319
Putri, M. A., & Prahesti, S. I. (2025). Mengintegrasikan buku 9 pilar untuk pendidikan karakter di TK Ungaran Smart Children. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/6674/pdf
Ramandhini, A., et al. (2023). Pengaruh pendidikan karakter terhadap perkembangan moral anak di TK Negeri 2 Samarinda. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 45-60. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/6674
Saragih, A., Bukit, A., & Sinulingga, R. (2023). Peran pendidikan sebagai pengembangan generasi muda masyarakat 5.0 dalam memanajemen kehidupan yang lebih layak. UPMI Proceeding. https://upmi-proceeding.com/index.php/ups/article/download/27/22/615
Sari, D., & Hidayati, S. (2023). Kontribusi program parenting terhadap pendidikan karakter anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(2), 67-78. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/26634/7095
Subianto, J. (2020). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam menciptakan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 15(2), 323-338. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/757
Ulil Albab Institute. (2023). Tantangan pendidikan karakter di era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 5(1), 45-60. https://ulilalbabinstitute.id/index.php/JIM/article/download/8318/6386
Wulandari, S., & Prasetyo, B. (2024). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam membangun kesadaran lingkungan siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 12-25. https://edu.pubmedia.id/index.php/pgsd/article/view/529
Yuliani, N., & Prasetyo, B. (2025). Penanaman pendidikan karakter pada peserta didik di sekolah dasar: Tantangan dan strategi. Jurnal Educatio Research, 6(1), 1-12. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/2293
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Diana Kholidah, Nur Fatimah, Debby Adelita Febrianti Purnamasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).