Analisis Metode Pengambilan Keputusan untuk Peningkatan Mutu Sekolah: Tinjauan Pustaka Sistematis terhadap Studi Tahun 2015-2025

Authors

  • Teguh Trianung Djoko Susanto Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
  • Rahmi Maulida Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
  • Aas Amelia Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
  • Hana Taqiyya Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2414

Keywords:

analisis data pendidikan, model PDCA, mutu sekolah, pendekatan partisipatif, pengambilan keputusan

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan aspek strategis dalam pengelolaan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini menganalisis efektivitas model Plan-Do-Check-Act (PDCA) dan pendekatan partisipatif dalam pengambilan keputusan, berdasarkan telaah terhadap 10 artikel ilmiah terindeks SINTA yang dipublikasikan pada periode 2015–2025. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi pustaka, kajian ini menyoroti implementasi model pengambilan keputusan, proses perumusan kebijakan, serta dampaknya terhadap mutu layanan pendidikan. Hasil menunjukkan bahwa model PDCA mendukung perencanaan kurikulum, peningkatan profesionalisme guru, dan pengelolaan program sekolah secara berkelanjutan melalui siklus evaluatif. Sementara itu, pendekatan partisipatif memperkuat partisipasi warga sekolah dan masyarakat, membangun kepemilikan terhadap kebijakan, serta menciptakan iklim kerja kolaboratif. Pemanfaatan data pendidikan terbukti meningkatkan objektivitas dan transparansi dalam pengambilan keputusan. Temuan ini menegaskan bahwa keberhasilan model pengambilan keputusan sangat ditentukan oleh kepemimpinan visioner, budaya kolaboratif, serta kesiapan sumber daya dan infrastruktur. Secara teoritis, kajian ini menambah pemahaman tentang sinergi antara pendekatan sistematis dan partisipatif dalam tata kelola sekolah; secara praktis, hasil kajian dapat menjadi acuan bagi sekolah dalam merancang kebijakan yang responsif dan berbasis bukti untuk peningkatan mutu pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aula, N. A., Maisaroh, H., & Lathifah, U. (2021). Pengembangan mutu sekolah melalui pendekatan TQM. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13910

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Pendidikan 2023. BPS RI.

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1990). Transformational leadership development: Manual for the multifactor leadership questionnaire. Consulting Psychologists Press.

Damayanty, R., Rezza, M., Rahman, N., & Indrayani, R. (2025). Pembelajaran Al-Qur’an dan Tahfidz di SMP Fastabiqul. (Report, p. 8).

Diansyah, R., Hamzah, H., & Winarso, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap mahasiswa dalam penggunaan online learning (aplikasi sikuli) di UMRI. Jurnal Coscitech (Computer Science and Information Technology), 3(3), 315–324. https://doi.org/10.37859/coscitech.v3i3.4349

Efriani, E., Ahyani, N., & Fattah, A. H. (2021). Implementasi manajemen sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pamator Journal, 14(2), 117–121. https://doi.org/10.21107/pamator.v14i2.11533

Helmawati. (2024). Pengambilan keputusan dalam implementasi manajemen pusat keunggulan untuk meningkatkan mutu lulusan di SMK BPI Bandung. 5(8), 1266–1276.

Khasanah, U., Riyanto, Y., & Setyowati, S. (2023). Total Quality Management (TQM) in education: School quality management for quality educational services at senior high schools. SAR Journal, 6(3), 211–216.

Leithwood, K., & Jantzi, D. (2006). Transformational school leadership for large-scale reform: Effects on students, teachers, and their classroom practices. School Effectiveness and School Improvement, 17(2), 201–227. https://doi.org/10.1080/09243450600565829

Prasojo, L. D. (2016). Manajemen mutu pendidikan. UNY Press.

Putri, D. E., Imron, A., & Sunandar, A. (2019). Kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun citra publik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 213–221. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p213

Sallis, E. (2006). Total quality management in education (3rd ed.). Routledge Falmer.

Samarinda, K., Tqm, T., Pdca, S., Rezza, M., Rahman, N., & Indrayani, R. (2025). Pembelajaran Al-Qur’an dan Tahfidz di SMP Fastabiqul. (Report, p. 8).

Sukirman, S., Suyono, & dkk. (2023). Manajemen pendidikan mutu terpadu. Nuta Media.

Syafaruddin, Napitupulu, D. S., & Harahap, A. S. (2020). Komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam pengambilan keputusan dan peningkatan mutu di SMA Al-Ulum Kota Medan. Jurnal Pendidikan Islam, 09(01), 227–238.

Tilman, A. de A. T. (2024). Pengembangan mutu pendidikan menggunakan pendekatan PDCA terhadap Sekolah EBC Filial Maubisse. Satya Widya, 39(2), 97–105. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p97-105

Turnip, H. (2024). Penggunaan big data untuk optimalisasi pengambilan keputusan di sekolah the use of big data to optimize decision making in schools. 7(8), 3138–3145. https://doi.org/10.56338/jks.v7i8.5971

Turrahmah, F. (2021). Upaya pencapaian dana dalam meningkatkan mutu sekolah dengan proses Total Quality Management (TQM). Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 49–54. https://doi.org/10.21009/jmp.v12i2.11100

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Susanto, T. T. D., Maulida, R., Amelia, A., & Taqiyya, H. (2025). Analisis Metode Pengambilan Keputusan untuk Peningkatan Mutu Sekolah: Tinjauan Pustaka Sistematis terhadap Studi Tahun 2015-2025. Journal of Education Research, 6(3), 597–604. https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2414

Issue

Section

Articles

Categories