Analisis Metode Pengambilan Keputusan untuk Peningkatan Mutu Sekolah: Tinjauan Pustaka Sistematis terhadap Studi Tahun 2015-2025
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2414Keywords:
analisis data pendidikan, model PDCA, mutu sekolah, pendekatan partisipatif, pengambilan keputusanAbstract
Pengambilan keputusan merupakan aspek strategis dalam pengelolaan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini menganalisis efektivitas model Plan-Do-Check-Act (PDCA) dan pendekatan partisipatif dalam pengambilan keputusan, berdasarkan telaah terhadap 10 artikel ilmiah terindeks SINTA yang dipublikasikan pada periode 2015–2025. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi pustaka, kajian ini menyoroti implementasi model pengambilan keputusan, proses perumusan kebijakan, serta dampaknya terhadap mutu layanan pendidikan. Hasil menunjukkan bahwa model PDCA mendukung perencanaan kurikulum, peningkatan profesionalisme guru, dan pengelolaan program sekolah secara berkelanjutan melalui siklus evaluatif. Sementara itu, pendekatan partisipatif memperkuat partisipasi warga sekolah dan masyarakat, membangun kepemilikan terhadap kebijakan, serta menciptakan iklim kerja kolaboratif. Pemanfaatan data pendidikan terbukti meningkatkan objektivitas dan transparansi dalam pengambilan keputusan. Temuan ini menegaskan bahwa keberhasilan model pengambilan keputusan sangat ditentukan oleh kepemimpinan visioner, budaya kolaboratif, serta kesiapan sumber daya dan infrastruktur. Secara teoritis, kajian ini menambah pemahaman tentang sinergi antara pendekatan sistematis dan partisipatif dalam tata kelola sekolah; secara praktis, hasil kajian dapat menjadi acuan bagi sekolah dalam merancang kebijakan yang responsif dan berbasis bukti untuk peningkatan mutu pendidikan.
Downloads
References
Aula, N. A., Maisaroh, H., & Lathifah, U. (2021). Pengembangan mutu sekolah melalui pendekatan TQM. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13910
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Pendidikan 2023. BPS RI.
Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1990). Transformational leadership development: Manual for the multifactor leadership questionnaire. Consulting Psychologists Press.
Damayanty, R., Rezza, M., Rahman, N., & Indrayani, R. (2025). Pembelajaran Al-Qur’an dan Tahfidz di SMP Fastabiqul. (Report, p. 8).
Diansyah, R., Hamzah, H., & Winarso, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap mahasiswa dalam penggunaan online learning (aplikasi sikuli) di UMRI. Jurnal Coscitech (Computer Science and Information Technology), 3(3), 315–324. https://doi.org/10.37859/coscitech.v3i3.4349
Efriani, E., Ahyani, N., & Fattah, A. H. (2021). Implementasi manajemen sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pamator Journal, 14(2), 117–121. https://doi.org/10.21107/pamator.v14i2.11533
Helmawati. (2024). Pengambilan keputusan dalam implementasi manajemen pusat keunggulan untuk meningkatkan mutu lulusan di SMK BPI Bandung. 5(8), 1266–1276.
Khasanah, U., Riyanto, Y., & Setyowati, S. (2023). Total Quality Management (TQM) in education: School quality management for quality educational services at senior high schools. SAR Journal, 6(3), 211–216.
Leithwood, K., & Jantzi, D. (2006). Transformational school leadership for large-scale reform: Effects on students, teachers, and their classroom practices. School Effectiveness and School Improvement, 17(2), 201–227. https://doi.org/10.1080/09243450600565829
Prasojo, L. D. (2016). Manajemen mutu pendidikan. UNY Press.
Putri, D. E., Imron, A., & Sunandar, A. (2019). Kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun citra publik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 213–221. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p213
Sallis, E. (2006). Total quality management in education (3rd ed.). Routledge Falmer.
Samarinda, K., Tqm, T., Pdca, S., Rezza, M., Rahman, N., & Indrayani, R. (2025). Pembelajaran Al-Qur’an dan Tahfidz di SMP Fastabiqul. (Report, p. 8).
Sukirman, S., Suyono, & dkk. (2023). Manajemen pendidikan mutu terpadu. Nuta Media.
Syafaruddin, Napitupulu, D. S., & Harahap, A. S. (2020). Komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam pengambilan keputusan dan peningkatan mutu di SMA Al-Ulum Kota Medan. Jurnal Pendidikan Islam, 09(01), 227–238.
Tilman, A. de A. T. (2024). Pengembangan mutu pendidikan menggunakan pendekatan PDCA terhadap Sekolah EBC Filial Maubisse. Satya Widya, 39(2), 97–105. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p97-105
Turnip, H. (2024). Penggunaan big data untuk optimalisasi pengambilan keputusan di sekolah the use of big data to optimize decision making in schools. 7(8), 3138–3145. https://doi.org/10.56338/jks.v7i8.5971
Turrahmah, F. (2021). Upaya pencapaian dana dalam meningkatkan mutu sekolah dengan proses Total Quality Management (TQM). Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 49–54. https://doi.org/10.21009/jmp.v12i2.11100
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Teguh Trianung Djoko Susanto, Rahmi Maulida, Aas Amelia, Hana Taqiyya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).