Pendekatan Parenting Positif dalam Mengatasi Keterlambatan Bicara di RA Nurul Istiqomah

Authors

  • Fauziah Septya Rahmi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia, Indonesia
  • Nur Fatimah ) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia
  • Debby Adelita Febrianti Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2408

Keywords:

keterlambatan bicara, anak usia dini, parenting positif, stimulasi bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendekatan parenting positif sebagai solusi yang berfokus pada peran aktif orang tua dalam menstimulasi kemampuan berbahasa anak, Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa lingkungan keluarga yang suportif dan penuh interaksi positif dapat menjadi fondasi yang kuat bagi perkembangan bahasa anak. Pendekatan parenting positif diyakini mampu memberikan stimulasi yang tepat dan konsisten, membangun rasa percaya diri anak untuk berkomunikasi, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tanpa tekanan. Metode yang digunakan meliputi analisis literatur dari berbagai studi terkait, observasi terhadap interaksi antara orang tua dan anak, serta wawancara mendalam dengan para ahli di bidang perkembangan anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan parenting positif memiliki potensi signifikan dalam mengatasi keterlambatan bicara. Orang tua yang menerapkan pola asuh yang responsif, memberikan pujian dan dukungan, serta aktif berkomunikasi dengan anak, cenderung berhasil memfasilitasi perkembangan bahasa anak secara optimal. Selain itu, pemahaman orang tua mengenai pentingnya stimulasi bahasa sejak usia dini juga berperan krusial dalam keberhasilan intervensi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa parenting positif merupakan strategi yang menjanjikan dalam mengatasi keterlambatan bicara, serta menekankan pentingnya edukasi dan dukungan bagi orang tua dalam mengimplementasikan pendekatan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A., & Merryana, M. (2020). Hubungan pola asuh dan keterlambatan bicara pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak dan Perkembangan, 12(4), 215–223.

Aronoff, J. L., & Sussman, F. (2022). Early identification of speech and language delays in children. Journal of Pediatric Health Care, 36(1), 45–52.

Aryani, R., & Fauziah, P. (2021). Analisis pola asuh orang tua terhadap keterlambatan bicara pada anak usia dini. Jurnal Psikologi dan Perkembangan Anak, 10(3), 145–153.

Azizah, U. (2023). Keterlambatan bicara dan implikasinya dalam pembelajaran anak usia dini. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–12.

Baker, M. M., Smith, J. L., & Johnson, A. B. (2020). Parental involvement and child development. Journal of Early Childhood Research, 15(3), 123–135.

Bishop, D. V. M. (2021). Speech and language impairments in children. In L. Leonard (Ed.), Handbook of child language disorders (pp. 123–145). Taylor & Francis.

Hasan, N., & Sari, D. (2025). Hubungan pola komunikasi orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah di Kecamatan Tilongkabila. Medic Nutricia: Jurnal Ilmu Kesehatan, 13(3), 31–40.

Husnayani, S. (2021). Peran orang tua dalam menangani masalah kemampuan berbicara anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 78–85.

James, W. (2020). Parenting styles and their influence on child development: The role of parent-child interactions. Journal of Child Psychology and Developmental Science, 61(3), 125–140.

Johnson, M., Williams, R. P., & Lee, K. H. (2021). Growth and cognitive development in early childhood. Journal of Child Development and Growth, 22(4), 452–465.

Lubis, N., & Rizky, M. (2024). Peran orang tua dalam mengembangkan bahasa anak usia dini sesuai dengan tahapan usianya. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(3), 189–197. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1046

Ma’arif, M. A., & Sholikh, D. W. (2022). Mindful parenting: Perspektif orang tua dalam pengasuhan positif untuk anak usia dini. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 3521–3527.

Miftakhur Rohmah, N., Astikasari, N. D., Weto, I., & Rohmah, R. (2019). Analisis pola asuh orang tua dengan keterlambatan bicara pada anak usia 3–5 tahun. Jurnal OKSITOSIN KEBIDANAN STIKES Strada Kediri, 5(1), 33.

Muchlisin, R. (2022). Keterlambatan bicara dan bahasa (speech delay): Definisi dan penanganannya. Kajian Pustaka, 10(2), 45–50.

Nasution, A., & Rahman, F. (2023). Peran orang tua dalam mencegah keterlambatan berbicara pada anak usia 3–5 tahun. Bahterasia, 8(1), 45–52.

Ningrum, D. (2020). Faktor yang mempengaruhi keterlambatan bicara pada anak usia dini: Identifikasi penyebab dan dampaknya. Jurnal Psikologi Anak dan Perkembangan, 8(1), 32–39.

Ockwell-Smith, A. (2020). Gentle parenting: A revolutionary approach to raising children with love and respect. Penguin Books.

Paul, R., & Norbury, C. F. (2021). Language stimulation in early childhood: A key to speech development and delays prevention. Journal of Pediatric Language and Development, 33(7), 435–448.

Prasojo, L. D., & Ahmad, M. (2022). Psikoedukasi positive parenting dalam meningkatkan kemandirian pada anak usia dini. Reswara: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 12–20.

Purnamasari, E. (2021). Pengaruh teknik parenting positif terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal Psikologi Anak dan Remaja, 5(2), 135–145.

Rachmawati, L., & Suryani, E. (2023). Pemahaman pola asuh positif bagi anak usia dini di lingkungan keluarga. Transformatif: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 25–35.

Sardi, M., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2022). Studi kasus strategi dalam menangani speech delay anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 07 Aceh Selatan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 2154–2161.

Sari, E., & Yuliana, R. (2020). Keterlambatan bahasa dan dampaknya pada interaksi sosial anak. Jurnal Psikologi Perkembangan Anak, 6(3), 145–158.

Schwartz, M., & Leonard, L. B. (2020). Gangguan artikulasi dan keterlambatan bahasa pada anak usia dini: Panduan komprehensif. Journal of Child Language Disorders, 56(3), 230–245.

Siegel, D. J., & Bryson, T. P. (2020). The power of showing up: How parental presence shapes who our kids become and how their brains get wired. Ballantine Books.

Wati, D. R. (2021). Gadget dan pengaruhnya pada keterlambatan berbicara (speech delay) pada anak usia dini: Literature review. Jurnal Kesehatan, 2(2), 228–235.

Wiyono, G. H., Hendriani, W., Yoenanto, N. H., & Paramita, P. P. (2024). Peran orang tua terhadap perkembangan bahasa pada anak dengan usia golden age. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 92–99.

Wulandari, E., & Sari, D. (2023). Merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Jurnal Sawwa, 17(2), 123–134.

Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak. Plamboyan Edu, 1(1), 37–44.

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Rahmi, F. S., Fatimah, N., & Febrianti, D. A. (2025). Pendekatan Parenting Positif dalam Mengatasi Keterlambatan Bicara di RA Nurul Istiqomah. Journal of Education Research, 6(3), 551–557. https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2408

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)