Penerapan Sistem Full Day School terhadap Pembentukan Karakter Pelajar Pancasila

Authors

  • Shanti Nugroho Sulistyowati Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Fahimul Amri Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.240

Abstract

Pendidikan karakter merupakan topik penting dalam pendidikan karena terkait dengan banyaknya proses kemerosotan moral yang terjadi di masyarakat. Pengembangan karakter merupakan tanggung jawab bersama yang harus dimulai dari rumah, kelas, dan masyarakat. Pendidikan karakter harus dimulai sejak usia dini. Salah satu upaya untuk membangun karakter anak selama tidak dalam pengawasan orang tua dan kerabat dekat lainnya adalah melalui Full Day School disarankan sebagai. Berdasarkan argumen tersebut, peneliti bermaksud melakukan penelitian untuk mengetahui pembentukan Karakter Pancasila Siswa dengan penerapan sistem Full Day School. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif ini akan dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jombang, dan kegiatan penelitian akan diawali dengan: 1) pengamatan, 2) wawancara, dan 3) kuesioner. Hasil menunjukkan penerapan sistem Full Day School berdampak pada pembentukan karakter pelajar Pancasila, dibuktikan dengan enam elemen karakter pelajar Pancasila yang, diantaranya adalah: (1) keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan akhlak mulia, (2) kebhinekaan global, (3) gotong royong, (4) kemandirian, (5) nalar kritis, dan (6) kreativitas, semua berada pada kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, H. (2015). Full-day school. 71–87.

Alimni, A., Amin, A., & Faaris, M. (2021). Pengaruh Sistem Full Dayschool terhadap Pembentukan Karakter Toleransi di Mi Plus Nur Rahman Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan “EDUKASIA MULTIKULTURA,” 3, 1–13. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/multikultura/article/view/4720/3113

Anggraeni, N., Rohman, B., & Sholichah, A. S. (2020). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Sistem Full Day School: Studi Kasus di SMAN 1 Citeureup. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 59–78. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.54

Annisa, M. N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Dasar, D. S. K. P. dan K. (2023). Profil Pelajar Pancasila. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Kebudayaan, K. P. dan. (n.d.). Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/tentang-kemdikbud/rencana-strategis-renstra

Masrukhin, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak. Https://Binus.Ac.Id/Character-Building/2022/08/Pentingnya-Pendidikan-Karakter-Pada-Anak/. https://binus.ac.id/character-building/2022/08/pentingnya-pendidikan-karakter-pada-anak/

Mubin, M. T. (2020). Full Day School dan Perkembangan Psikologi Anak. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 160–177.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464–468.

Paramita dkk, R. W. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen. Widya Gama Press Stie Widya Gama Lumajang.

Pristiwanti, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.

Qurni, W. Al. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Full Day School Terhadap Interaksi Sosial Dan Sosialisasi Anak Di Lingkungan Masyarakat ( Studi Kasus Di Mts Attaqwa 10 Terpadu Bekasi) Skripsi. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46498

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. 5(20), 7164–7169.

Wahono, T. (2016). Ini Alasan Mendikbud Usulkan “Full Day School.” Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2016/08/08/12462061/ini.alasan.mendikbud.usulkan.full.day.school.

Wicaksono, A. G. (2018). Fenomena Full Day School Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.12

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Sulistyowati, S. N., & Amri, F. (2023). Penerapan Sistem Full Day School terhadap Pembentukan Karakter Pelajar Pancasila. Journal of Education Research, 4(2), 814–822. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.240

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)