Penerapan Sistem Full Day School terhadap Pembentukan Karakter Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.240Abstract
Pendidikan karakter merupakan topik penting dalam pendidikan karena terkait dengan banyaknya proses kemerosotan moral yang terjadi di masyarakat. Pengembangan karakter merupakan tanggung jawab bersama yang harus dimulai dari rumah, kelas, dan masyarakat. Pendidikan karakter harus dimulai sejak usia dini. Salah satu upaya untuk membangun karakter anak selama tidak dalam pengawasan orang tua dan kerabat dekat lainnya adalah melalui Full Day School disarankan sebagai. Berdasarkan argumen tersebut, peneliti bermaksud melakukan penelitian untuk mengetahui pembentukan Karakter Pancasila Siswa dengan penerapan sistem Full Day School. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif ini akan dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jombang, dan kegiatan penelitian akan diawali dengan: 1) pengamatan, 2) wawancara, dan 3) kuesioner. Hasil menunjukkan penerapan sistem Full Day School berdampak pada pembentukan karakter pelajar Pancasila, dibuktikan dengan enam elemen karakter pelajar Pancasila yang, diantaranya adalah: (1) keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan akhlak mulia, (2) kebhinekaan global, (3) gotong royong, (4) kemandirian, (5) nalar kritis, dan (6) kreativitas, semua berada pada kategori baik.
Downloads
References
A, H. (2015). Full-day school. 71–87.
Alimni, A., Amin, A., & Faaris, M. (2021). Pengaruh Sistem Full Dayschool terhadap Pembentukan Karakter Toleransi di Mi Plus Nur Rahman Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan “EDUKASIA MULTIKULTURA,” 3, 1–13. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/multikultura/article/view/4720/3113
Anggraeni, N., Rohman, B., & Sholichah, A. S. (2020). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Sistem Full Day School: Studi Kasus di SMAN 1 Citeureup. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 59–78. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.54
Annisa, M. N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Dasar, D. S. K. P. dan K. (2023). Profil Pelajar Pancasila. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Kebudayaan, K. P. dan. (n.d.). Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/tentang-kemdikbud/rencana-strategis-renstra
Masrukhin, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak. Https://Binus.Ac.Id/Character-Building/2022/08/Pentingnya-Pendidikan-Karakter-Pada-Anak/. https://binus.ac.id/character-building/2022/08/pentingnya-pendidikan-karakter-pada-anak/
Mubin, M. T. (2020). Full Day School dan Perkembangan Psikologi Anak. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 160–177.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464–468.
Paramita dkk, R. W. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen. Widya Gama Press Stie Widya Gama Lumajang.
Pristiwanti, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.
Qurni, W. Al. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Full Day School Terhadap Interaksi Sosial Dan Sosialisasi Anak Di Lingkungan Masyarakat ( Studi Kasus Di Mts Attaqwa 10 Terpadu Bekasi) Skripsi. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46498
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. 5(20), 7164–7169.
Wahono, T. (2016). Ini Alasan Mendikbud Usulkan “Full Day School.” Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2016/08/08/12462061/ini.alasan.mendikbud.usulkan.full.day.school.
Wicaksono, A. G. (2018). Fenomena Full Day School Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.12
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Shanti Nugroho Sulistyowati, Fahimul Amri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).