Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf dengan Media Kartu Huruf Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Paridah Paridah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Joni Joni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Dedi Ahmadi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.24

Keywords:

Kemampuan Mengenal Huruf, Media Kartu Huruf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan model penelitian 2 siklus. Subjek penelitian yaitu 15 aanak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal huruf di RA Habiby. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu berupa observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar obsevasi yang berbentuk cheklist. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun. Pelaksanaan penerapan media kartu huruf siklus 1 ke siklus 2 sebesar 53% MB, dan meningkat dari siklus I ke siklus 2 sebesar 33% MB dan 66,6% BSH. Langkah-langkah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemempuan mengenal huruf sebagai berikut: 1, Setiap kelompok memperoleh kartu huruf, 2. Guru memperkenalkan huruf vokal terlebih dahulu, 3, mengenalkan huruf konsonan, 4. Anak dibimbing untuk menyebutkan huruf kemudian disatuakan menjadi kata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahaman, Mulyono (2003:83) Pendidikan belajar bagi ank berkesulitan belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, s. (2009) Prosedur penelitian. Jakarta, Rineka Cipta.

Dafa. (2010) Langkah –Langkah mengenal huruf. Jakarta: Grafindo

Depdiknas, (2004) kurikulum berbasis TK dan RA, Jakarta: Depdiknas.

Dykstra (1992) Studying of biological education. pp165-169

Ebrahim GJ (1982) Child health in Achanging Environmen. London. Macmillan press.LTD keluarga

Guma dan lincoln dalam Hamdani dan hermala (2008: 70) Bab II kajian pustaka, Teori Pendidikan Anak Usia Dini

Gunarti, winda dkk (2011) Metode pengembangan prilaku dan kemampuan dasar Anak Usia Dini, Jakarta Universitas Terbuka.Hartati

Hasan Alwi (2020) : 88 Kamus Bahasa Indonesia.

Madyawati (2016) Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenda grup.

Mashitoh, dkk. 2004, Strategi pembelajaran TK Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Musfiroh (2008:7) Bermain sambil belajar, Direktori file Perkembangan bahsa Anak Usia Dini

Rusniah (2017) Meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia anak usia dini, Jakarta: Gramedia pustaka utama

Arikunto. (2007) Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit Bumiaksara, Jakarta.

Susanto. A (2010) Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Group.

Suhartono (2005) Penegembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Seefeldt Etianingsih (2015:165) ejournal.unsri.ac.id, belajar huruf adalah kurikulum taman kanak –kanak yang berulang dan bermakna. Metode Penegembnagan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-11-13

How to Cite

Paridah, P., Joni, J., & Ahmadi, D. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf dengan Media Kartu Huruf Usia 5-6 Tahun. Journal of Education Research, 1(3), 213–217. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.24

Citation Check