Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf dengan Media Kartu Huruf Usia 5-6 Tahun

Paridah Paridah(1Mail), Joni Joni(2), Dedi Ahmadi(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
(3) Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Paridah Paridah, Joni Joni, Dedi Ahmadi

DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.24

Download Full Text:   [File Size  : 109KB]  Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan model penelitian 2 siklus. Subjek penelitian yaitu 15 aanak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal huruf di RA Habiby. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu berupa observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar obsevasi yang berbentuk cheklist. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun. Pelaksanaan penerapan media kartu huruf siklus 1 ke siklus 2 sebesar 53% MB, dan meningkat dari siklus I ke siklus 2 sebesar 33% MB dan 66,6% BSH. Langkah-langkah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemempuan mengenal huruf sebagai berikut: 1, Setiap kelompok memperoleh kartu huruf, 2. Guru memperkenalkan huruf vokal terlebih dahulu, 3, mengenalkan huruf konsonan, 4. Anak dibimbing untuk menyebutkan huruf kemudian disatuakan menjadi kata.

Keywords


Kemampuan Mengenal Huruf; Media Kartu Huruf; Kemampuan Mengenal Huruf

References


Abdurrahaman, Mulyono (2003:83) Pendidikan belajar bagi ank berkesulitan belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, s. (2009) Prosedur penelitian. Jakarta, Rineka Cipta.

Dafa. (2010) Langkah –Langkah mengenal huruf. Jakarta: Grafindo

Depdiknas, (2004) kurikulum berbasis TK dan RA, Jakarta: Depdiknas.

Dykstra (1992) Studying of biological education. pp165-169

Ebrahim GJ (1982) Child health in Achanging Environmen. London. Macmillan press.LTD keluarga

Guma dan lincoln dalam Hamdani dan hermala (2008: 70) Bab II kajian pustaka, Teori Pendidikan Anak Usia Dini

Gunarti, winda dkk (2011) Metode pengembangan prilaku dan kemampuan dasar Anak Usia Dini, Jakarta Universitas Terbuka.Hartati

Hasan Alwi (2020) : 88 Kamus Bahasa Indonesia.

Madyawati (2016) Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenda grup.

Mashitoh, dkk. 2004, Strategi pembelajaran TK Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Musfiroh (2008:7) Bermain sambil belajar, Direktori file Perkembangan bahsa Anak Usia Dini

Rusniah (2017) Meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia anak usia dini, Jakarta: Gramedia pustaka utama

Arikunto. (2007) Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit Bumiaksara, Jakarta.

Susanto. A (2010) Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Group.

Suhartono (2005) Penegembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Seefeldt Etianingsih (2015:165) ejournal.unsri.ac.id, belajar huruf adalah kurikulum taman kanak –kanak yang berulang dan bermakna. Metode Penegembnagan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka.


Article Metrics

 Abstract Views : 106 times
 PDF Downloaded : 104 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.