Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Karakter WASAKA Integrasi Model Project Based Learning dan Number Head Together
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2399Keywords:
Project Based Learning, Number Head Together, Keterampilan Proses Sains dan Karakter WASAKAAbstract
Penelitian ini berfokus pada rendahnya keterampilan proses sains serta karakter WASAKA siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, serta menganalisis keterlibatan siswa, perkembangan keterampilan proses sains, karakter WASAKA, dan hasil belajar yang diperoleh dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Lokrawa pada semester genap. Penelitian ini menggunakan kombinasi data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru 94% sangat baik, keaktifan peserta didik klasikal 91% sangat aktif, meningkatnya persentase Keterampilan Proses Sains siswa 93% sangat terampil dan terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik ranah kognitif 100% tuntas, Peningkatan persentase afektif karakter WASAKA (Disiplin dan Tanggung Jawab) 100% dan psikomotorik 87% sangat terampil. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode gabungan Project-Based Learning (PjBL) dan Numbered Heads Together (NHT) efektif dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa serta karakter WASAKA siswa kelas V dalam pembelajaran IPA.
Downloads
References
Arman, A., Annisa, M., & Kartini, K. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berkarakter berbasis integrasi model pembelajaran problem based learning dan keterampilan proses sains. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.90
Dewi, M. P., & Firman, F. (2023). Studi tentang efek lembar kerja praktikum dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas IV SD. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 1(2), 44–48. https://doi.org/10.69688/jpip.v1i2.14
Fahlevi, R., Sari, R., & Jannah, F. (2021). Kajian pelaksanaan pendidikan karakter di SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 1–28.
Hasyim, F. (2018). Mengukur kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika STKIP Al Hikmah Surabaya. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 80–89. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.591
Kamila, N., & Annisa, M. (2024). Meningkatkan aktivitas, karakter peduli lingkungan dan hasil belajar siswa kelas V menggunakan model problem based learning dan make a match berbasis STEAM. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 24(1), 1–10.
Metroyadi, Pratiwi, D. A., & Shalihah, M. (2019). Implementasi kombinasi model pembelajaran Think, Pairs, Share (TPS), Cooperative Script & Make a Match untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Kelayan Timur 12 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 1(5), 151–165.
Noorhapizah, Agusta, A. R., Yunita, L., & Nazhar, M. A. (2019). Anggota: Akhmad Riandy Agusta anggota mahasiswa.
Nurani, R. Z., & Nugraha, F. (2022). Analisis karakter tanggung jawab siswa sekolah dasar dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).
Palettei, A. D., Sulfemi, W. B., & Yusfitriadi, Y. (2021). Tingkat pemahaman kepala sekolah, guru, dan komite sekolah terhadap implementasi standar pengelolaan pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 38–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1592
Prastitasari, H., Annisa, M., Sari, R., Prasetyo, A. R., Jannah, F., & Habibi, H. (2022). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual lahan basah bagi guru SD Negeri Pemurus 2 Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 11(3), 266. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i3.26938
Prayogi, A., & Kurniawan, M. A. (2024). Pendekatan kualitatif dan kuantitatif: Suatu telaah.
Puspita, P. M., & Aslamiah. (2023). Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika menggunakan model PINANDU pada siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3).
Rahimah, & Novitawati. (2023). Meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis matematis, dan hasil belajar siswa menggunakan model Dandelion. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 3(2). https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/6812/5238
Restiana, R., Abidin, Y., & Cahyani, I. (2024). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis STEM terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 3451–3465.
Rizki, M. Z., Helnisa, N., Firnanda, E. D., Annisa, N., Amalia, F., & Pratiwi, D. A. (2024). Strategi guru dalam penerapan kurikulum merdeka di SD Negeri Pengambangan 6 Kota Banjarmasin. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1325–1336.
Rohanah, L., Mirawati, M., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 139–143.
Sakila, R., Lubis, N. F., Saftina, M., & Asriani, D. (2023). Pentingnya peranan IPA dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119–123. https://doi.org/10.37081/adam.v2i1.1380
Shofia, N., & Annisa, M. (2023). Kombinasi problem based learning dan model pembelajaran pemaknaan untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter wasaka siswa sekolah dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 63–73.
Sipayung, R. K., & Dwi, D. F. (2024). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan proses sains tema 4 kelas IV SD. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 239–247. https://doi.org/10.55681/armada.v2i3.1262
Sucipto, H. (2017). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 1(1), 77. https://doi.org/10.28926/Riset_Konseptual.V1i1.10
Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128
Syamina, S., Annisa, N., & Agustina, N. (2021). Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 206. https://doi.org/10.24036/jppf.v7i2.113156
Syifa, S. A., & Annisa, M. (2024). Penerapan model problem based learning, numbered head together, STEM meningkatkan hasil belajar siswa. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2773–2780. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5983
Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). Upaya guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 460. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13671
Wandhani, S. A., & Annisa, M. (2023). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V untuk menanamkan karakter peduli lingkungan menggunakan integrasi model pembelajaran problem based learning, talking stick dan media audio visual di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran (JTPP), 1(2), 365–371.
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
Wiratman, A., & Putri. (2023). Transformasi keterampilan proses sains melalui kooperatif numbered head together untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(4).
Yulanda, & Annisa, M. (2023). Meningkatkan aktivitas belajar, karakter kesadaran lingkungan dan hasil belajar di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(5), 757–769.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Fadeli Mulyadi, Muhsinah Annisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).