The Study Literature Implementasi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Profesionalisme Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.239Abstract
Permasalahan yang menjadi pokok pembahasaan dalam penelitian ini adalah bagaimana usaha dan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Pembahasan penelitian ini menggunakan metode penelitian Literature Review, data diperoleh dengan teknik: menelaah artikel yang berkaitan dengan topik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan bagi kepala sekolah terhadap usaha dan upaya dalam meningkatkan profesionalisme guru di sekolah, bagimana mengatasi kendala yang paling mendasar yang di hadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. Dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi manajemen kepemimpinan kepala sekolah sangat berpengaruh dengan proses peningkatan profesionalisme guru, dengan kata lain seorang kepala sekolah harus paham akan kiat yang dapat dilakukan guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki guru. Terbukti dengan implementasi manajemen kepemimpinan kepala sekolah dari telaah artikel yang dipaparkan diatas bahwa kepala sekolah adalah seseorang yang sangat berpengaruh dan mempengaruhi kinerja guru menjadi efektif dan lebih efesien.
Downloads
References
Achta Pratama, F., & Giatman, M. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Kompetensi Guru. Website: Journal, 7(1), 2503–3506.
Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon, H. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif Di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1975
Azharuddin. (2020). Peran Dan Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Islam Hamzah Fansuri, 3(2), 158–168.
Bahri, S., Armanda, D., & Kurniawan, R. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru (Studi pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kecamatan Lapang Kabupaten Aceh Utara …. … : Jurnal Penelitian Dalam …, 16(2), 248–256. https://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/13695%0Ahttps://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/download/13695/6176
Budiyono, by, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal Supervision and Organizational Climate toward Teacher’s Performance. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities, 2(May), 172–187. www.eresearchjournal.com
Comalasari, E., & Harapan, E. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Manajemen Kelas terhadap Mutu Pembelajaran. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 74–84.
GHOUNANE, N. (2020). Moodle or Social Networks: What Alternative Refuge is Appropriate to Algerian EFL Students to Learn during Covid-19 Pandemic. Arab World English Journal, 11(3), 21–41. https://doi.org/10.24093/awej/vol11no3.2
Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64. https://doi.org/10.30984/jii.v14i1.1100
Hasanah, S. M. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Pandemi Covid 19. INCARE: International Journal of Educational Resources., 01(03), 257–279.
Haudi, H., Fitria, H., & Wahidy, A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kompetensi Profesional Guru. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 118. https://doi.org/10.29210/022031jpgi0005
Kaiman, Arafat, Y., & Mulyadi. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawasan Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 283–289.
Khasanah, U., Kristiawan, M., & Tobari. (2019). The implementation of principals’ academic supervision in improving teachers’ professionalism in the state primary schools. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 1107–1115.
Komalasari, K., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2020). Principal’s Management Competencies in Improving the Quality of Education. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 181–193. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i2.47
Kusmiati, A., Sauri, S., Islam, U., Bandung, N., & Manajemen, K. (2022). Jurnal Pendidikan Indonesia MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU INFO ARTIKEL Diterima : 27-07-2022 Direvisi : 28-07-2022 Disetuji : 30-07-2022 Ai Kusmiati1 *, Sofyan Sauri2 , Helmawati3 * Correspondent Author : Ai Kusmiati
Marce, S., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Faktor Pendukung : Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Administrator dalam Peningkatan Kompotensi Guru. DAWUH: Islamic Communication Journal, 1(2), 76–81. https://siducat.org/index.php/dawuh/article/view/138
Mariana, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas Sekolah Penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10228–10233.
MTs Negeri, D., Ilir, O., & Kristiawan, M. (2020). The Influence of School’s Leadership and Work Motivation toward Teacher’s Discipline. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 2020.
Murtiningsih; Kristiawan M; Lian Bukman. (2019). The Correlation Between Supervision of Headmaster and Interpersonal Communication. European Journal of Education Studies, 6(1), 246–256. https://doi.org/10.5281/zenodo.2649535
Nurdin, A. (2019). Manajemen Pembinaan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Serta Kemampuan Mengajar Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 49.
Radhi’ah, S. (2021). Pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah, Peran Komite, Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah di SMK. Mmp, 4(2), 238–247. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp
Rivayanti, Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalisme Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 10–17.
Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 239. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16740
Safi’i, I., Widodo, S. R., & Pangastuti, R. L. (2020). Analisis Risiko pada UKM Tahu Takwa Kediri terhadap Dampak Pandemi COVID-19. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9(2), 107–114. https://doi.org/10.26593/jrsi.v9i2.4003.107-114
Sari, M. P., Ansori, A., Linda, R., Islam, U., & Nur, A. (2023). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN TELUKBETUNG BANDAR LAMPUNG Abstrak : Zaman globalisasi ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih dan mengalami pertukaran yang sangat cepat . Profesionalisme dalam bidang tersebut sangat diharuskan , terutama profesionalisme guru . Guru yang peka dan tanggap terhadap perubahan- perubahan , pembaharuan serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman . Di sinilah tugas guru untuk senantiasa meningkatkan mutu pendidikan sehingga apa yang diajarkan jelas dan. 02(04), 358–363.
Toprakçi, E., Ferda Beytekin, O., & Chipala, H. C. (2016). A Case Study of Instructional Leadership in Malawian Secondary Schools. Inonu University Journal of the Faculty of Education, 17(3), 169–176. https://doi.org/10.17679/inuefd.17314606
Yenni, Y., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). Peran Instructional Leadership Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(2016), 295–300. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/35
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Annisa Tishana, M. Giatman, Ernawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).