Analisis Tingkat Kualitas Modul Ajar Mahasiswa Jenjang Pendidikan Dasar melalui Pembuatan Modul Ajar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2384Keywords:
Kualitas modul ajar, perangkat pembelajaran, turnitinAbstract
Kualitas modul ajar yang dibuat mahasiswa jenjang pendidikan dasar pada semester sebelumnya masih pada tingkat kualitas rendah dan sedang. Riset ini bertujuan meningkatkan kualitas modul ajar yang dibuat mahasiswa jenjang pendidikan dasar pada tingkat kualitas tinggi. Metode riset yang diadopsi metode penelitian tindakan kelas dengan beberapa modifikasi, dengan tahapan perencanaan/pembuatan modul ajar, pengecekan tingkat plagiat modul ajar melalui aplikasi turnitin, perbaikan, pengecekan kembali dan seterusnya dengan pola siklus hingga kualitas modul ajar yang ditargetkan berada pada tingkat plagiat dibawah 25%. Jumlah sampel riset 25 mahasiswa. Riset menunjukan hasil bahwa semua mahasiswa (100% mahasiswa) melakukan pengecekan tingkat plagiat dengan menggunakan aplikasi turnitin lebih dari satu kali. Nilai rata-rata akhir pengecekan plagiat 5,96%. Kualitas modul ajar mahasiswa jenjang pendidikan dasar meningkat sebesar 80%. Dosen sebaiknya membiasakan mahasiswa untuk mengecek tugas kerja mahasiswa melalui aplikasi turnitin sebelum dikumpulkan.
Downloads
References
Ainin, D., T., Aulia, N., M., & Muafiq. (2023). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar: Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Cendekia, 1(1), 9–13.
Darmansyah, A., Susanti, A., & Rahman, A., A. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3630–3645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6349
Famulaqih, S., & Lukman, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar/Modul Pembelajaran. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.61132/karakter.v1i4.156
Febrianti, R., Sutisnawati, A., & Amalia, A., R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 6199–6212. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8914
Hasanuddin, M., I., Nurharyanto, D., W., Hasanuddin, M., I., & Abdullah, S. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PGSD melalui Peer Teaching pada Perencanaan Pembelajaran SD. Journal of Education Research, 5(4), 4764–4771.
Kusumawardani, D., Supriadi, D., Asril, M., Setiawan, M., M., & Shabrina, R. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar untuk Efektivitas Kurikulum Merdeka bagi Guru Seni. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2024 (SNPPM- 2024), 1(3), 109–123.
Mas’ud, B., Malik, M., A., Hasanuddin, A., I., A., Sya’ih, F., Y., Ningsih, D., Fatirah, A., I., S., Hasdianti, Innawati, Jumarni, Jumiana, & Mirnawati. (2024). Pendampingan Strategi Penyusunan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka bagi Guru SD Gugus X Parepare. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1105–1111. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9020
Murti, K., Kresnadi, H., & Halidjah, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV Kurikulum Merdeka Materi Indonesiaku Kaya Budaya di SDN 24 Pontianak Timur. Journal on Education, 06(01), 6801–6808.
Mustamiroh, & Arafah, A., A. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 4(2), 157–165. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/17478
Nengsih, D., Febrina, W., Maifalinda, Junaidi, Darmansyah, & Demina. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Diklat Review: Jurnal Manajemen Dan Pelatihan, 8(1), 150–158. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.562
Nurhajati, A., R., Simanjuntak, E., M., Hikmatunisa, N., P., Herdiansyah, A., A., Noviyanti, A., Putri, R., E., Salsabila, S., S., & Sapitri, W. (2024). Kesesuaian Modul Ajar Mahasiswa PGSD dengan Karakteristik Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 260–270.
Nurhasanah, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika 1 untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa PGSD Universitas Kuningan. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 67–74. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7017
Pancasari, T., D., Utami, W., T., P., Erissandy, N., & Yuniati. (2023). Analisis Penggunaan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 1 Pengasih. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(3), 316–326. https://doi.org/10.33603/y3e82n11
Patras, Y., E., Kurniani, D., & Hidayat, R. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pengembangan Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(3), 206–219.
Rosmana, P., S., Ruswan, A., Maulida, A., Saputri, P., D., P., N., Anggraini, S., K., P., Handayani, S., Putri, S., K., E., & Tambunan, Y., A., M. (2024). Persiapan Calon Pendidik Terkait Modul Ajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3652–3657.
Sumarni, S., Andika, W., D., Kartika, W., I., Rukiyah, Septiani, Y., Y., Carisa, A., Angraini, M., N., & Oktarina, R. (2024). Pengembangan Modul Ajar PTK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1717–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6411
Utami, G., S. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran (Yohamir, Y. Rimy, P. Artharina, F., & D. Purwanti, Y. (eds.); Pertama). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ramdhan Witarsa, Nurmalina, Yanti Yandri Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).