Penerapan Self-Esteem pada Anak Usia Dini untuk Meminimalisir Kasus Bullying di KB Riyadul Umat

Authors

  • Dwiyani Anggraeni Universitas Pelita Bangsa
  • Muchammad Arif Muchlisin Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.238

Abstract

Setiap anak dilahirkan dengan memiliki harga diri (self-esteem) yang bertujuan agar anak dapat mencintai diri sendiri dan menerima kelebihan maupun kekurangan yang ada pada diri. Namun, dewasa ini marak terjadi kasus bullying yang bersifat sengaja dilakukan dengan tujuan menyakiti korban baik secara emosi maupun fisik. Salah satu cara untuk mengatasi bullying dengan menerapkan self-esteem anak sejak usia dini. Self-esteem ini akan membantu melindungi diri anak dari perasaan rendah diri, merasa tidak berharga dan mampu memberikan perlawanan apabila ada anak lain yang hendak melakukan bullying. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode angket pada KB Riyadul Umat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penerapan self-esteem bagi orang tua murid di KB Riyadul Umat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebesar 91% responden memiliki persetujuan bahwa self-esteem membawa perkembangan positif untuk menyelesaikan masalah bullying dan 9% responden tidak setuju atau tidak memahami peran self-esteem bagi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Ayu. 2022. "Implementasi Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Self-Esteem Anak Usia Dini di TKIT 1 Qubrota A'yun Ponorogo", Skripsi, Institut Agama Islam Negero Ponorogo, 2022.

Alwisol. 2014. Psikolog Kepribadian. Malang: UMM Press.

Ayuni, Daespa. 2021. "Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini", Journal Of Education Research: Vol. 2, No. 3, 2021.

Berecz, J,M. 2009. Theorities of Personality A Zonal Perspective. Boston: Pearson Education, Inc.

Boyd D. & H. Bee. 2006. Lifespan Development. Boston: Pearson Education, Inc.

Dewi, Novi Cahya. 2015. "Pengembangan Harga Diri Anak Usia Dini". Madinah: Jurnal Studi Islam, Vol. 2, No. 2, 2015.

Dina, L.N.A.B. 2020. "Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19," Thufuli, Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 2, No. 1, Tahun 2020.

Ezda, A.U.A. & Widya A.S. 2019. "Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Self Esteem Anak Usia Prasekolah di TK Negeri Pembina III Pekanbaru". Al-Asalmiya Nursing: Jurnal ilmu Keperawatan, Vol. 8, No. 2, 2019.

Fikriyah, Samrotul, dkk. 2022. "Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying", Jurnal Tahsinia, Vol. 3, No. 1, 2022.

Hastuti, Dwi. 2016. "Strategi Pengembangan Harga Diri Anak Usia Dini". Jurnal Pendidikan Sekolah dasar, Vol. 2, No. 2, 2016.

Hidayati, N. 2012. "Bullying pada Anak: Analisis dan Solusi." Jurnal Insan Media Psikologi, Vol. 12, No. 2, Tahun 2012.

Kamaruddin, Ilham. 2022. "Konsep Pengembangan Self-Esteem Pada Anak Untuk Membangun Kepercayaan Diri Sejak Dini", Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Intidaiyah, Vol. 6, No. 3, 2022.

Maliki, A.E., dkk. 2009. "Bullying Problem Among School Children”. Jounal HumEcol, Vol. 25, No. 3, Hal. 209-213. Tahun 2009.

Maria, Ilga & Ria Novianti. 2017. "Pengaruh Pola Asuh dan Bullying Terhadap Harga Diri (Self Esteem) Pada Anak Kelompok B TK di Kota Pekan Baru", EDUCHILD, Vol. 6, No. 1, 2017.

Murphy, A. 2009. Character Education: Dealing with Bullying. New York: Chelsea House Publisher.

Nuramini, Dinar, dkk. 2020. "Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Informasi Mencintai Diri Sendiri Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Korban Bullying". Eproceding of Art & Design : Vol. 7, No. 2, 2020.

Passer, M. & R. Smith. 2001. Psychology Fronties and Applcation. New York: MacGraw-Hill Companies

Ross, D.R. & C.A. Steward. 2011. Social Development. USA: Jhon Wiley and Sons.

Salsabila, Anissa. 2020. "Perancangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Sebagai Media Pencegahan Bullying”. Skripsi. Universitas Mercu Buana Jakarta, 2020.

Santrock, J. 2001. Child Development. New York: MacGraw-Hill Companies.

Santrock, J. 2002. Life-Span Development. New York: MacGraw-Hill Companies.

Saripah, Ipah. 2010. "Model Konseling Kognitif Perilaku Untuk Menanggulangi Bullying Siswa", Proceedings of The 4 International Conference On Theacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung Indonesia, 8-10 November 2010.

Sigalingging, O. P & Motlan Gulton. 2023. "Peranan orang tua dalam mengatasi perundungan (bullying) pada anak.” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Vol. 1, No. 1, 2023.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , R dan D. Bandung: CV Alfabeta.

Suryani, Nidia & Hamidah Rahim. 2022. "Korelasi Self Esteem Dengan Tingkah Laku Sosial Serta Implikasinya pada SD Muhammadiyah IV Padang". Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2, No. 2, 2022.

Wiyani, N. 2016. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-07-13

How to Cite

Anggraeni, D., & Muchlisin, M. A. (2023). Penerapan Self-Esteem pada Anak Usia Dini untuk Meminimalisir Kasus Bullying di KB Riyadul Umat. Journal of Education Research, 4(3), 972–979. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.238

Issue

Section

Articles