Penerapan Self-Esteem pada Anak Usia Dini untuk Meminimalisir Kasus Bullying di KB Riyadul Umat
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.238Abstract
Setiap anak dilahirkan dengan memiliki harga diri (self-esteem) yang bertujuan agar anak dapat mencintai diri sendiri dan menerima kelebihan maupun kekurangan yang ada pada diri. Namun, dewasa ini marak terjadi kasus bullying yang bersifat sengaja dilakukan dengan tujuan menyakiti korban baik secara emosi maupun fisik. Salah satu cara untuk mengatasi bullying dengan menerapkan self-esteem anak sejak usia dini. Self-esteem ini akan membantu melindungi diri anak dari perasaan rendah diri, merasa tidak berharga dan mampu memberikan perlawanan apabila ada anak lain yang hendak melakukan bullying. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode angket pada KB Riyadul Umat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penerapan self-esteem bagi orang tua murid di KB Riyadul Umat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebesar 91% responden memiliki persetujuan bahwa self-esteem membawa perkembangan positif untuk menyelesaikan masalah bullying dan 9% responden tidak setuju atau tidak memahami peran self-esteem bagi anak.
Downloads
References
Agustin, Ayu. 2022. "Implementasi Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Self-Esteem Anak Usia Dini di TKIT 1 Qubrota A'yun Ponorogo", Skripsi, Institut Agama Islam Negero Ponorogo, 2022.
Alwisol. 2014. Psikolog Kepribadian. Malang: UMM Press.
Ayuni, Daespa. 2021. "Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini", Journal Of Education Research: Vol. 2, No. 3, 2021.
Berecz, J,M. 2009. Theorities of Personality A Zonal Perspective. Boston: Pearson Education, Inc.
Boyd D. & H. Bee. 2006. Lifespan Development. Boston: Pearson Education, Inc.
Dewi, Novi Cahya. 2015. "Pengembangan Harga Diri Anak Usia Dini". Madinah: Jurnal Studi Islam, Vol. 2, No. 2, 2015.
Dina, L.N.A.B. 2020. "Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19," Thufuli, Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 2, No. 1, Tahun 2020.
Ezda, A.U.A. & Widya A.S. 2019. "Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Self Esteem Anak Usia Prasekolah di TK Negeri Pembina III Pekanbaru". Al-Asalmiya Nursing: Jurnal ilmu Keperawatan, Vol. 8, No. 2, 2019.
Fikriyah, Samrotul, dkk. 2022. "Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying", Jurnal Tahsinia, Vol. 3, No. 1, 2022.
Hastuti, Dwi. 2016. "Strategi Pengembangan Harga Diri Anak Usia Dini". Jurnal Pendidikan Sekolah dasar, Vol. 2, No. 2, 2016.
Hidayati, N. 2012. "Bullying pada Anak: Analisis dan Solusi." Jurnal Insan Media Psikologi, Vol. 12, No. 2, Tahun 2012.
Kamaruddin, Ilham. 2022. "Konsep Pengembangan Self-Esteem Pada Anak Untuk Membangun Kepercayaan Diri Sejak Dini", Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Intidaiyah, Vol. 6, No. 3, 2022.
Maliki, A.E., dkk. 2009. "Bullying Problem Among School Children”. Jounal HumEcol, Vol. 25, No. 3, Hal. 209-213. Tahun 2009.
Maria, Ilga & Ria Novianti. 2017. "Pengaruh Pola Asuh dan Bullying Terhadap Harga Diri (Self Esteem) Pada Anak Kelompok B TK di Kota Pekan Baru", EDUCHILD, Vol. 6, No. 1, 2017.
Murphy, A. 2009. Character Education: Dealing with Bullying. New York: Chelsea House Publisher.
Nuramini, Dinar, dkk. 2020. "Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Informasi Mencintai Diri Sendiri Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Korban Bullying". Eproceding of Art & Design : Vol. 7, No. 2, 2020.
Passer, M. & R. Smith. 2001. Psychology Fronties and Applcation. New York: MacGraw-Hill Companies
Ross, D.R. & C.A. Steward. 2011. Social Development. USA: Jhon Wiley and Sons.
Salsabila, Anissa. 2020. "Perancangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Sebagai Media Pencegahan Bullying”. Skripsi. Universitas Mercu Buana Jakarta, 2020.
Santrock, J. 2001. Child Development. New York: MacGraw-Hill Companies.
Santrock, J. 2002. Life-Span Development. New York: MacGraw-Hill Companies.
Saripah, Ipah. 2010. "Model Konseling Kognitif Perilaku Untuk Menanggulangi Bullying Siswa", Proceedings of The 4 International Conference On Theacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung Indonesia, 8-10 November 2010.
Sigalingging, O. P & Motlan Gulton. 2023. "Peranan orang tua dalam mengatasi perundungan (bullying) pada anak.” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Vol. 1, No. 1, 2023.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , R dan D. Bandung: CV Alfabeta.
Suryani, Nidia & Hamidah Rahim. 2022. "Korelasi Self Esteem Dengan Tingkah Laku Sosial Serta Implikasinya pada SD Muhammadiyah IV Padang". Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2, No. 2, 2022.
Wiyani, N. 2016. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Dwiyani Anggraeni, Muchammad Arif Muchlisin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).