Strategi Manajemen Pemasaran dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2376Keywords:
Manajemen Pemasaran, Kualitas Pendidikan, Sekolah DasarAbstract
Berdasarkan penelitian sebelumnya manajemen pemasaran sangat berpengauh dalam meningkatkan kualitas pendidikan peningkatan kualitas pengajaran, manajemen kebijakan, katerlibatan orang tua, fasilitas lingkungan sekolah, serta pengembangan karakter kesejahteraan siswa. Penelitian ini melihat permasalahan bahwa kuranya pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pemasaran kualitas pendidikan di sekolah dasar kota bekasi. Terlihat sekolah masih menyebarkan brosur dan pamplet dalam memasarkan untuk mencari peserta didik sementara pada era digital sangat berpengaruh dalam pemarasan kualitas pendidikan. Serta terlihat beberapa sekolah menempelka spanduk promosi pada pepohonan da tembok pembatas jalanan yang sering dilewati masyarakat. Sementara banyak cara yang dapat dilakukan dalam pengenalan sekolah dengan pemanfataan teknologi terutama sosial media. Hal ini terlihat kurang optimalnya sekolah dalam melakukan manajemen pemasaran. Metodologi dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian terlihat yaitu manajemen pemasaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar pada kota bekasi dilihat dari : 1) membangun brend sekolah. 2) promosi kegiata academik dan non academik, 3) mengunakan sosial media untuk pembelajaran.
Downloads
References
Amin, A., & Alinur, A. (2022). Strategi manajemen pemasaran pendidikan dalam peningkatan kualitas sekolah di MTs Annurain Lonrae. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(2), 96–107. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v12i2.2779
Drista, V. N. (2022). Meningkatkan kualitas pendidikan melalui sistem pembelajaran yang tepat di desa Tiram. AL QUWWAH: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 193–209. https://doi.org/10.32923/aq.v2i2.2892
Efendi., et al. (2024). Strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial di Min 1 Parigi. [Nama Jurnal Tidak Diketahui], 4(2), 1–23.
Hariyanto, S. (2018). Sistem informasi manajemen. Sistem Informasi Manajemen, 9(1), 80–85. https://jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/viewFile/75/69
Junaris, I., & Haryanti, N. (2020). Manajemen pemasaran pendidikan. [Nama Jurnal/Buku Tidak Diketahui], 1–23.
Latifah, A., Warisno, A., & Hidayah, N. (2021). Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan di MA Nurul Islam Jati Agung. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 72–81.
Moleong, L. J. (2009). Penelitian kualitatif. Alfabeta.
Salehah, A. (2018). Manajemen kearsipan dalam ketatausahaan di MIN 3 Pringsewu [Skripsi/Tesis].
Sugiyono. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tambak, S. P., Maulidya, A., & Khairani, K. (2023). Tujuan manajemen pendidikan Islam. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(2), 515–528. https://doi.org/10.47467/manageria.v3i2.3180
Terry, G. R., & Franklin, S. G. (1982). Principles of management (8th ed.). Richard D. Irwin, Inc.
Terry, G. R. (1972). Principles of management. Richard D. Irwin, Inc.
Walker, O. C., & Mullins, J. W. (2014). Marketing strategy: A decision-focused approach (8th ed.). McGraw-Hill Education.
Walker, O. C., Boyd, H. W., Mullins, J. W., & Larreché, J.-C. (2003). Marketing strategy: A decision-focused approach (5th ed.). McGraw-Hill/Irwin.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Suriyanti Suriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






