Strategi Manajemen Pemasaran dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar Kota Bekasi

Authors

  • Suriyanti Suriyanti Universitas Pelita Bangsa. Indonesia  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2376

Keywords:

Manajemen Pemasaran, Kualitas Pendidikan, Sekolah Dasar

Abstract

Berdasarkan penelitian sebelumnya manajemen pemasaran sangat berpengauh dalam meningkatkan kualitas pendidikan peningkatan kualitas pengajaran, manajemen kebijakan, katerlibatan orang tua, fasilitas lingkungan sekolah, serta pengembangan karakter kesejahteraan siswa. Penelitian ini melihat permasalahan bahwa kuranya pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pemasaran kualitas pendidikan di sekolah dasar kota bekasi. Terlihat sekolah masih menyebarkan brosur dan pamplet dalam memasarkan untuk mencari peserta didik sementara pada era digital sangat berpengaruh dalam pemarasan kualitas pendidikan. Serta terlihat beberapa sekolah menempelka spanduk promosi pada pepohonan da tembok pembatas jalanan yang sering dilewati masyarakat. Sementara banyak cara yang dapat dilakukan dalam pengenalan sekolah dengan pemanfataan teknologi terutama sosial media. Hal ini terlihat kurang optimalnya sekolah dalam melakukan manajemen pemasaran. Metodologi dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian terlihat yaitu manajemen pemasaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar pada kota bekasi dilihat dari : 1) membangun brend sekolah. 2) promosi kegiata academik dan non academik, 3) mengunakan sosial media untuk pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, A., & Alinur, A. (2022). Strategi manajemen pemasaran pendidikan dalam peningkatan kualitas sekolah di MTs Annurain Lonrae. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(2), 96–107. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v12i2.2779

Drista, V. N. (2022). Meningkatkan kualitas pendidikan melalui sistem pembelajaran yang tepat di desa Tiram. AL QUWWAH: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 193–209. https://doi.org/10.32923/aq.v2i2.2892

Efendi., et al. (2024). Strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial di Min 1 Parigi. [Nama Jurnal Tidak Diketahui], 4(2), 1–23.

Hariyanto, S. (2018). Sistem informasi manajemen. Sistem Informasi Manajemen, 9(1), 80–85. https://jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/viewFile/75/69

Junaris, I., & Haryanti, N. (2020). Manajemen pemasaran pendidikan. [Nama Jurnal/Buku Tidak Diketahui], 1–23.

Latifah, A., Warisno, A., & Hidayah, N. (2021). Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan di MA Nurul Islam Jati Agung. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 72–81.

Moleong, L. J. (2009). Penelitian kualitatif. Alfabeta.

Salehah, A. (2018). Manajemen kearsipan dalam ketatausahaan di MIN 3 Pringsewu [Skripsi/Tesis].

Sugiyono. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tambak, S. P., Maulidya, A., & Khairani, K. (2023). Tujuan manajemen pendidikan Islam. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(2), 515–528. https://doi.org/10.47467/manageria.v3i2.3180

Terry, G. R., & Franklin, S. G. (1982). Principles of management (8th ed.). Richard D. Irwin, Inc.

Terry, G. R. (1972). Principles of management. Richard D. Irwin, Inc.

Walker, O. C., & Mullins, J. W. (2014). Marketing strategy: A decision-focused approach (8th ed.). McGraw-Hill Education.

Walker, O. C., Boyd, H. W., Mullins, J. W., & Larreché, J.-C. (2003). Marketing strategy: A decision-focused approach (5th ed.). McGraw-Hill/Irwin.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Suriyanti, S. (2025). Strategi Manajemen Pemasaran dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar Kota Bekasi. Journal of Education Research, 6(4), 1085–1091. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2376

Issue

Section

Articles

Categories