Hubungan Interaksi Guru-Siswa dan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2372Keywords:
Interaksi guru dengan siswa, minat belajar siswa, mata pelajaran EkonomiAbstract
Interaksi guru-siswa yang baik penting bagi peningkatan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi guru-siswa dan minat belajar pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Advent Unklab. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif-korelatif dan pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik convenience sampling sehingga terkumpul 78 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner tentang interaksi guru-siswa dan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat interaksi guru-siswa selama pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,71. Sementara itu, minat belajar siswa juga berada pada kategori tinggi dengan nilai rata- rata 3,56. Analisis korelasi Pearson Correlation menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi guru dengan siswa dan minat belajar siswa p=,003>.05, dengan nilai korelasi r = 0,336. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik interaksi antara guru dan siswa, semakin tinggi minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Diperlukan upaya pengembangan kemampuan guru dalam membangun komunikasi kelas yang efektif, baik lewat pelatihan maupun penambahan keterampilan secara mandiri, mengingat kontribusi positif yang dapat diberikan bagi peningkatan minat belajar siswa.
Downloads
References
Aftiani, R. Y., Khairinal, K., & Suratno, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e- book berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan kemandirian belajar dan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21743
Aminah, D., & Yahya, M. (2020). Dinamika interaksi guru dan siswa pada pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan Kelas XI Akuntansi Di SMKN 3 Sukoharjo [Universitas Muhammadiyah Surakarta].
Bimantara, S., Khosmas, K., & Okianna, O. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7), 3–6.
Hashina, H. (2022). Hubungan Interaksi Interpersonal Guru-Siswa dengan Hasil Belajar Biologi di Madrasah Aliyah Kota Medan (Studi Kasus pada Masa Pandemi Covid-19) [FITK UIN Syarif Hidayatullah].
Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.31332/atdb.v8i2.416
Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI). https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52
Jelahut, F. E. (2022). Aneka teori dan jenis penelitian kualitatif. https://doi.org/10.31219/osf.io/ymzqp.
Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva’ie, W. (2018). Faktor penyebab menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(2), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i2.9025
Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). eran guru dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. As-Sabiqun, 5(6), 1677–1693. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4086
Mubarok, I. (2023). Hubungan interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2022/2023. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/9052/1/193111026_ILHAM_SKRIPSI.pdf
Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 1–10. http://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831
Putra, D. E., Hefni, H., & Erningsih, E. (2022). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa dan strategi guru meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8913–8920. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3792
Rahmawan, O. (2019). Pengaruh kreativitas guru dalam mengelola proses pembelajaran terhadap minat belajar siswa (Penelitian Survey Terhadap Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Islam Cipasung Tahun Pelajaran 2019/2020 [Universitas Siliwangi].
Ramadhani, D. (2018). Pengaruh interaksi guru—siswa dan lingkungan belajar terhadap minat belajar Ekonomi siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(6), 524–532.
Rochmatika, Y. O. (2015). Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015 . Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rozaini, N., & Anti, S. D. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar. Jurnal Niagawan, 6(2), 1–6. https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8335
Said, K. (2023). Peranan teknologi digital sebagai media pembelajaran di era abad 21. Jurnal Penkomi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi , 6(2), 194–202. https://doi.org/10.33627/pk.62.1300
Shazlinda, N. S. (2019). Pengaruh komunikasi guru dengan siswa terhadap perilaku belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMA Negeri 15 Bone . Universitas Negeri Makassar.
Sobari, F. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Di SMP Negeri 1 Jonggol. FITK UIN.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian Pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suharni, S. (2016). Pola interaksi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 2 Pinrang. Universitas Negeri Makassar.
Supriyono, S. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar , 2(1), 43–48.
Surasa, N. N. , W. M. , & U. S. H. (2017). Proses belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran ekonomi SMA . Universitas Negeri Malang.
Suryati, I. (2016). Pengaruh keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap hasil belajar Siswa Kelas X IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 3–7.
Syamsuriana, N., Anggerwati, A. I., & Hikma, N. (2022). Status sosial ekonomi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. YUME: Journal of Management, 5(3), 452–462. https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3374
Ulya, L., Sucipto, S., & Fathurohman, I. (2021). Analisis kecanduan game online terhadap kepribadian sosial anak. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 11121119.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Wisnu, H., Islam, B., Hidayatullah, M., & Jaelani, S. R. (2023). Teachers’ Creativity in Improving Students’ Interest n Learning English. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 367–376. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.347
Yasin, M., & Nasution, F. R. (2022). Pola interaksi sosial guru terhadap murid Kelas XI di SMK Negeri 1 Muara Wahau. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 298–305. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i3.854
Yolanda, F. , Armita, F., Egianto, F., Wahyuni, L. A., Cahyani, R., Rahayu, S., & Saputri, T. (2024). Studi literatur: Korelasi bivariat menggunakan uji korelasi koefisien kontingensi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18300–18312. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.15041
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Elizabeth Meiske Maythy Lasut

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






