Hubungan Interaksi Guru-Siswa dan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Elizabeth Meiske Maythy Lasut Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Klabat  Indonesia
  • Dea Sukur Pendidikan Ekonomi, Universitas Klabat  Indonesia
  • Andrew Christian Aseng Pendidikan Ekonomi, Universitas Klabat  Indonesia
  • Junior Samuel Lakat Pendidikan Ekonomi, Universitas Klabat  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2372

Keywords:

Interaksi guru dengan siswa, minat belajar siswa, mata pelajaran Ekonomi

Abstract

Interaksi guru-siswa yang baik penting bagi peningkatan minat belajar siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi guru-siswa dan minat belajar pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Advent Unklab. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif-korelatif dan pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik convenience sampling sehingga terkumpul 78 responden.  Data dikumpulkan melalui kuesioner tentang interaksi guru-siswa dan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat interaksi guru-siswa selama pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,71. Sementara itu, minat belajar siswa juga berada pada kategori tinggi dengan nilai rata- rata 3,56. Analisis korelasi Pearson Correlation menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi guru dengan siswa dan minat belajar siswa p=,003>.05, dengan nilai korelasi r = 0,336. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik interaksi antara guru dan siswa, semakin tinggi minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi.  Diperlukan upaya pengembangan kemampuan guru dalam membangun komunikasi kelas yang efektif, baik lewat pelatihan maupun penambahan keterampilan secara mandiri, mengingat kontribusi positif yang dapat diberikan bagi peningkatan minat belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aftiani, R. Y., Khairinal, K., & Suratno, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e- book berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan kemandirian belajar dan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21743

Aminah, D., & Yahya, M. (2020). Dinamika interaksi guru dan siswa pada pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan Kelas XI Akuntansi Di SMKN 3 Sukoharjo [Universitas Muhammadiyah Surakarta].

Bimantara, S., Khosmas, K., & Okianna, O. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7), 3–6.

Hashina, H. (2022). Hubungan Interaksi Interpersonal Guru-Siswa dengan Hasil Belajar Biologi di Madrasah Aliyah Kota Medan (Studi Kasus pada Masa Pandemi Covid-19) [FITK UIN Syarif Hidayatullah].

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.31332/atdb.v8i2.416

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI). https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52

Jelahut, F. E. (2022). Aneka teori dan jenis penelitian kualitatif. https://doi.org/10.31219/osf.io/ymzqp.

Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva’ie, W. (2018). Faktor penyebab menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(2), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i2.9025

Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). eran guru dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. As-Sabiqun, 5(6), 1677–1693. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4086

Mubarok, I. (2023). Hubungan interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2022/2023. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/9052/1/193111026_ILHAM_SKRIPSI.pdf

Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 1–10. http://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831

Putra, D. E., Hefni, H., & Erningsih, E. (2022). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa dan strategi guru meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8913–8920. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3792

Rahmawan, O. (2019). Pengaruh kreativitas guru dalam mengelola proses pembelajaran terhadap minat belajar siswa (Penelitian Survey Terhadap Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Islam Cipasung Tahun Pelajaran 2019/2020 [Universitas Siliwangi].

Ramadhani, D. (2018). Pengaruh interaksi guru—siswa dan lingkungan belajar terhadap minat belajar Ekonomi siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(6), 524–532.

Rochmatika, Y. O. (2015). Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015 . Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rozaini, N., & Anti, S. D. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar. Jurnal Niagawan, 6(2), 1–6. https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8335

Said, K. (2023). Peranan teknologi digital sebagai media pembelajaran di era abad 21. Jurnal Penkomi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi , 6(2), 194–202. https://doi.org/10.33627/pk.62.1300

Shazlinda, N. S. (2019). Pengaruh komunikasi guru dengan siswa terhadap perilaku belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMA Negeri 15 Bone . Universitas Negeri Makassar.

Sobari, F. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Di SMP Negeri 1 Jonggol. FITK UIN.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian Pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Suharni, S. (2016). Pola interaksi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 2 Pinrang. Universitas Negeri Makassar.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar , 2(1), 43–48.

Surasa, N. N. , W. M. , & U. S. H. (2017). Proses belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran ekonomi SMA . Universitas Negeri Malang.

Suryati, I. (2016). Pengaruh keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap hasil belajar Siswa Kelas X IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 3–7.

Syamsuriana, N., Anggerwati, A. I., & Hikma, N. (2022). Status sosial ekonomi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. YUME: Journal of Management, 5(3), 452–462. https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3374

Ulya, L., Sucipto, S., & Fathurohman, I. (2021). Analisis kecanduan game online terhadap kepribadian sosial anak. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 11121119.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Wisnu, H., Islam, B., Hidayatullah, M., & Jaelani, S. R. (2023). Teachers’ Creativity in Improving Students’ Interest n Learning English. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 367–376. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.347

Yasin, M., & Nasution, F. R. (2022). Pola interaksi sosial guru terhadap murid Kelas XI di SMK Negeri 1 Muara Wahau. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 298–305. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i3.854

Yolanda, F. , Armita, F., Egianto, F., Wahyuni, L. A., Cahyani, R., Rahayu, S., & Saputri, T. (2024). Studi literatur: Korelasi bivariat menggunakan uji korelasi koefisien kontingensi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18300–18312. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.15041

Downloads

Published

2025-11-03

How to Cite

Lasut, E. M. M., Sukur , D., Aseng , A. C., & Lakat , J. S. (2025). Hubungan Interaksi Guru-Siswa dan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. Journal of Education Research, 6(4), 1021–1028. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2372

Issue

Section

Articles

Categories