Partisipasi Orang Tua dalam Gerakan Sekolah Sehat di TK Negeri Pembina Kabupaten Gresik

Authors

  • Mafulah Mafulah Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Gunarti lestari Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • ali yusuf Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2350

Keywords:

Partisipasi orang tua, Gerakan Sekolah Sehat, PAUD, kesehatan anak, pendidikan

Abstract

Partisipasi orang tua dalam Gerakan Sekolah Sehat memiliki peran penting dalam mendukung tumbuh kembang anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk keterlibatan orang tua dalam implementasi Gerakan Sekolah Sehat di TK Negeri Pembina Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan observasi serta wawancara dengan orang tua, guru, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berpartisipasi dalam berbagai aspek kesehatan, seperti penyediaan makanan sehat, pendampingan imunisasi, kegiatan olahraga bersama, serta menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Faktor pendukung partisipasi meliputi kesadaran akan pentingnya kesehatan anak dan komunikasi baik dengan sekolah, sementara hambatan utamanya adalah kesibukan kerja, kurangnya pemahaman, dan kondisi sosial-ekonomi. Sehingga, optimalisasi peran orang tua dalam Gerakan Sekolah Sehat memerlukan strategi yang tepat, termasuk sosialisasi intensif dan dukungan dari sekolah serta pemerintah. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda Sari, R., & Fuad Zaini Siregar, M. (2024). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. In Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 5(3).

Anggraini, L., Rianti, E., Idris Addayan, M., Junhaniah, R. R., Ramadani, D., Chairunnisa, R. R., Nur Permadi, A., & Yapi Akbar, M. (2023). Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TK Pelangi Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(1), 156. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i1.432

Christin Souisa, F., Dwi Lestari, G., & Yusuf, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 752–765. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.616

Creswell, J. W. (2016). Qualitative Inquiry & Research Design (Vol. 19, Issue 5).

Dharma, E., Waruwu, P., Warouw, S. P., Sinaga, J., Dakhi, R. A., & Girsang, V. I. (2024). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penerimaan Orang Tua Pada Pemberian Imunisasi Nopv2 (Novel Oral Polio Vaccine Type 2) Anak Usia 0-59 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Mandrehe Kabupaten Nias Barat. 8(3).

Fauziah, D. (2023). Penerapan Asupan Gizi Seimbang Untuk Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan Di RA Tunas Harapan Ranca Emas. Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku, 2(1), 67–74. https://doi.org/10.54801/piaudku.v2i1.189

Fitriya, U. K., Surabaya, U. N., & Timur, J. (2022). Marhaban Ya Balapan : Siasat Membangun Eksistensi Geng Motor “ Squad Landasan Pacu Ledok ” Dalam Fenomena Ramadhan Race di Mojokerto Marhaban Ya Balapan : A Strategy to Build the Existence of the “ Squad Landasan Pacu Ledok ” Motorcycle Gang in the Ramadh. 07(2), 127–146.

Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri, Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Dalam E-Business. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.17051

Hidayah, N., Lestari, G. D., & Artha, I. K. A. J. (2022). Parent and Child Communication Patterns in Early Childhood Emotional Social Development. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 618(Ijcah), 1130–1135. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.197

Husna Handayani, P. (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2), 46–56. https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8774

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kemendikbud Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. In Kementrian pendidikan dan kebudayaan (pp. 1–23).

Khotimah, R., & Syafril, S. (2024). Identifikasi Siswa Berbakat dan Bertalenta pada Anak Usia Dini : Tinjauan Pustaka. Journal of Education Research, 0738(4), 5804–5813.

Laila, K. (2020). Partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini pada kelompok bermain di ra muslimat nu 21 kota malang skripsi. In Skripsi. http://etheses.uin-malang.ac.id/23655/

Lestari, G. (2023). Pengasuhan Anak: Teori Dan Praktik Baik ( editor bayfa Cendekia (ed.)).

Lestari, G. D., Roesminingsih, M. V., Widodo, W., & Sari, D. P. (2022). Learning at Home Anak Usia Dini Terdampak Covid 19 : Peran Orang tua dalam Pendampingannya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3601–3612. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1229

Lestari, G. D., Widodo, W., Yusuf, A., & Widyaswari, M. (2023). Implementasi Komunikasi Positif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4791–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4896

Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665

MUZAKKIR. (2016). Partisipasi Pendidik Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Pada Siswa Kelas Vi Di Sdn 20 Kodingare Kecamatan. Pulau Sembilan Kabupaten. Sinjai. In Fakultas tarbiyah keguruan UIN aluddin makassar (Vol. 13, Issue 3).

Nuzul Fathah, S., Dwi Lestari, G., & Yulianingsih, W. (2024). Peran Orang Tua dan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1051–1061. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.590

Pangeran, G. B., Zumaro, A., & Khusnadin, M. H. (2025). Pendidikan Sosial Berbasis Islam : Pendekatan Terpadu dalam Membangun Karakter dan Persatuan Masyarakat. Journal of Education Research, 0738(1), 61–69.

Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd. Trenda A. Oktariyanda, M. A. . (2015). Metodologi Penelitian: Kualitatif dan Kuantitatif. In Rake Sarasin.

Rahman, A., Niko, N., Studi, P., Antropologi, P., & Makassar, U. N. (2024). Dukungan Orangtua terhadap Kegiatan Belajar dan Bekerja pada Anak Sekolah di Wilayah Perdesaan. Journal of Education Research 4485 Dukungan, 5(4), 4485–4495.

Rasyid, A. (n.d.). Partisipasi Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Desa Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone.

Tanjung, R. (2020). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 64–73. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.18

Widaryanti, R. (2022). Penurunan Masalah Gizi Pada Anak Usia Dini Melalui Edukasi PMT-AS. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1168–1173. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.10762

Wiwin Yulianingsih, Gunarti Dwi Lestari, Soedjarwo, Monica Widyaswari, M. S. B. (2021). Self-Management Strategies Bagi Santri Di Sma Trensains Tebuireng Jombang. Communnity Development Journal, 2(3), 1087–1095.

Wulansari, S. (2023). Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Islam pada Dimensi Bernalar Kritis untuk Usia 5-6 Tahun di TK Islam Hidayatullah Semarang. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 519–528. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3304

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Mafulah, M., Lestari, G., & Yusuf, A. (2025). Partisipasi Orang Tua dalam Gerakan Sekolah Sehat di TK Negeri Pembina Kabupaten Gresik . Journal of Education Research, 6(3), 558–566. https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2350

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check