Efektivitas Pendekatan Solution Focused Brief Counseling dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2344Keywords:
SFBC (Solution Focused Brief Counseling), prokrastinasi akademik, manajemen waktuAbstract
Tingginya tingkat prokrastinasi akademik di SMA Negeri 8 Banjarmasin menjadi tantangan bagi guru dan pihak sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Solution Focused Brief Counseling (SFBC) dalam mengurangi perilaku menunda tugas akademik siswa. Prokrastinasi akademik berdampak negatif pada kinerja siswa, terutama dalam manajemen waktu dan penyelesaian tugas. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan model Intact-Group Comparison, di mana satu kelompok dibagi menjadi kelompok eksperimen yang menerima perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Kelompok eksperimen dilaksanakan selama 6 kali sesi konseling dengan menggunakan 5 langkah tahapan yaitu; membangun hubungan kolaboratif, merumuskan tujuan spesifik, membangun solusi, memfasilitasi pemahaman dan kesadaran serta evaluasi dan tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SFBC membantu siswa mengelola waktu dan memanajemen pengerjaan tugasnya dengan lebih baik serta meningkatkan kinerja akademik. Terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dengan hasil Sig. 2-tailed sebesar 0,001 (< 0,05), sehingga hipotesis alternatif diterima, hal ini membuktikan bahwa Solution Focused Brief Counseling efektif dalam menurunkan prokrastinasi akademik siswa kelas X SMA Negeri 8 Banjarmasin. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi praktik pendidikan di Indonesia.
Downloads
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Adirasa Hadi Prastyo, D. (2021). Bookchapter Catatan Pembelajaran Dosen di Masa Pandemi Covid-19. Nuta Media.
Al Habsy, B., Rahmawati, A., Ariyanti, D. W., Zahro, C. I., & Santoso, H. R. P. (2024). Pendekatan solution focused brief counseling dalam konseling kelompok. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(4), 14.
Arofah, L., & Nawantara, R. D. (2018). Pengembangan Panduan Solution Focused Brief Counseling Untuk Guru BK Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Kediri. Jurnal Bikotetik, 2(01), 100–104.
Asri, D. N. (2018). Prokrastinasi akademik: Teori dan riset dalam perspektif pembelajaran berbasis proyek dan self-regulated learning. Unipma Press.
Bakar, A. Y. A., & Suranata, K. (2020). Application of solution-focused brief therapy (SFBT) to help clients with anxiety issues. Bisma The Journal of Counseling, 4(1), 16–20.
Cikka, H. (2020). Konsep-konsep esensial dari teori dan model perencanaan dalam pembangunan pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2).
Eka Bhayu Firmansyach, M., Kusdaryani, W., & Wahyu Lestari, F. (2023). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Kota Semarang. Journal on Education, 05(04), 12738–12751. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2262
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., Duha, M. M., Laia, B., Luahambowo, B., & Fai, S. (2022). Prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri di kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162–168.
Lase, I. P. S. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Promosi Jabatan dan Hubungan Interpersonal terhadap Keputusan Kerja Pegawai Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nias. Jurnal Education and Development, 9(2), 600–602.
Makaria, E. C. (2018). Evaluation study on implementation of home visit service through cse-ucla model in SMP Negeri 2 Anjir Muara. 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018), 68–71.
Mufidah, H., Fitri, L., Adirama, D. R., Pedhu, Y., Grace, G., & Rundupadang, A. (n.d.). Pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Negeri 14 Jakarta.
Mulawarman, P. D. (2023). SFBC (Solution-Focused Brief Counseling) Konseling Singkat Berfokus Solusi: Konsep, Riset, dan Prosedur. Prenada Media.
Naraswari, I. A. M. D., Suranata, K., Suarni, N. K., & Gading, I. K. (2021). Solution-focused brief counseling in educational setting: a systematic literature review. Konselor, 10(3), 86–91.
Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran guru bimbingan dan konseling terhadap prokrastinasi akademik siswa Di SMA Negeri 1 Aramo Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 31–39.
Nirmala, Y. T., Susilo, A. T., & Suryawati, C. T. (2023). Studi kepustakaan penerapan solution-focused brief therapy (SFBT) dalam bimbingan dan konseling. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 7(1), 18–26.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.
Sanggasurya, L., & Mamahit, H. C. (2021). Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Marie Joseph Kelapa Gading. Psiko Edukasi, 19(2), 151–165.
Sari, N. P., Setiawan, M. A., & Makaria, E. C. (2022). Pengantar Bimbingan dan Konseling Komunitas Lahan Basah: Dari Visi Keilmuan Menuju Pusat Pengembangan. Deepublish.
Sari, N. P., Sulistiyana, S., & Rusandi, M. A. (2022). Modul teknik self-instruction untuk penerapan nilai waja sampai kaputing (wasaka). Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 55–63.
Sulaiman, M. A., Sulistiyana, S., & Makaria, E. C. (2022). Kontribusi self-regulation dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Banjarmasin. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(1), 18–27.
Wusqa, S. R. (2023). Efektivitas Solution Focused Brief Counseling (SFBC) Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa MTSN 1 Banda Aceh. UIN Ar-raniry
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Gazali Rahman, Nina Permata Sari, Eklys Cheseda Makaria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).