Persepsi Mahasiswa Tentang Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Islam Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2343Keywords:
teknologi, artificial intelligence, Bahasa arab, pendidikanAbstract
Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) telah memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. AI menawarkan beragam kemudahan, mulai dari otomatisasi hingga personalisasi pengalaman belajar, sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terhadap penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat diperoleh wawasan yang lebih mendalam mengenai pandangan mahasiswa terhadap penerapan AI dalam pembelajaran Bahasa Arab serta implikasinya terhadap proses belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PBA UMSIDA memandang AI sebagai alat bantu yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Arab, khususnya dalam aspek penerjemahan dan pelafalan. AI yang sering digunakan mahasiswa ChatGPT. Namun, mahasiswa tetap memerlukan bimbingan akademik untuk memahami aspek linguistik secara lebih mendalam serta menangkap nilai-nilai budaya yang terkandung dalam bahasa tersebut.
Downloads
References
Annisa, N., Nurdin, N., & Syahid, A. (2024). Integrasi Teknologi dan Kecerdasan Buatan Manusia dalam Menigkatkan Pendidikan Islam. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 3(1), 316–322. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/3257
Berliana, J. I., Winantoro, R. C., & Damariswara, R. (2024). Analisis Penggunaan Ai Dalam Mengerjakan Tugas Pada Mahasiswa Universitas Nusantara Pgri Kediri Prodi Pgsd Kelas 1c. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 9724–9731. https://doi.org/10.31004/JRPP.V7I3.30459
Boentolo, F., Manu, C.-C. C. R., Saragih, O. G., & Zalukhu, S. (2024). Peran Guru Memanfaatkan Ai Dalam Membangun Generasi Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48
Djakfar Musthafa, F. A. (2024). Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran: Fenomena Transformasi Otoritas Pengetahuan di Kalangan Mahasiswa. Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1), 125–136. https://doi.org/10.25217/jcie.v4i1.4386
Farwati, M., Talitha Salsabila, I., Raihanun Navira, K., Sutabri, T., & Bina Darma Palembang, U. (2023). Analisa Pengaruh Teknologi Artificial Intelligence (Ai) Dalam Kehidupan Sehari-Hari. JURSIMA, 11(1), 39–45. https://doi.org/10.47024/JS.V11I1.563
Fauziyati, W. R. (2023). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2180–2187. https://doi.org/10.31004/JRPP.V6I4.21623
Fitrah, Moh. A., Farizzy, M. Al, Depriyanto, D., & Machmudah, U. (2024a). Aplikasi Artificial Intelligence Al-Qalam dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Mahāraṭ al-Kitābah); Peluang dan Tantangan. Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 4(2), 1–20. https://doi.org/10.30984/ALMASHADIR.V4I2.1245
Fitrah, Moh. A., Farizzy, M. Al, Depriyanto, D., & Machmudah, U. (2024b). Aplikasi Artificial Intelligence Al-Qalam dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Mahāraṭ al-Kitābah); Peluang dan Tantangan. Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 4(2), 1–20. https://doi.org/10.30984/ALMASHADIR.V4I2.1245
Gleneagles, D. B., Larasyifa, F., & Fawaiz, R. (2024). Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar dan Pembelajaran. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 107–116. https://doi.org/10.5281/ZENODO.11364580
Jamil, H., & Sardiyanah, S. (2020). Eksistensi Metode Qawaid Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Revolusi 4.0. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.47435/NASKHI.V2I1.289
Khalilah, Z., Afif, M. N., Gamal, M., & Amalia, S. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Berbahasa Arab Pada Alumni Pondok Pesantren Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Uin Sumatera Utara. Nashr Al-Islam: Jurnal Kajian Literatur Islam, 6(3), 483. https://journalpedia.com/1/index.php/jkli/article/view/3226
Kusumaningrum, H., Hakim, A. R., Rajab, A. R. N., & Kiram, R. F. (2024). Implementasi Model Manajemen Strategik Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(3), 115–127. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i3.1577
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., Susilawati, E.. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/7119
Murdani, E., Uin, Z., Muhammad, A., Samarinda, I., Fuadi, N., Uin, R., Maulani, A., Uin, Y., & Roziqi, M. A. (2025). Minat Mahasiswa Menggunakan ChatGPT dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Studi pada Mahasiswa PBA UINSI Samarinda. Borneo Journal of Language and Education, 5(1), 155–168. https://doi.org/10.21093/BENJOLE.V5I1.10189
Nuriyah, L., & Hikmah, K. (2023). Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab Era COVID-19 di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 2(4). https://doi.org/10.47134/EMERGENT.V2I4.11
Nursaid, N., Hafrison, M., Marlini, M., Ningsih, A. G., Indriyani, V., & Kurniawan, K. (2023). Training on Using Prezi as an Innovative Learning Media. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 608–615. https://doi.org/10.31849/DINAMISIA.V7I3.13456
Nursifa Yahya, R., Nur Azizah, S., Tri Herlambang, Y., & Artikel, G. (2024). Pemanfaatan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa: Sebuah Tinjauan Etika Teknologi dalam Perspektif Filsafat. UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.30812/UPGRADE.V1I2.3481
Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(02), 473–486. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.975
Rachmayanti, I., Arifin Alatas, M., Kunci, K., Buatan, K., & Arab, B. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 214—226-214—226. https://doi.org/10.19105/GHANCARAN.VI.11752
Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287
Robbani, A. S., Atmantika, Z. H., & Bhavani, S. G. A. E. (2023). The Use of ChatGPT among Arabic Language and Literature Students: Opportunities and Challenges. Insyirah: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Studi Islam, 6(2), 203–215. https://doi.org/10.26555/INSYIRAH.V6I2.9440
Rohmawaty, E. N., Hilmi, D., Sholih, M., Uqba, S., & Saleh, U. S. (2024). Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 316–328. https://doi.org/10.55606/KHATULISTIWA.V4I3.4023
Rusdiana, R., & AR, M. R. (2024). Pemanfaatan Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Artificial Intelegent (Ai) Pada Pendidikan Islam. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 69–84. https://doi.org/10.47732/ADB.V7I2.513
Rusman, I., Nurmala, Nurasti, Rahmadania, Wahyuni, & Qadrianti, L. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 3, 42–46. https://doi.org/10.47435/SENTIKJAR.V3I0.3138
Sabillah, S., Safitri, A., Basuki, B., Nur, F., & Habibi, A. (2025). Penggunaan Artificial Intelligence dalam Proses Audit: Sudut Pandang Etika Islam. Jurnal EQUITY, 28(1), 1–14. https://doi.org/10.34209/EQU.V28I1.7256
Sahabuddin, A. (2023). ChatGPT: Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus : Mahasiswa ITBM Polman di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.59903/EBUSSINESS.V3I1.63
Sarif, S., & Ar, A. (2024). Efektivitas Artificial Intelligence Text to Speech dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.47435/NASKHI.V6I1.2697
Subiyantoro, S., Degeng, I. N. S., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2023). Exploring the Impact of AI-Powered Chatbots (Chat GPT) on Education: A Qualitative Study on Benefits and Drawbacks. Jurnal Pekommas, 8(2), 157–168. https://doi.org/10.56873/JPKM.V8I2.5206
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; ke 2). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Sofia Yustiyani Suryandari, Ed.; ke 5). Alfabeta.
Suwarta, N., Susanto, J., Kusbandrijo, B., Fradana, A. N. (2023). Identitas Feminisme Indonesia Dalam Buku Sarinah. PARAFRASE : Jurnal Kajian Kebahasaan & Kesastraan, 23(1), 46–59. https://doi.org/10.30996/PARAFRASE.V23I1.8564
Syahira, S., Kartini, K., Sulistyahadi, S., & Prafiadi, S. (2023). Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Tentang Penggunaan Ai Dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(2), 263–269. https://doi.org/10.31540/JPP.V17I2.2630
Syamsu, M., Masduki, U., Pakkanna, M., Pratama, R. (2024). Inovasi Digital Dengan Teknologi Artificial Intelligence Untuk Mendukung Pertumbuhan Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(3), 3254–3264. https://doi.org/10.31764/JMM.V8I3.23436
Ul Zakiyah, N., Ameera, V., Elsa Ritonga, A., Aisah, N., Awwaliyah Lingga, S., & Akmalia, R. (2024). Penggunaan AI dalam Dunia Pendidikan. Mahira: Journal of Arabic Studies, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.55380/MAHIRA.V4I1.797
Yasmar, R., & Amalia, D. R. (2024). Analisis Swot Penggunaan Chat Gpt Dalam Dunia Pendidikan Islam. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 15(1), 43–64. https://doi.org/10.47625/fitrah.v15i1.668
Zebua, R. S. Y., Khairunnisa, K., Hartatik, H., Pariyadi, P., Wahyuningtyas, D. P., Thantawi, A. M., Sudipa, I. G. I., Prayitno, H., Sumakul, G. C., Sepriano, S., Kharisma, L. P. I., Efitra, E., & Nur Safitri. (2023). Fenomena Artificial Intelligence (Ai). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Aunur Shabur Maajid Amadi, Khizanatul Hikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).