Persepsi Mahasiswa Tentang Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Islam Indonesia

Authors

  • Aunur Shabur Maajid Amadi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Khizanatul Hikmah Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2343

Keywords:

teknologi, artificial intelligence, Bahasa arab, pendidikan

Abstract

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) telah memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. AI menawarkan beragam kemudahan, mulai dari otomatisasi hingga personalisasi pengalaman belajar, sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terhadap penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat diperoleh wawasan yang lebih mendalam mengenai pandangan mahasiswa terhadap penerapan AI dalam pembelajaran Bahasa Arab serta implikasinya terhadap proses belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PBA UMSIDA memandang AI sebagai alat bantu yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Arab, khususnya dalam aspek penerjemahan dan pelafalan. AI yang sering digunakan mahasiswa ChatGPT. Namun, mahasiswa tetap memerlukan bimbingan akademik untuk memahami aspek linguistik secara lebih mendalam serta menangkap nilai-nilai budaya yang terkandung dalam bahasa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, N., Nurdin, N., & Syahid, A. (2024). Integrasi Teknologi dan Kecerdasan Buatan Manusia dalam Menigkatkan Pendidikan Islam. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 3(1), 316–322. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/3257

Berliana, J. I., Winantoro, R. C., & Damariswara, R. (2024). Analisis Penggunaan Ai Dalam Mengerjakan Tugas Pada Mahasiswa Universitas Nusantara Pgri Kediri Prodi Pgsd Kelas 1c. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 9724–9731. https://doi.org/10.31004/JRPP.V7I3.30459

Boentolo, F., Manu, C.-C. C. R., Saragih, O. G., & Zalukhu, S. (2024). Peran Guru Memanfaatkan Ai Dalam Membangun Generasi Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48

Djakfar Musthafa, F. A. (2024). Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran: Fenomena Transformasi Otoritas Pengetahuan di Kalangan Mahasiswa. Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1), 125–136. https://doi.org/10.25217/jcie.v4i1.4386

Farwati, M., Talitha Salsabila, I., Raihanun Navira, K., Sutabri, T., & Bina Darma Palembang, U. (2023). Analisa Pengaruh Teknologi Artificial Intelligence (Ai) Dalam Kehidupan Sehari-Hari. JURSIMA, 11(1), 39–45. https://doi.org/10.47024/JS.V11I1.563

Fauziyati, W. R. (2023). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2180–2187. https://doi.org/10.31004/JRPP.V6I4.21623

Fitrah, Moh. A., Farizzy, M. Al, Depriyanto, D., & Machmudah, U. (2024a). Aplikasi Artificial Intelligence Al-Qalam dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Mahāraṭ al-Kitābah); Peluang dan Tantangan. Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 4(2), 1–20. https://doi.org/10.30984/ALMASHADIR.V4I2.1245

Fitrah, Moh. A., Farizzy, M. Al, Depriyanto, D., & Machmudah, U. (2024b). Aplikasi Artificial Intelligence Al-Qalam dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Mahāraṭ al-Kitābah); Peluang dan Tantangan. Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 4(2), 1–20. https://doi.org/10.30984/ALMASHADIR.V4I2.1245

Gleneagles, D. B., Larasyifa, F., & Fawaiz, R. (2024). Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar dan Pembelajaran. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 107–116. https://doi.org/10.5281/ZENODO.11364580

Jamil, H., & Sardiyanah, S. (2020). Eksistensi Metode Qawaid Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Revolusi 4.0. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.47435/NASKHI.V2I1.289

Khalilah, Z., Afif, M. N., Gamal, M., & Amalia, S. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Berbahasa Arab Pada Alumni Pondok Pesantren Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Uin Sumatera Utara. Nashr Al-Islam: Jurnal Kajian Literatur Islam, 6(3), 483. https://journalpedia.com/1/index.php/jkli/article/view/3226

Kusumaningrum, H., Hakim, A. R., Rajab, A. R. N., & Kiram, R. F. (2024). Implementasi Model Manajemen Strategik Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(3), 115–127. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i3.1577

Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., Susilawati, E.. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/7119

Murdani, E., Uin, Z., Muhammad, A., Samarinda, I., Fuadi, N., Uin, R., Maulani, A., Uin, Y., & Roziqi, M. A. (2025). Minat Mahasiswa Menggunakan ChatGPT dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Studi pada Mahasiswa PBA UINSI Samarinda. Borneo Journal of Language and Education, 5(1), 155–168. https://doi.org/10.21093/BENJOLE.V5I1.10189

Nuriyah, L., & Hikmah, K. (2023). Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab Era COVID-19 di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 2(4). https://doi.org/10.47134/EMERGENT.V2I4.11

Nursaid, N., Hafrison, M., Marlini, M., Ningsih, A. G., Indriyani, V., & Kurniawan, K. (2023). Training on Using Prezi as an Innovative Learning Media. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 608–615. https://doi.org/10.31849/DINAMISIA.V7I3.13456

Nursifa Yahya, R., Nur Azizah, S., Tri Herlambang, Y., & Artikel, G. (2024). Pemanfaatan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa: Sebuah Tinjauan Etika Teknologi dalam Perspektif Filsafat. UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.30812/UPGRADE.V1I2.3481

Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(02), 473–486. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.975

Rachmayanti, I., Arifin Alatas, M., Kunci, K., Buatan, K., & Arab, B. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 214—226-214—226. https://doi.org/10.19105/GHANCARAN.VI.11752

Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287

Robbani, A. S., Atmantika, Z. H., & Bhavani, S. G. A. E. (2023). The Use of ChatGPT among Arabic Language and Literature Students: Opportunities and Challenges. Insyirah: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Studi Islam, 6(2), 203–215. https://doi.org/10.26555/INSYIRAH.V6I2.9440

Rohmawaty, E. N., Hilmi, D., Sholih, M., Uqba, S., & Saleh, U. S. (2024). Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 316–328. https://doi.org/10.55606/KHATULISTIWA.V4I3.4023

Rusdiana, R., & AR, M. R. (2024). Pemanfaatan Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Artificial Intelegent (Ai) Pada Pendidikan Islam. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 69–84. https://doi.org/10.47732/ADB.V7I2.513

Rusman, I., Nurmala, Nurasti, Rahmadania, Wahyuni, & Qadrianti, L. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 3, 42–46. https://doi.org/10.47435/SENTIKJAR.V3I0.3138

Sabillah, S., Safitri, A., Basuki, B., Nur, F., & Habibi, A. (2025). Penggunaan Artificial Intelligence dalam Proses Audit: Sudut Pandang Etika Islam. Jurnal EQUITY, 28(1), 1–14. https://doi.org/10.34209/EQU.V28I1.7256

Sahabuddin, A. (2023). ChatGPT: Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus : Mahasiswa ITBM Polman di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.59903/EBUSSINESS.V3I1.63

Sarif, S., & Ar, A. (2024). Efektivitas Artificial Intelligence Text to Speech dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.47435/NASKHI.V6I1.2697

Subiyantoro, S., Degeng, I. N. S., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2023). Exploring the Impact of AI-Powered Chatbots (Chat GPT) on Education: A Qualitative Study on Benefits and Drawbacks. Jurnal Pekommas, 8(2), 157–168. https://doi.org/10.56873/JPKM.V8I2.5206

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; ke 2). Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Sofia Yustiyani Suryandari, Ed.; ke 5). Alfabeta.

Suwarta, N., Susanto, J., Kusbandrijo, B., Fradana, A. N. (2023). Identitas Feminisme Indonesia Dalam Buku Sarinah. PARAFRASE : Jurnal Kajian Kebahasaan & Kesastraan, 23(1), 46–59. https://doi.org/10.30996/PARAFRASE.V23I1.8564

Syahira, S., Kartini, K., Sulistyahadi, S., & Prafiadi, S. (2023). Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Tentang Penggunaan Ai Dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(2), 263–269. https://doi.org/10.31540/JPP.V17I2.2630

Syamsu, M., Masduki, U., Pakkanna, M., Pratama, R. (2024). Inovasi Digital Dengan Teknologi Artificial Intelligence Untuk Mendukung Pertumbuhan Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(3), 3254–3264. https://doi.org/10.31764/JMM.V8I3.23436

Ul Zakiyah, N., Ameera, V., Elsa Ritonga, A., Aisah, N., Awwaliyah Lingga, S., & Akmalia, R. (2024). Penggunaan AI dalam Dunia Pendidikan. Mahira: Journal of Arabic Studies, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.55380/MAHIRA.V4I1.797

Yasmar, R., & Amalia, D. R. (2024). Analisis Swot Penggunaan Chat Gpt Dalam Dunia Pendidikan Islam. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 15(1), 43–64. https://doi.org/10.47625/fitrah.v15i1.668

Zebua, R. S. Y., Khairunnisa, K., Hartatik, H., Pariyadi, P., Wahyuningtyas, D. P., Thantawi, A. M., Sudipa, I. G. I., Prayitno, H., Sumakul, G. C., Sepriano, S., Kharisma, L. P. I., Efitra, E., & Nur Safitri. (2023). Fenomena Artificial Intelligence (Ai). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

2025-04-11

How to Cite

Amadi, A. S. M., & Hikmah, K. (2025). Persepsi Mahasiswa Tentang Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Islam Indonesia. Journal of Education Research, 6(2), 291–301. https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2343

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)