Penanaman Kedisiplinan pada Kelompok Bermain Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.234Abstract
Studi pendahuluan menemukan permasalahan bahwa pendidik masih kesulitan dalam menanamkan sikap disiplin pada anak, namun pada kurikulum merdeka belajar, pendidikan harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini. Berdasarkan aturan pemerintahan tentang pembaharuan kurikulum KTSP menjadi kurikulum merdeka yaitu penguatan karakter menjadi profil pelajar Pancasila, sehingga guru kesulitan dalam penanaman nilai karakter terutama karakter kedisiplinan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan melakukan penelitian tentang “Penanaman Kedisiplinan Anak Di Kelompok Bermain Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dolumentasi untuk pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah penanaman kedisiplinan kelompok bermain Laboratoriun Universitas Negeri Padang yaitu memberikan komunikasi, pembiasaan, diskusi. Dilihat dari karakter anak berdasarkan kurikulum 1) sikap anak menunggu giliran, 2) taat terhadap aturan sehari-hari, 3) mendengar orang lain berbicara.
Downloads
References
A.Rahmi ,Mahyuddin, N. (2020). Design & Application of Storyboard in Teaching Characters for Children Aged 6–8 Years. 44(Icece 2019), 97–100. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.019
Chairul. A. K. Analisis Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Cikarang Selatan Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2023). 1 , 2 1,2. 9(20), 1–7.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama
Desfandi, Syiah, & Banda, K. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. 2(1), 31–37. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661
Fitroh, S. F., Dwi, E., Sari, N., Studi, P., Guru, P., Anak, P., … Madura, U. T. (1978). DONGENG SEBAGAI MEDIA PENANAMAN KARAKTER
Hadiyanto. (2016). Membantu Guru Meningkatkan Pendidikan Karakter menuju Bangsa yang Beradabmelalui Perbaikan Iklim Kelas. http://www.seminars.unj.ac.id/konaspi/
Juhriati, I., & Rahmi, A. (n.d.). Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147
Lestari, Rahayu Sri. 2016. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak It Az Zahra Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Skripsi.(http:// repository.radenintan.ac.id) Diakses tanggal 4 Mei 2017
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mei-ju, dkk. (2014). The Beauty of Character Education on Preschool Children ’ s Parent-Child Relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 527–533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431
Soetjiningsih, Christiana Hari. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta
Syarbini, Amirulloh. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta: Prima Pustaka.
Rahmi, A. M., & Muchlisin, M. A. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Cikarang Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 10–17. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3188/2405
Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini ( Strategi Membangun Karakter Di Usia Emas). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Wiyani, Novan Ardy. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Azi Matur Rahmi, Dwiyani Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).