Penanaman Kedisiplinan pada Kelompok Bermain Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang

Authors

  • Azi Matur Rahmi Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Dwiyani Anggraeni Universitas Pelita Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.234

Abstract

Studi pendahuluan menemukan permasalahan bahwa pendidik masih kesulitan dalam menanamkan sikap disiplin pada anak, namun pada kurikulum merdeka belajar, pendidikan harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini. Berdasarkan aturan pemerintahan tentang pembaharuan kurikulum KTSP menjadi kurikulum merdeka yaitu penguatan karakter menjadi profil pelajar Pancasila, sehingga guru kesulitan dalam penanaman nilai karakter terutama karakter kedisiplinan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan melakukan penelitian tentang “Penanaman Kedisiplinan Anak Di Kelompok Bermain Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dolumentasi untuk pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah penanaman kedisiplinan kelompok bermain Laboratoriun Universitas Negeri Padang yaitu memberikan komunikasi, pembiasaan, diskusi. Dilihat dari karakter anak berdasarkan kurikulum 1) sikap anak menunggu giliran, 2) taat terhadap aturan sehari-hari, 3) mendengar orang lain berbicara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Rahmi ,Mahyuddin, N. (2020). Design & Application of Storyboard in Teaching Characters for Children Aged 6–8 Years. 44(Icece 2019), 97–100. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.019

Chairul. A. K. Analisis Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Cikarang Selatan Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2023). 1 , 2 1,2. 9(20), 1–7.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama

Desfandi, Syiah, & Banda, K. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. 2(1), 31–37. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661

Fitroh, S. F., Dwi, E., Sari, N., Studi, P., Guru, P., Anak, P., … Madura, U. T. (1978). DONGENG SEBAGAI MEDIA PENANAMAN KARAKTER

Hadiyanto. (2016). Membantu Guru Meningkatkan Pendidikan Karakter menuju Bangsa yang Beradabmelalui Perbaikan Iklim Kelas. http://www.seminars.unj.ac.id/konaspi/

Juhriati, I., & Rahmi, A. (n.d.). Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147

Lestari, Rahayu Sri. 2016. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak It Az Zahra Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Skripsi.(http:// repository.radenintan.ac.id) Diakses tanggal 4 Mei 2017

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mei-ju, dkk. (2014). The Beauty of Character Education on Preschool Children ’ s Parent-Child Relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 527–533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431

Soetjiningsih, Christiana Hari. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta

Syarbini, Amirulloh. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta: Prima Pustaka.

Rahmi, A. M., & Muchlisin, M. A. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Cikarang Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 10–17. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3188/2405

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini ( Strategi Membangun Karakter Di Usia Emas). Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Rahmi, A. M., & Anggraeni, D. (2023). Penanaman Kedisiplinan pada Kelompok Bermain Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Journal of Education Research, 4(3), 911–917. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.234

Issue

Section

Articles

Citation Check