Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Hulahoop: Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Ulfa Kiranti Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Masganti Sit Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2339

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 4–5 tahun melalui permainan hulahoop. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 10 anak (6 perempuan dan 4 laki-laki). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada kemampuan motorik kasar anak. Pada Siklus I, rata-rata pencapaian kemampuan motorik kasar anak mencapai 62%, dengan indikator kelancaran gerakan, keseimbangan, dan kreativitas belum optimal. Setelah dilakukan perbaikan pada Siklus II, persentase pencapaian meningkat menjadi 86%. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas permainan hulahoop dalam memperkuat koordinasi dan kontrol tubuh anak. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru PAUD untuk mengintegrasikan permainan motorik yang menarik dan terstruktur sebagai bagian dari strategi pembelajaran yang mendukung tumbuh kembang anak secara menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, W., & Luthfi, W. D. (2020). Pengaruh kegiatan keterampilan menganyam terhadap peningkatan perkembangan motorik halus anak prasekolah usia 5–6 tahun di TK Mardisiwi Desa Kedondong Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.

Efraim, W. Y., Pramono, P., & Maningtyas, R. D. T. (2024). Pengaruh penggunaan media simpai (hulahoop) terhadap peningkatan koordinasi gerak mata dan tangan pada anak usia 5–6 tahun di TK Dharma Wanita Pelem. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 133–139.

Hidayah, R. L., Khan, R. I., & Utomo, H. B. (2022). Pengembangan permainan sirkuit BAKBOL (Bak Bola) untuk mengasah kemampuan motorik kasar anak usia 4–5 tahun.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak (Jilid 1, Edisi keenam). Erlangga.

Manurung, P., Saragih, A. H., & Hasibuan, P. (2024). A study of the philosophy of education and analysis of the principles of implementing education according to the Al-Qur'an. Pharos Journal of Theology, 105(2).

Manurung, P., Tanjung, K., Kurniati, M., Siregar, M., & Maslan, M. (2024). Kegiatan perlombaan keagamaan bagi anak-anak: Upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa mengikuti perlombaan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 699–706.

Manurung, P. (2020a). Multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12.

Manurung, P. (2020b). Strategi pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris pada Pondok Pesantren Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(1), 107–117.

Novitasari, R., Nasirun, M., & Delrefi, D. (2019). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain dengan media hulahoop pada anak kelompok B PAUD Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12.

Nabila, A., Karta, I. W., & Irmayani, A. (2023). Meningkatkan kemampuan fisik motorik melalui permainan hula hoop modifikasi di TK Negeri Pembina Ampenan. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 309–312.

Rahmayuni, N., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan permainan hulahop dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 535–541.

Saleha, S. (2020). Model pengembangan permainan tradisional engklek untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian anak usia dini. [Tidak disebutkan nama jurnal, jika ada, sertakan].

Sherina, S., & Rangkuti, D. (2022). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain dengan media hulahoop pada anak kelompok B di TK Pagar Merbau Tahun Ajaran 2021–2022. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 44–49.

Sistiarini, R. D. (2021). Pengembangan permainan sirkuit Animove untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar anak usia 5–6 tahun. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 46–61.

Sit, M. (2022). Pengembangan permainan simpai: Stimulasi kecerdasan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5066–5078.

Downloads

Published

2025-04-14

How to Cite

Kiranti, U., & Sit, M. (2025). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Hulahoop: Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Usia 4-5 Tahun. Journal of Education Research, 6(2), 386–395. https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2339

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check