Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Hulahoop: Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2339Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 4–5 tahun melalui permainan hulahoop. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 10 anak (6 perempuan dan 4 laki-laki). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada kemampuan motorik kasar anak. Pada Siklus I, rata-rata pencapaian kemampuan motorik kasar anak mencapai 62%, dengan indikator kelancaran gerakan, keseimbangan, dan kreativitas belum optimal. Setelah dilakukan perbaikan pada Siklus II, persentase pencapaian meningkat menjadi 86%. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas permainan hulahoop dalam memperkuat koordinasi dan kontrol tubuh anak. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru PAUD untuk mengintegrasikan permainan motorik yang menarik dan terstruktur sebagai bagian dari strategi pembelajaran yang mendukung tumbuh kembang anak secara menyeluruh.
Downloads
References
Anggraini, W., & Luthfi, W. D. (2020). Pengaruh kegiatan keterampilan menganyam terhadap peningkatan perkembangan motorik halus anak prasekolah usia 5–6 tahun di TK Mardisiwi Desa Kedondong Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun
Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.
Efraim, W. Y., Pramono, P., & Maningtyas, R. D. T. (2024). Pengaruh penggunaan media simpai (hulahoop) terhadap peningkatan koordinasi gerak mata dan tangan pada anak usia 5–6 tahun di TK Dharma Wanita Pelem. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 133–139.
Hidayah, R. L., Khan, R. I., & Utomo, H. B. (2022). Pengembangan permainan sirkuit BAKBOL (Bak Bola) untuk mengasah kemampuan motorik kasar anak usia 4–5 tahun.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak (Jilid 1, Edisi keenam). Erlangga.
Manurung, P., Saragih, A. H., & Hasibuan, P. (2024). A study of the philosophy of education and analysis of the principles of implementing education according to the Al-Qur'an. Pharos Journal of Theology, 105(2).
Manurung, P., Tanjung, K., Kurniati, M., Siregar, M., & Maslan, M. (2024). Kegiatan perlombaan keagamaan bagi anak-anak: Upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa mengikuti perlombaan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 699–706.
Manurung, P. (2020a). Multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12.
Manurung, P. (2020b). Strategi pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris pada Pondok Pesantren Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(1), 107–117.
Novitasari, R., Nasirun, M., & Delrefi, D. (2019). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain dengan media hulahoop pada anak kelompok B PAUD Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12.
Nabila, A., Karta, I. W., & Irmayani, A. (2023). Meningkatkan kemampuan fisik motorik melalui permainan hula hoop modifikasi di TK Negeri Pembina Ampenan. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 309–312.
Rahmayuni, N., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan permainan hulahop dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 535–541.
Saleha, S. (2020). Model pengembangan permainan tradisional engklek untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian anak usia dini. [Tidak disebutkan nama jurnal, jika ada, sertakan].
Sherina, S., & Rangkuti, D. (2022). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain dengan media hulahoop pada anak kelompok B di TK Pagar Merbau Tahun Ajaran 2021–2022. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 44–49.
Sistiarini, R. D. (2021). Pengembangan permainan sirkuit Animove untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar anak usia 5–6 tahun. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 46–61.
Sit, M. (2022). Pengembangan permainan simpai: Stimulasi kecerdasan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5066–5078.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ulfa Kiranti, Masganti Sit

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).