Strategi dan Tantangan dalam Menerapkan Pembelajaran Inklusif pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di Tadika Tunasku Sayang Al-Fikh Orchard, Port Klang, Selangor, Malaysia)

Authors

  • Faj’riah Nurul Hasanah Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Zailani Zailani Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2330

Keywords:

Pembelajaran inklusif, tantangan, anak usia dini, anak berkebutuhan khusus

Abstract

Pembelajaran inklusif berupaya memberikan kesempatan yang setara bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Namun, implementasinya menghadapi berbagai tantangan yang perlu diidentifikasi dan diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan serta strategi dalam menerapkan pembelajaran inklusif pada anak usia dini di Tadika Tunasku Sayang Al Fikh Orchard, Port Klang, Selangor, Malaysia. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara mendalam dengan tenaga pendidik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tantangan utama dalam pembelajaran inklusif di tingkat PAUD adalah keterbatasan sumber daya dan fasilitas, serta kurangnya pelatihan bagi guru dalam menangani anak dengan kebutuhan khusus. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang berfokus pada hambatan umum, penelitian ini menawarkan strategi konkret seperti penyediaan ruang sensorik, peningkatan jumlah tenaga pendidik, pelatihan bahasa isyarat, serta penggunaan media pembelajaran yang lebih adaptif. Selain itu, peningkatan kapasitas guru melalui program pelatihan berkelanjutan menjadi langkah kunci dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran inklusif. Implikasi dari penelitian ini tidak hanya relevan bagi Tadika Tunasku Sayang, tetapi juga dapat diterapkan di institusi pendidikan anak usia dini lainnya. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi pembuat kebijakan dalam merancang kebijakan pendidikan inklusif yang lebih efektif, termasuk alokasi dana untuk pengembangan fasilitas dan program pelatihan guru. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi dalam memperkuat praktik pendidikan inklusif yang lebih optimal dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal anak berkebutuhan khusus: Tuna grahita, down syndrome dan autisme. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–14.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.

Biantoro, O. F. (2024). Pendidikan inklusif di Indonesia: Peluang dan tantangan. Afkaruna: International Journal of Islamic Studies (AIJIS), 2(1), 24–33.

Fauzi, A., & Wahyu, N. (2024). Konsep etika bermasyarakat dalam Al-Qur’an perspektif surat Al-Hujurat ayat 13 dan relevansinya di era digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(10).

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., & Waris, L. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Get Press.

Griselda, R., Tedjokoesoemo, P. E. D., & Suprobo, F. P. (2022). Designing space for autism. LPPM Universitas Kristen Petra.

Hanung, A., & Annapi’a, S. A. (2019). Hubungan lama pendampingan dengan kemampuan kemandirian anak autis di Asrama dan Hiperaktif Arogya Klaten. Jurnal Komunikasi Kesehatan, 10(2).

Hidayat, A. H., Rahmi, A., Nurjanah, N. A., Fendra, Y., & Wismanto. (2024). Permasalahan penerapan pendidikan inklusi di Sekolah Dasar. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 102–111. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i2.189

Huda, N., & Hermina, D. (2024). Pengolahan hasil non-test angket, observasi, wawancara dan dokumenter. Student Research Journal, 2(3), 259–273.

Isnaeni, R. F., & Latipah, E. (2021). Perkembangan seksual anak usia dini (0-6 tahun) dan stimulasinya. Jurnal Golden Age, 5(2), 252–262.

Jamaludin, G. M., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Menanamkan karakter toleransi di sekolah dasar inklusi melalui pendidikan multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 13–19.

Juntak, J. N. S., Alfredo Rynaldi, Sukmawati, E., Arafah, M., & Sukomardojo, T. (2023). Mewujudkan pendidikan untuk semua: Studi implementasi pendidikan inklusif di Indonesia. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah, 5(2), 205–214.

Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1-12.

Manurung, P., Saragih, A. H., & Hasibuan, P. (2024). A Study of the Philosophy of Education and Analysis of the Principles of Implementing Education according to the Al-Qur'an. Pharos Journal of Theology, 105(2).

Manurung, P., & Syahril, A. (2023). Strategi komunikasi efektif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam Pesantren Darul Arafah. KomunikA, 19(02), 42-47.

Manurung, P., Tanjung, K., Kurniati, M., Siregar, M., & Maslan, M. (2024). Kegiatan Perlombaan Keagamaan Bagi Anak-Anak: Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Mengikuti Perlombaan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 699-706.

Nurfadhillah, S. (2023). Pendidikan inklusi (anak berkebutuhan khusus). Jejak Publisher.

Nusa, J., & Zailani. (2022). Kontribusi sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 113–151.

Oktaviani, F., & Harsiwi, N. E. (2024). Tantangan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di kelas inklusi SDN Gebang 1. Journal of Special Education Lectura, 2(1), 24–30.

Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian teoritis tentang teknik analisis data dalam penelitian kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84.

Ruslan, M. (2024). Innovation of Islamic education teaching methods based on ICT in secondary schools. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 1, 971–979.

Sidabutar, D., Manik, S. M., & Turnip, H. (2023). Kolaborasi orang tua dan guru dalam meningkatkan kemampuan anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12505–12510.

Sumantri, B. A. (2020). Pendidikan inklusif dalam Surat al-Hujurat ayat 10-13 dan Surat Abasa ayat 1-10. The Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education, 1, 125–140.

Tobasa, M. R., Husna, D., & Nurjanah, P. W. (2024). Tantangan dan strategi mendisiplinkan siswa berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif: Tinjauan dari perspektif studi literatur. ANWARUL, 4(1), 207–217.

Ulfah, S. M., & Ubaidah, S. (2023). Penerapan bahasa isyarat dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus tuna rungu. Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 2(1), 29–43.

Wahyuni, S., & Sari, K. E. (2023). Etika pergaulan bermasyarakat dalam QS Al-Hujurat ayat 10 & 11 dan Surah Al-An’am ayat 21. ARIMA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(2), 21–31.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Zailani, Z., & Ningsih, T. I. (2022). Pengaruh metode Muraja’ah One Day One Ayat (ODOA) dalam meningkatkan minat hafalan surah pendek siswa kelas VII di MTs Nahdatul Islam Mancang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 7757–7762.

Zailani, Z., & Tawarni, T. (2023). Pengaruh metode Team Game Tournament (TGT) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP Swasta Nur Adia Medan. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 38–48.

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Hasanah, F. N., & Zailani, Z. (2025). Strategi dan Tantangan dalam Menerapkan Pembelajaran Inklusif pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di Tadika Tunasku Sayang Al-Fikh Orchard, Port Klang, Selangor, Malaysia). Journal of Education Research, 6(2), 396–406. https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2330

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check