Efektivitas Implementasi Pendidikan Akhlak melalui Metode Pembiasaan Berkata Baik pada Anak Usia Dini di Taska Aspirasi Intelek Shah Alam, Malaysia

Authors

  • Pina Anisa Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Munawir Pasaribu Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2327

Keywords:

Pendidikan akhlak, Pembiasaan berkata baik, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan akhlak melalui metode pembiasaan berkata baik pada anak usia dini di Taska Aspirasi Intelek Shah Alam, Malaysia. Berbeda dari penelitian sebelumnya yang lebih menekankan pendidikan akhlak secara umum, penelitian ini berfokus pada efektivitas metode pembiasaan berkata baik dalam membentuk karakter anak usia dini dalam konteks pendidikan di Malaysia. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode observasi langsung dan wawancara kepada pendidik serta orang tua guna memperoleh pemahaman mendalam tentang penerapan metode ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan berkata baik secara konsisten dapat meningkatkan perilaku positif anak, seperti sopan santun, empati, dan keterampilan komunikasi yang baik. Anak-anak di Taska Aspirasi Intelek secara aktif dilatih dalam berbagai kebiasaan positif, seperti menghargai teman, menggunakan kata-kata sopan ("maaf," "tolong," "terima kasih"), berbagi mainan dan makanan, serta melaksanakan doa bersama sebelum dan sesudah kegiatan. Keberhasilan metode ini didukung oleh peran guru sebagai teladan, kolaborasi antara sekolah dan orang tua, serta sistem reward dan sanksi yang diterapkan secara proporsional. Kebaruan penelitian ini terletak pada analisis mendalam terhadap faktor-faktor yang mendukung efektivitas metode pembiasaan berkata baik di lingkungan pendidikan anak usia dini, khususnya di Malaysia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Amelia, S. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Era Abad 21. Dalam Proceedings Series of Educational Studies. (Tambahkan detail prosiding jika tersedia, seperti nama konferensi dan penerbit).

Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Panduan Menulis Artikel Ilmiah Dan Tugas Akhir). Google Books.

Brahmana, N., & Pasaribu, M. (2023). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini (3-7 Tahun) di Sekolah Rendah (Al-Qudwah) Selangor Malaysia. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 892–901. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.331

Chamidah, A. N. (2012). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(3). http://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/789

Dien, E. Y. (2023). JOTE Volume 5 Nomor 2 Tahun 2023 Halaman 173-178 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Kolase dari Bahan Bekas di Taska Cendikiawan Ceria Penang. Journal on Teacher Education Research & Learning, 5(1), 173–178.

Khofifah, E. N., & Mufarochah, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFUL: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579

Prastiwi, M. H. (2019). Overview of Growth and Development in Children Age 3-6 Years. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 242–249. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162

Hisham, H. H., Yunus, F., & Halim, L. (2021). Perkembangan Fizikal Motor Halus Kanak-Kanak Di Taska Menggunakan Busyboard (Physical Development of Children’ s Fine Motor in Kindergarten Using Busyboard). Jurnal Dunia Pendidikan, 3(2), 495–511.

Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 50–55.

Mufarohah, L., Mujahidin, E., & Alim, A. (2018). 12 Pendidikan Akhlak Untuk Anak Usia Dini. (Tambahkan detail penerbit prosiding jika tersedia).

Manurung, P., Saragih, A. H., & Hasibuan, P. (2024). A Study of the Philosophy of Education and Analysis of the Principles of Implementing Education according to the Al-Qur'an. Pharos Journal of Theology, 105(2).

Indriyani, K. K., Hasan, M. Z. A., & Tarlam, A. (2023). Menumbuhkan Karakter Religius Dengan Metode Pembiasaan Mengucapkan Salam Dan Kreativitas Prakarya Anak Usia 4 – 5 Tahun Kelompok A Di Tk Tunas Nu Patrol Indramayu. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(1), 13–27. https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/1

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429

Putriani, A. D., & Pasaribu, M. (2024). Pembentukan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan Dan Keteladanan di Taska Kasih Khadeeja Bandar Bukit Raja Selangor Malaysia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 9570–9581.

Prayetno, M. S., Hrp, A. C. P., & Manurung, P. (2025). Efektifitas Layanan Konseling Individu Dengan Pendekatan Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Siswa Fatherless (Anak Yatim) di SMP Karya Jaya Tanjung Morawa. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 5(1), 465-474.

Ratnasari, D., Ruswanto, J., Yusria, Y., & Elwiddah, M. (2022). Upaya penerapan disiplin yang dilakukan di taman kanak-kanak primadika school kabupaten muaro jambi. Jurnal Golden Age, 4(2), 234–263.

Reindrawati, D. Y. (2020). Pembiasaan Menjaga Kebersihan Sejak Usia Dini (Pengabdian Pada Murid TK Bintang Kecil Surabaya). (Tambahkan detail penerbit jika tersedia).

Tarigan, N. B., Harahap, A. C. P., & Manurung, P. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Self Disclosure Anak Panti Asuhan. CONS-IEDU, 4(2), 168-183.

Saputra, A. (n.d.). Pendidikan anak pada usia dini. (Tambahkan detail penerbit dan tahun jika tersedia).

Sitika, A. J. (2018). Pembentukan Akhlak Al-Karimah pada Anak Usia Dini. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 1–12.

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2), 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224

Sagala, S. I., Tambusai, K., & Manurung, P. (2024). Studi tentang Layanan Informasi Mengenai Tata Tertib Sekolah di MAL UIN Sumatera Utara. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan (JURISHUMANDIK), 3(3).

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58

Downloads

Published

2025-04-08

How to Cite

Anisa, P., & Pasaribu, M. (2025). Efektivitas Implementasi Pendidikan Akhlak melalui Metode Pembiasaan Berkata Baik pada Anak Usia Dini di Taska Aspirasi Intelek Shah Alam, Malaysia. Journal of Education Research, 6(2), 280–291. https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2327

Issue

Section

Articles

Categories