Efektivitas Implementasi Pendidikan Akhlak melalui Metode Pembiasaan Berkata Baik pada Anak Usia Dini di Taska Aspirasi Intelek Shah Alam, Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2327Keywords:
Pendidikan akhlak, Pembiasaan berkata baik, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan akhlak melalui metode pembiasaan berkata baik pada anak usia dini di Taska Aspirasi Intelek Shah Alam, Malaysia. Berbeda dari penelitian sebelumnya yang lebih menekankan pendidikan akhlak secara umum, penelitian ini berfokus pada efektivitas metode pembiasaan berkata baik dalam membentuk karakter anak usia dini dalam konteks pendidikan di Malaysia. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode observasi langsung dan wawancara kepada pendidik serta orang tua guna memperoleh pemahaman mendalam tentang penerapan metode ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan berkata baik secara konsisten dapat meningkatkan perilaku positif anak, seperti sopan santun, empati, dan keterampilan komunikasi yang baik. Anak-anak di Taska Aspirasi Intelek secara aktif dilatih dalam berbagai kebiasaan positif, seperti menghargai teman, menggunakan kata-kata sopan ("maaf," "tolong," "terima kasih"), berbagi mainan dan makanan, serta melaksanakan doa bersama sebelum dan sesudah kegiatan. Keberhasilan metode ini didukung oleh peran guru sebagai teladan, kolaborasi antara sekolah dan orang tua, serta sistem reward dan sanksi yang diterapkan secara proporsional. Kebaruan penelitian ini terletak pada analisis mendalam terhadap faktor-faktor yang mendukung efektivitas metode pembiasaan berkata baik di lingkungan pendidikan anak usia dini, khususnya di Malaysia.
Downloads
References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Amelia, S. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Era Abad 21. Dalam Proceedings Series of Educational Studies. (Tambahkan detail prosiding jika tersedia, seperti nama konferensi dan penerbit).
Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Panduan Menulis Artikel Ilmiah Dan Tugas Akhir). Google Books.
Brahmana, N., & Pasaribu, M. (2023). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini (3-7 Tahun) di Sekolah Rendah (Al-Qudwah) Selangor Malaysia. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 892–901. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.331
Chamidah, A. N. (2012). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(3). http://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/789
Dien, E. Y. (2023). JOTE Volume 5 Nomor 2 Tahun 2023 Halaman 173-178 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Kolase dari Bahan Bekas di Taska Cendikiawan Ceria Penang. Journal on Teacher Education Research & Learning, 5(1), 173–178.
Khofifah, E. N., & Mufarochah, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFUL: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579
Prastiwi, M. H. (2019). Overview of Growth and Development in Children Age 3-6 Years. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 242–249. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162
Hisham, H. H., Yunus, F., & Halim, L. (2021). Perkembangan Fizikal Motor Halus Kanak-Kanak Di Taska Menggunakan Busyboard (Physical Development of Children’ s Fine Motor in Kindergarten Using Busyboard). Jurnal Dunia Pendidikan, 3(2), 495–511.
Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 50–55.
Mufarohah, L., Mujahidin, E., & Alim, A. (2018). 12 Pendidikan Akhlak Untuk Anak Usia Dini. (Tambahkan detail penerbit prosiding jika tersedia).
Manurung, P., Saragih, A. H., & Hasibuan, P. (2024). A Study of the Philosophy of Education and Analysis of the Principles of Implementing Education according to the Al-Qur'an. Pharos Journal of Theology, 105(2).
Indriyani, K. K., Hasan, M. Z. A., & Tarlam, A. (2023). Menumbuhkan Karakter Religius Dengan Metode Pembiasaan Mengucapkan Salam Dan Kreativitas Prakarya Anak Usia 4 – 5 Tahun Kelompok A Di Tk Tunas Nu Patrol Indramayu. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(1), 13–27. https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/1
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970
Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429
Putriani, A. D., & Pasaribu, M. (2024). Pembentukan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan Dan Keteladanan di Taska Kasih Khadeeja Bandar Bukit Raja Selangor Malaysia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 9570–9581.
Prayetno, M. S., Hrp, A. C. P., & Manurung, P. (2025). Efektifitas Layanan Konseling Individu Dengan Pendekatan Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Siswa Fatherless (Anak Yatim) di SMP Karya Jaya Tanjung Morawa. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 5(1), 465-474.
Ratnasari, D., Ruswanto, J., Yusria, Y., & Elwiddah, M. (2022). Upaya penerapan disiplin yang dilakukan di taman kanak-kanak primadika school kabupaten muaro jambi. Jurnal Golden Age, 4(2), 234–263.
Reindrawati, D. Y. (2020). Pembiasaan Menjaga Kebersihan Sejak Usia Dini (Pengabdian Pada Murid TK Bintang Kecil Surabaya). (Tambahkan detail penerbit jika tersedia).
Tarigan, N. B., Harahap, A. C. P., & Manurung, P. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Self Disclosure Anak Panti Asuhan. CONS-IEDU, 4(2), 168-183.
Saputra, A. (n.d.). Pendidikan anak pada usia dini. (Tambahkan detail penerbit dan tahun jika tersedia).
Sitika, A. J. (2018). Pembentukan Akhlak Al-Karimah pada Anak Usia Dini. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 1–12.
Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2), 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460
Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224
Sagala, S. I., Tambusai, K., & Manurung, P. (2024). Studi tentang Layanan Informasi Mengenai Tata Tertib Sekolah di MAL UIN Sumatera Utara. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan (JURISHUMANDIK), 3(3).
Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Pina Anisa, Munawir Pasaribu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).