Penerapan Teori Shaping dalam Memodifikasi Perilaku untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak di TK ABA Plosoklaten

Authors

  • Azmil Mufidah Pendidikan Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  Indonesia
  • Luluk Iffatur Rocmah Pendidikan Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2323

Keywords:

Teori Shaping, Modiifikasi Perilaku Percaya Diri, Anak Usia Dini

Abstract

Perkembangan sosisal-emosional pada anak usia 4-5 tahun apabila tidak diperhatikan maka akan menimbulkan masalah yang cukup berat dalam tumbuh kembang anak. Rasa minder, malu dan kurang percaya diri sering dialami anak usia 4-5 tahun. Hal ini juga terjadi pada anak di TK ABA Plosoklate. Maka dari itu dilakukan penerapana Teknik Shaping dalam moodifikasi perilku percaya diri pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan Teknik analisis data menggunakan tiga laur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Disimpulkan bahwa Teknik Shaping dalam memodifikasi perilaku percaya diri pada anak anak tergantung pada tahap yang dilakukan guru sebelum intervensi. tahapan yang dilakukan terus menerus selama intervensi serta reinforcement yang diberikan Ketika melakukan perubahan dan lingkungan yang mendukung membuat rasa percaya diri tumbuh pada anak-anak. Penelitian ini diharapkan dapat membantu khususnya bagi guru TK untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak usia 4-5 dengan menerapkan teori shaping juga dapat direkomendasikan dalam memodifikasi perilaku percaya diri dalam berbagai konteks Pendidikan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dian Pertiwi, S., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi orangtua terhadap pentingnya CALISTUNG untuk anak usia 5-6 tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875

Falaah, M., & Nurfadilah, I. (2021). Modifikasi perilaku anak usia dini untuk mengatasi temper tantrum pada anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 69–76.

Habsy, B. A., Khaelani, F. F., Hanani, A. K., Anggraini, F. A., Zulfah, S. Z., Rahma, A. A., Sayyidah, Zulfah, Z., & Penulis, N. (2024). Penerapan teknik modifikasi perilaku: Imitation, shaping, dan chaining di sekolah ramah anak. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(7).

Hafizhah Salma, H., & Prasetyawati, D. W. (n.d.). Studi subjek tunggal: Efektivitas teknik shaping dan token economy untuk meningkatkan atensi dan memori kerja anak lamban belajar.

Kholidah Nasution, N. (2019). Perkembangan anak usia dini (AUD) di TK Aisyiyah: Problematika dan solusi. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(2), 130–143.

Lia Sari, S., & Adi Kurniawan, N. (n.d.). Perkembangan sosial dan emosional anak usia dini.

Malika, N. (2020b). Penerapan terapi modifikasi perilaku dengan teknik shaping untuk membentuk kemandirian anak. Dalam Proceedings of The ICECRS (Vol. 8).

Mareta, A. M. (2020). Penerapan teknik modifikasi perilaku dalam meningkatkan semangat belajar anak selama “stay at home.” Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 4(1).

Mulvariani, W., Salsabiila, H. S., & Jamaluddin, M. (2021). Modifikasi perilaku teknik shaping untuk mengurangi kecemasan sosial pada anak. PSYCHE: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 3(2).

Nasir, A., Shah, K., Sirodj, R. A., Afgani, M. W., & Raden Fatah Palembang, U. (n.d.). Pendekatan fenomenologi dalam penelitian kualitatif.

Pengembangan model modifikasi perilaku untuk meningkatkan keterampilan sosial anak. (n.d.).

Paramita Kurnia Wiguna, N. R. D. C., Malik, M. F., Kes, S. M., Suryani, L., Tri Isnani, M., Iswono, M., Nyoman Bagiastra, M. I., & Salman, M. (n.d.). Promosi dan perilaku kesehatan. CV. EUREKA MEDIA AKSARA.

Qisthiyah, A., Malika, S. A., Maharani, Z., & Hasanah, L. (2022). Pengenalan klasifikasi menggunakan media bahan alam pada anak usia 5-6 tahun di RA Ar-Rahmah. Jurnal Raudhah, 10(2).

Rodhwa Nisa, A., Patonah, P., & Prihatiningrum, Y. (n.d.). Pencapaian kemampuan sosial emosional anak berdasarkan kelompok usia 4-5 tahun selama masa pembelajaran daring.

Ultavia, A. B., Jannati, P., & Malahati, F. (2023). Kualitatif: Memahami karakteristik penelitian sebagai metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2).

Vera Nurfajriani, W., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, W. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826–833.

Wawasan: Perkembangan sosial emosi anak usia dini. (2022). Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31–47.

Widyaiswara BPSDM Propinsi Maluku Utara, N. (2022). Implementasi personal branding SMART ASN perwujudan bangga melayani di Provinsi Maluku Utara. Jurnal Riset Ilmiah, 1(2).

Downloads

Published

2025-11-03

How to Cite

Mufidah, A., & Rocmah, L. I. (2025). Penerapan Teori Shaping dalam Memodifikasi Perilaku untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak di TK ABA Plosoklaten. Journal of Education Research, 6(4), 1037–1043. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2323

Issue

Section

Articles

Categories