Efektivitas Metode Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Bekasi

Authors

  • Azi Matur Rahmi Universitas Pelita Bangsa  Indonesia
  • Dwiyani Angraeni Universitas Pelita Bangsa  Indonesia
  • Imas Fitrasari Universitas Pelita Bangsa  Indonesia
  • Sifah Amelia Putri Universitas Pelita Bangsa  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2301

Keywords:

Culturally Responsive Teaching, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini melihat permasalahan bahwa pendidik masih kesulitan dalam melakukan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak sementara setiap lembaga diwajibkan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat karena adanya upaya dari pemerintah. Sehingga puskesmas dan kementrian kesehatan selalu mengkontrol dalam melakukan kegiatan. Culturally  Responsive  Teaching (CRT)  merupakan  pendekatan  teoritis  yang  bertujuan  membantu  siswa menerima  dan  memperkuat  identitas  budayanya,  serta  meningkatkan  prestasi  belajar. Sementara dalam Pendidikan harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini namun pada saat observasi peneliti melihat dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat belum optimal yaitu adanya anak jajan sembarangan atau jajan di luar lingkungan sekolah, anak tidak mencuci tangan sebelum makan, anak tidak menyiran toilet setelah digunakan dan lain sebagainya. Berdasakan dari temuan tesebut peneliti tertarik melakukan penelitian Pengaruh Implementasi Metode Culturally Responsive Teaching (CRT) Dalam Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian dilihat dari Metode Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terdiri  dari  4  indikator yaitu  1)  Menjaga budaya kebersihan diri, 2) Membiasakan budaya makan makanan yang bergizi, 3)  Membudayakan menggunaan jamban sehat,  dan 4)  Budaya olahraga dengan teratur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulina, C. N. (2018). Peningkatan Kesehatan Anak Usia Dini dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Kecamatan Candi Sidoarjo. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 50. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.1480

Harahap, F., & Seprina. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 57–62. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.1284

Iman, D. P. (2024). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TKIT Harapan Bunda Manado. Of Early Childhood Education, 04, 2963–3346.

Jauhari. (2023). Peningkatan Kesehatan Anak Usia Dini Dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 7(2), 24–33. https://doi.org/10.35326/pkm.v7i2.3517

Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatakan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49

Mardhiati, R. (2019). Pendidikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini. Ikraith-Abdimas, 2(3), 133–141.

Moerad, S. K., Susilowati, E., Savitri, E. D., Rai, N. G. M., Windiani, Suarmini, N. W., Hermanto, Mahfud, C., & Widyastuti, T. (2009). Pendampingan Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) Anak Usia Dini - Pos PAUD Terpadu Melati Kelurahan Medokan Ayu - Rungkut Surabaya. 36.

Prameswari, A. W., & Pratama, R. S. (2024). Peran Orang Tua dalam Mendorong Partisipasi Anak Usia Dini pada Aktivitas Olahraga. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 3(1), 134–146. https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i1.1993

Rahayu, A. K., & Setiasih, O. (2022). Strategi Orang Tua dalam Membiasakan PHBS Anak Usia Dini saat Pandemi COVID-19. 6(5), 4118–4127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2115

Rahmi, A., & Anggraini, D. (2022). Pendampingan Peningkatan Pengetahuan Anak Dengan Penyuluhan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2491–2496.

Salahudin, S., & Rusdin, R. (2020). Olahraga Meneurut Pandangan Agama Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1236

Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1561.

Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif dan penelitian RND. Prima Pustaka.

Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Yusuf, M. (2013). Metodologi penelitian. penelitian gabungan. Prima Pustaka.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Rahmi, A. M., Angraeni, D., Fitrasari, I., & Putri, S. A. (2025). Efektivitas Metode Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Bekasi. Journal of Education Research, 6(4), 1092–1099. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2301

Issue

Section

Articles

Categories