Pengembangan Instrumen dan Rubrik Penilaian Untuk Evaluasi Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Ahmad Shodiq Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Hurril Barriroh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Alimah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Suparto Suparto Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2299

Keywords:

Instrumen penilaian, rubrik, studi literatur, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penilaian dalam pembelajaran memiliki peran penting dalam mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang instrumen serta rubrik penilaian yang sesuai dengan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dengan mengkaji berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan dokumen kebijakan pendidikan yang relevan. Hasil menunjukkan bahwa instrumen dan rubrik penilaian yang efektif harus dapat memenuhi prinsip kepraktisan dalam penerapannya. Selain itu, rubrik penilaian yang jelas dan terstruktur dapat membantu pendidik dalam melakukan penilaian yang lebih objektif dan sistematis. Kesimpulannya, pengembangan instrumen dan rubrik penilaian berbasis studi literatur dapat menjadi pedoman bagi pendidik dalam meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 924–930. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402

Andrade, H. G. (2000). Using rubrics to promote thinking and learning. Educational Leadership, 58(3 SUPPL.), 22–26.

Andriani, D., & Hamdu, G. (2021). Analisis Rubrik Penilaian Berbasis Education for Sustainable Development dan Konteks Berpikir Sistem di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1326–1336. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.514

Asmana, A. T. (2018). Pengembangan Rubrik Analitik Untuk Asesmen Komunikasi Matematika Tertulis Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 64–77. http://jurnal.uns.ac.id/jpm

Asrul, Abdul Hasan Saragih, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran. PERDANA PUBLISHING, Medan.

Brookhart, S. M. (2015). How to create and use rubrics for formative assessment and grading. ASCD MEMBER BOOK, USA.

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah. (2019). Evaluasi Tes dan Non Tes. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jonsson, A., & Svingby, G. (2007). The use of scoring rubrics: Reliability, validity and educational consequences. Educational Research Review, 2(2), 130–144. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2007.05.002

Lukman. (2022). Pendekatan Filsafat Terhadap Pendidikan. Juara SD, 1(1), 19–23.

Magdalena, I., Utami, D., Pratiwi, D. I., & Delia, L. (2020). Menganalisis Proses Penilaian Belajar Siswa Di Sdn Gondrong 3. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(3), 477–486. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Nirwana, R., Hidayati, A. I., Assayyidah Ifcha, F., Azzahra, S. F., Sayyidah, A., & Jannah, R. (2024). Penilaian Dalam Kurikulum Merdeka: Mendukung Pembelajaran Adaptif Dan Berpusat Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI), 02(2), 213.

Nitko, A. J. (2001). Educational assesment of Students. third edition.

Nurhaifa, I., Hamdu, G., & Suryana, Y. (2020). Rubrik Penilaian Kinerja pada Pembelajaran STEM Berbasis Keterampilan 4C. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 101–110. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24742

Panadero, E., & Jonsson, A. (2013). The use of scoring rubrics for formative assessment purposes revisited: A review. Educational Research Review, 9(October), 129–144. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2013.01.002

Rahmadani, D. (2024). Teknik Penyusunan dan Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar (Tes dan Non-Tes) Bahasa Arab. Islamologi: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2).

Reddy, Y. M., & Andrade, H. (2010). A review of rubric use in higher education. Assessment and Evaluation in Higher Education, 35(4), 435–448. https://doi.org/10.1080/02602930902862859

Rifa’i, N. H. dan M. R. (2023). Karakteristik Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Di Mi. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4(1), 115–128.

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Penerbit Deepublish, Sleman.

Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ujang Suparman. (2016). Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa. Media Akademi.

Widiyarto, A., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes Dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 307–316. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.439

Wortham. (2006). Early Childhood Curriculum: Developmental Bases for Learning and Teaching. NJ: Pearson Merrill Prentice Hall.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=zG9sDAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Shodiq, A., Barriroh, H., Alimah, N., & Suparto, S. (2025). Pengembangan Instrumen dan Rubrik Penilaian Untuk Evaluasi Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Education Research, 6(4), 850–860. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2299

Issue

Section

Articles

Categories