Pengembangan Instrumen dan Rubrik Penilaian Untuk Evaluasi Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2299Keywords:
Instrumen penilaian, rubrik, studi literatur, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Penilaian dalam pembelajaran memiliki peran penting dalam mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang instrumen serta rubrik penilaian yang sesuai dengan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dengan mengkaji berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan dokumen kebijakan pendidikan yang relevan. Hasil menunjukkan bahwa instrumen dan rubrik penilaian yang efektif harus dapat memenuhi prinsip kepraktisan dalam penerapannya. Selain itu, rubrik penilaian yang jelas dan terstruktur dapat membantu pendidik dalam melakukan penilaian yang lebih objektif dan sistematis. Kesimpulannya, pengembangan instrumen dan rubrik penilaian berbasis studi literatur dapat menjadi pedoman bagi pendidik dalam meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah.
Downloads
References
Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 924–930. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402
Andrade, H. G. (2000). Using rubrics to promote thinking and learning. Educational Leadership, 58(3 SUPPL.), 22–26.
Andriani, D., & Hamdu, G. (2021). Analisis Rubrik Penilaian Berbasis Education for Sustainable Development dan Konteks Berpikir Sistem di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1326–1336. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.514
Asmana, A. T. (2018). Pengembangan Rubrik Analitik Untuk Asesmen Komunikasi Matematika Tertulis Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 64–77. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Asrul, Abdul Hasan Saragih, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran. PERDANA PUBLISHING, Medan.
Brookhart, S. M. (2015). How to create and use rubrics for formative assessment and grading. ASCD MEMBER BOOK, USA.
Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullah. (2019). Evaluasi Tes dan Non Tes. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Jonsson, A., & Svingby, G. (2007). The use of scoring rubrics: Reliability, validity and educational consequences. Educational Research Review, 2(2), 130–144. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2007.05.002
Lukman. (2022). Pendekatan Filsafat Terhadap Pendidikan. Juara SD, 1(1), 19–23.
Magdalena, I., Utami, D., Pratiwi, D. I., & Delia, L. (2020). Menganalisis Proses Penilaian Belajar Siswa Di Sdn Gondrong 3. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(3), 477–486. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Nirwana, R., Hidayati, A. I., Assayyidah Ifcha, F., Azzahra, S. F., Sayyidah, A., & Jannah, R. (2024). Penilaian Dalam Kurikulum Merdeka: Mendukung Pembelajaran Adaptif Dan Berpusat Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI), 02(2), 213.
Nitko, A. J. (2001). Educational assesment of Students. third edition.
Nurhaifa, I., Hamdu, G., & Suryana, Y. (2020). Rubrik Penilaian Kinerja pada Pembelajaran STEM Berbasis Keterampilan 4C. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 101–110. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24742
Panadero, E., & Jonsson, A. (2013). The use of scoring rubrics for formative assessment purposes revisited: A review. Educational Research Review, 9(October), 129–144. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2013.01.002
Rahmadani, D. (2024). Teknik Penyusunan dan Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar (Tes dan Non-Tes) Bahasa Arab. Islamologi: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2).
Reddy, Y. M., & Andrade, H. (2010). A review of rubric use in higher education. Assessment and Evaluation in Higher Education, 35(4), 435–448. https://doi.org/10.1080/02602930902862859
Rifa’i, N. H. dan M. R. (2023). Karakteristik Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Di Mi. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4(1), 115–128.
Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Penerbit Deepublish, Sleman.
Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Ujang Suparman. (2016). Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa. Media Akademi.
Widiyarto, A., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes Dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 307–316. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.439
Wortham. (2006). Early Childhood Curriculum: Developmental Bases for Learning and Teaching. NJ: Pearson Merrill Prentice Hall.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=zG9sDAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Shodiq, Hurril Barriroh, Nur Alimah, Suparto Suparto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).