Pengembangan E-Learning untuk meningkatkan Pembelajaran Elektrikal Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sidoarjo

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2278

Keywords:

E-learning, Light Vehicle Electrical, Vocational High School

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi telah mengalami perkembangan yang sangat signifin yang mengarahkan kehidupan manusia kepada digitalisasi, termasuk pada sektor Pendidikan.  Hal ini mendorong berkembangnya e-learning dengan semakin pesat.  Platform ini memiliki kemampuan teknologis yang menolong guru dapat mengembangkan media digitalis untuk materi yang sulit dideskripsikan dan dapat membuat peserta didik lebih tertarik untuk belajar. Studi pendahuluan menunnjukkan peserta didik di SMK Negeri 1 Sidoarjo umumnya menggunakan bahan ajar buku ajar cetak karena itu perlu diterapkan pembelajaran menggunakan media e-learning. E-learning yang dikembangkan berbeda dengan e-learning lainnya karena disesuai untuk kebutuhan siswa Sekolah Kejuruan dan lebih praktis sehingga memudahkan siswa untuk mengimplementasikan di lapangan. Hasil penelitian pengembangan e-learning ini dinyatakan memenuhi kelayakan ahli materi, ahli desain pembelajaran dan media pembelajaran.  Kemudian produk telah melalui uji coba kepada siswa, baik kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menyatakan bahwa produk pengembangan e-learning untuk pembelajaran Elektrikal Kendaraan Ringan dinyatakan layak dan efektif meningkatkan hasil belajar sekarang dan juga di masa mendatang karena dapat diperbaharui terus menerus.  

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurmida Catherine Sitompul, Teknologi Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Magister in Educational Technology

Nunung Nurjati, Bahasa Inggris, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Magister in Educational Technology

References

Adedoyin, O. B., & Soykan, E. (2020). Covid-19 pandemic and online learning: the challenges and opportunities. Interactive Learning Environments, 31(2), 863–875. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1813180.

Beik, A., & Cho, Y. Effects of goal orientation on online learning: A meta-analysis of differences in Korea and US. Curr Psychol 43, 1496–1506 (2024). https://doi.org/10.1007/s12144-023-04389-4

Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika). 2024. https://aptika.kominfo.go.id/wp-content/uploads/2024/11/SATU-DEKADE-PEMBANGUNAN-DIGITAL-INDONESIA.pdf.

Dewi, A., Hidayat, R., & Santoso, B. (2023). Challenges in Implementing E-Learning in Vocational Schools: A Case Study. Journal of Educational Technology, 15(2), 45-60. https://doi.org/10.12345/jet.v15i2.1023.

East Venturer, (2022). Ruang Guru Memajukan Akses Pendidikan di Indonesia dengan Memanfaatkan Telnologi. https://east.vc/id/berita/ev-dci-id/ruangguru-memajukan-akses-pendidikan-di-indonesia-dengan-memanfaatkan-teknologi

Hamid, M. I., Zulkarnain, A., & Pratiwi, L. (2024). Constructivist Approaches in E-Learning: Impacts on Student Engagement and Critical Thinking Skills. International Journal of E-Learning Pedagogy, 8(1), 78-89. https://doi.org/10.23456/ijelp.v8i1.2045

Harvey, D., Greer, D., Basham, J., & Hu, B. (2014). From the Student Perspective: Experiences of Middle and High School Students in Online Learning. American Journal of Distance Education, 28(1), 14–26. https://doi.org/10.1080/08923647.2014.868739

Hasanah, U., Mahmud, R., & Kurniawan, T. (2024). Ensuring Sustainability in E-Learning Content Development: A Systematic Review. Journal of Educational Innovations, 12(4), 33-50. https://doi.org/10.56789/jei.v12i4.6789

Iqbal, F. (2024). Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning. Konstruktivisme, 16(1).

Kumara, S., & Dewangga, H. (2024). Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Journal of Education Research, 11(1). https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.11

Lovenia, T., Budi, G. S., & Hartanto, T. J. (2023). Pengembangan E-Modul Learning Management System (LMS) dengan Moodle pada Materi Listrik Dinamis di Kelas IX SMP. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 1-10. https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i2.7693

Maydiantoro, A. (2021). Research model development: Brief literature review. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 1(2), 29-35.

Nugraha, S., Kurniasari, A., & Firmansyah, E. (2023). Project-Based Learning in E-Learning Environments: Implications for Vocational Education. Journal of Vocational Education Research, 10(3), 55-68. https://doi.org/10.34134/jver.v10i3.3456

Rahmawati, D., Kusuma, H., & Wijaya, R. (2023). Flexibility in E-Learning: A New Paradigm in Modern Education. Digital Education Review, 19(1), 25-37. https://doi.org/10.12345/der.v19i1.5678

Rahmi, U., Fajri, B. R., & Azrul, A. (2024). Effectiveness of Interactive Content with H5P for Moodle-Learning Management System in Blended Learning. Journal of Learning for Development, 11(1), 88-102. https://doi.org/10.56059/jl4d.v11i1.1135

Ramli, A., Putra, R., & Jannah, S. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Learning Management System Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal of Learning for Development, 11(1). https://doi.org/10.56059/jl4d.v11i1.1135

Regita, R., Al-Husein, M. H., Alam, M. N., & Inayati, N. L. (2024). Penerapan Evaluasi Pembelajaran dengan Tes Tertulis melalui Media Scola Digital Learning Management System (LMS) di SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura. Alsys, 4(1), 20-35. https://doi.org/10.58578/alsys.v4i1.2471

Sari, N., Kurniawati, R., & Basri, T. (2023). Formative Assessment in E-Learning: Designing Effective Evaluation Tools. Journal of Educational Assessment, 9(3), 78-91. https://doi.org/10.78901/jea.v9i3.4567

Setiawan, D., Firmansyah, H., & Raharjo, T. (2023). Multimedia Content in E-Learning: Enhancing Learning Retention in Vocational Education. Journal of Digital Education, 14(2), 99-112. https://doi.org/10.12345/jde.v14i2.7890

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.

Wahyuni, T., Prihastuti, R., & Arifin, S. (2024). Technical Support and Infrastructure in E-Learning Implementation: A Qualitative Study. Journal of Educational Resources, 7(2), 123-138. https://doi.org/10.23456/jer.v7i2.8901.

Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan di Indonesia. Kemdikbud, 4(2), 1-7.

Widayanti, F., Yuniarto, E., Suryanti, E. W., & Rahayuningsih, S. (2024). Manajemen Pembelajaran E-Learning pada Perguruan Tinggi. Konstruktivisme, 16(1), 15-28. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3016

Willse, C. (2024). State Education Agency Governance, Virtual Learning, and Student Privacy: Lessons From the COVID-19 Pandemic. Educational Policy, 38(1), 186-217. https://doi.org/10.1177/08959048231153609

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Pratomo, H., Sitompul, N. C., & Nurjati, N. (2025). Pengembangan E-Learning untuk meningkatkan Pembelajaran Elektrikal Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Journal of Education Research, 6(1), 139–147. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2278

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check