Analisis Kebutuhan UPTD BTIKP sebagai Designer Platform Merdeka Mengajar Guru di Kota Gorontalo

Authors

  • Abd Rahman K. Ma'ruf Teknologi Pendidikan, Universitas Bina Mandiri Gorontalo, Indonesia
  • Frezy Paputungan Teknologi Pendidikan, Universitas Bina Mandiri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2273

Keywords:

Analisis Kebutuhan, UPTD BTIKP, Perancang, Platform Belajar Mandiri, Guru

Abstract

Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan mempunyai tugas membantu Gubernur melaksanakan kegiatan teknis operasional Dinas Pendidikan Provinsi yang meliputi Pengembangan, Pemanfaatan, Pembinaan, Pelatihan, Evaluasi Kegiatan Teknologi Pendidikan dan Pendayagunaan Teknologi, Informasi dan Komunikasi Pendidikan serta sebagai Pusat Data dan Publikasi Pendidikan. BTIKP sangat membantu pelaksanaan pendidikan, apalagi sekarang ini para Guru dituntut untuk dapat melaksanakan PMM di sekolah. Survey lapangan menunjukkan bahwa 75% Guru di Kota Gorontalo belum memahami platform merdeka mengajar dan proporsi guru yang merasa perlu pelatihan PMM berdasarkan jenis dukungan yang diinginkan guru adalah sekitar 14,09%, hal ini ditunjukkan dengan pernyataan Guru SD, SLTP dan SMK pada Google-Form yang sudah dishare peneliti. Keberadaan UPTD BTIKP di Provinsi Gorontalo dibutuhkan untuk memberikan pelatihan secara berkesinambungan, mengingat administrasi merdeka mengajar adalah wajib. Hasil Penelitian dengan teknik wawancara melalui Google-Form menunjukkan bahwa UPTD BTIKP sangat dibutuhkan untuk mendukung platform merdeka mengajar Guru di Kota Gorontalo. Secara keseluruhan jawaban Responden mengungkapkan bahwa kesulitan yang dialami adalah pada ketersediaan jaringan internet. Pengadaan UPTD BTIKP sangat dibutuhkan dalam hal pemberian tutorial, pelatihan dan sosialisasi untuk memberikan solusi terkait administrasi yang wajib dilaksanakan Guru di Kota Gorontalo. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan penelitian selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu “Peran UPTD BTIKP sebagai Designer Platform Merdeka Mengajar Guru di Kota Gorontalo”. Hal ini dilaksanakan agar kesesuaian antara pecapaian pembelajaran di sekolah dan pengadaan administrasi platform merdeka belajar dapat seimbang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adziima, M. F. (2022). Psikologi humanistik Abraham Maslow. Jurnal Tana Mana, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.33648/jtm.v2i2.171

Althof, W., & Berkowitz, M. W. (2006). Moral education and character education: Their relationship and roles in citizenship education. Journal of Moral Education, 35(4), 495–518. https://doi.org/10.1080/03057240601012204

Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran statistika menggunakan software SPSS untuk uji validitas dan reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206

Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Urgensi analisis kebutuhan peserta didik terhadap proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1). [tanpa DOI atau URL]

Dwi Wira Gardha Yuniahans, P., Parlika, R., Saneval Arhinza, R., Fausta Majid, V., & Ghifari Alifian, M. (2022). Uji validitas aplikasi Si-Book menggunakan SPSS dengan kombinasi metode R-tabel dan Cohen’s Kappa. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 16(2), 121–133. https://doi.org/10.47111/jti.v16i2.5001

Fakhruddin, M. T., Sahrina, A., Utomo, D. H., & Deffinika, I. (2024). Development of digital learning media based on the GlideApps website on geography subjects endogenous power material. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 11(2). [tanpa DOI atau URL]

Hayati, K. R. (2023). Penilaian penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pelaksanaan KASATU UPNVJT menggunakan uji validitas dan realibilitas. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1(2). [tanpa DOI atau URL]

Indrawan, D., & Jalilah, S. R. (2021). Metode kombinasi/campuran bentuk integrasi dalam penelitian. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 735–739. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1452

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52

Kim, C., Kim, M. K., Lee, C., Spector, J. M., & DeMeester, K. (2013). Teacher beliefs and technology integration. Teaching and Teacher Education, 29, 76–85. https://doi.org/10.1016/j.tate.2012.08.005

Maharani, M. S., Rondli, W. S., & Ermawati, D. (2023). Analisis integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 3 Robayan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2519–2526. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1869

Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada perguruan tinggi swasta di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940

Nahdiyah, A. C. F., Prasetyo, S., Wulandari, N. F., & Chairy, A. (2023). Konsep pendidikan perspektif filsafat humanisme dalam Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Pendidikan dan Filsafat, 6(2). [tanpa DOI atau URL]

Paputungan, F., & Ma, A. K. (2023). Penerapan pembelajaran digital menggunakan media dalam teknologi pendidikan pada era Society 5.0 di sekolah dan perguruan tinggi. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1). https://doi.org/10.47918/jeac.v3i1.1067

Wijaya, A. S. D., Suhardi, S., & Mustadi, A. (2019). Aksesibilitas kemampuan literasi media siswa sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7787

Yam, J. H. (2022). Refleksi penelitian metode campuran (mixed method). Jurnal EMPIRE, 2(2), 126–134. https://doi.org/10.33592/empire.v2i2.3310

Downloads

Published

2025-04-06

How to Cite

Ma’ruf, A. R. K., & Paputungan, F. (2025). Analisis Kebutuhan UPTD BTIKP sebagai Designer Platform Merdeka Mengajar Guru di Kota Gorontalo. Journal of Education Research, 6(2), 259–269. https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2273

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check