Analisis Kebutuhan UPTD BTIKP sebagai Designer Platform Merdeka Mengajar Guru di Kota Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2273Keywords:
Analisis Kebutuhan, UPTD BTIKP, Perancang, Platform Belajar Mandiri, GuruAbstract
Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan mempunyai tugas membantu Gubernur melaksanakan kegiatan teknis operasional Dinas Pendidikan Provinsi yang meliputi Pengembangan, Pemanfaatan, Pembinaan, Pelatihan, Evaluasi Kegiatan Teknologi Pendidikan dan Pendayagunaan Teknologi, Informasi dan Komunikasi Pendidikan serta sebagai Pusat Data dan Publikasi Pendidikan. BTIKP sangat membantu pelaksanaan pendidikan, apalagi sekarang ini para Guru dituntut untuk dapat melaksanakan PMM di sekolah. Survey lapangan menunjukkan bahwa 75% Guru di Kota Gorontalo belum memahami platform merdeka mengajar dan proporsi guru yang merasa perlu pelatihan PMM berdasarkan jenis dukungan yang diinginkan guru adalah sekitar 14,09%, hal ini ditunjukkan dengan pernyataan Guru SD, SLTP dan SMK pada Google-Form yang sudah dishare peneliti. Keberadaan UPTD BTIKP di Provinsi Gorontalo dibutuhkan untuk memberikan pelatihan secara berkesinambungan, mengingat administrasi merdeka mengajar adalah wajib. Hasil Penelitian dengan teknik wawancara melalui Google-Form menunjukkan bahwa UPTD BTIKP sangat dibutuhkan untuk mendukung platform merdeka mengajar Guru di Kota Gorontalo. Secara keseluruhan jawaban Responden mengungkapkan bahwa kesulitan yang dialami adalah pada ketersediaan jaringan internet. Pengadaan UPTD BTIKP sangat dibutuhkan dalam hal pemberian tutorial, pelatihan dan sosialisasi untuk memberikan solusi terkait administrasi yang wajib dilaksanakan Guru di Kota Gorontalo. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan penelitian selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu “Peran UPTD BTIKP sebagai Designer Platform Merdeka Mengajar Guru di Kota Gorontalo”. Hal ini dilaksanakan agar kesesuaian antara pecapaian pembelajaran di sekolah dan pengadaan administrasi platform merdeka belajar dapat seimbang.
Downloads
References
Adziima, M. F. (2022). Psikologi humanistik Abraham Maslow. Jurnal Tana Mana, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.33648/jtm.v2i2.171
Althof, W., & Berkowitz, M. W. (2006). Moral education and character education: Their relationship and roles in citizenship education. Journal of Moral Education, 35(4), 495–518. https://doi.org/10.1080/03057240601012204
Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran statistika menggunakan software SPSS untuk uji validitas dan reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206
Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Urgensi analisis kebutuhan peserta didik terhadap proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1). [tanpa DOI atau URL]
Dwi Wira Gardha Yuniahans, P., Parlika, R., Saneval Arhinza, R., Fausta Majid, V., & Ghifari Alifian, M. (2022). Uji validitas aplikasi Si-Book menggunakan SPSS dengan kombinasi metode R-tabel dan Cohen’s Kappa. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 16(2), 121–133. https://doi.org/10.47111/jti.v16i2.5001
Fakhruddin, M. T., Sahrina, A., Utomo, D. H., & Deffinika, I. (2024). Development of digital learning media based on the GlideApps website on geography subjects endogenous power material. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 11(2). [tanpa DOI atau URL]
Hayati, K. R. (2023). Penilaian penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pelaksanaan KASATU UPNVJT menggunakan uji validitas dan realibilitas. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1(2). [tanpa DOI atau URL]
Indrawan, D., & Jalilah, S. R. (2021). Metode kombinasi/campuran bentuk integrasi dalam penelitian. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 735–739. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1452
Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52
Kim, C., Kim, M. K., Lee, C., Spector, J. M., & DeMeester, K. (2013). Teacher beliefs and technology integration. Teaching and Teacher Education, 29, 76–85. https://doi.org/10.1016/j.tate.2012.08.005
Maharani, M. S., Rondli, W. S., & Ermawati, D. (2023). Analisis integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 3 Robayan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2519–2526. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1869
Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada perguruan tinggi swasta di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940
Nahdiyah, A. C. F., Prasetyo, S., Wulandari, N. F., & Chairy, A. (2023). Konsep pendidikan perspektif filsafat humanisme dalam Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Pendidikan dan Filsafat, 6(2). [tanpa DOI atau URL]
Paputungan, F., & Ma, A. K. (2023). Penerapan pembelajaran digital menggunakan media dalam teknologi pendidikan pada era Society 5.0 di sekolah dan perguruan tinggi. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1). https://doi.org/10.47918/jeac.v3i1.1067
Wijaya, A. S. D., Suhardi, S., & Mustadi, A. (2019). Aksesibilitas kemampuan literasi media siswa sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7787
Yam, J. H. (2022). Refleksi penelitian metode campuran (mixed method). Jurnal EMPIRE, 2(2), 126–134. https://doi.org/10.33592/empire.v2i2.3310
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Abd Rahman K. Ma'ruf, Frezy Paputungan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).