Manajemen Digital Perpustakaan Sekolah untuk Mendorong Literasi Siswa

Authors

  • Zainul Wasilah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Ima Widiyanah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2262

Keywords:

Manajemen Perpustakaan Sekolah, Berbasis Digital, Minat Baca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen perpustakaan sekolah berbasis digital dalam meningkatkan minat baca. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review. Manajemen perpustakaan sekolah berbasis digital menawarkan potensi besar untuk meningkatkan minat baca siswa dengan memberikan akses yang lebih mudah, fleksibel, dan menarik melalui teknologi. Transformasi perpustakaan konvensional ke digital memungkinkan siswa untuk mengakses berbagai sumber bacaan secara online, memperkaya pengalaman belajar mereka di luar ruang kelas. Yang membedakan kajian ini dari penelitian sebelumnya adalah fokus pada strategi spesifik untuk mengoptimalkan manajemen perpustakaan digital di sekolah, seperti pemanfaatan teknologi berbasis AI untuk rekomendasi bacaan, integrasi dengan platform pembelajaran, dan penyediaan akses inklusif bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pihak sekolah, orang tua, dan komunitas dalam menciptakan ekosistem literasi digital yang berkelanjutan. Strategi manajemen yang efektif, seperti pengadaan koleksi yang relevan dengan kebutuhan siswa dan penggunaan fitur interaktif seperti gamifikasi, dapat lebih memotivasi siswa untuk membaca secara mandiri. Implikasi praktis dari temuan ini mencakup perlunya investasi dalam teknologi digital di sekolah, penyusunan kebijakan yang mendukung pengelolaan perpustakaan digital, serta program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi literasi digital siswa dan pengelola. Dengan demikian, transformasi ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap keberlanjutan pendidikan dan literasi di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, C. Z. (2024). Pengaruh Manajemen Perpustakaan Berbasis Digital (Digital Library) Terhadap Minat Baca Siswa Di MAN 1 Mojokerto. IAIN Kediri. https://etheses.iainkediri.ac.id/13902

Aisyah, T. F. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring. IQRA: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 19–31. http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v16i1.10312

Andita, S. S. P. (2023). Manfaat Perpustakaan Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca Generasi Milenial di Era Globalisasi. LIBRIA, 14(2), 122–142. http://dx.doi.org/10.22373/16808

Apriyani, D., Harapan, E., & Houtman, H. (2021). Manajemen perpustakaan sekolah dasar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 132–139. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4103

Habibillah, A., Terttiaavini, T., & Heryati, A. (2022). Pengembangan Perpustakaan Digital Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sd Negeri 8 Rantau Bayur Palembang. Klik-Jurnal Ilmu Komputer, 3(1), 42–49. https://doi.org/10.56869/klik.v3i1.340

Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 113–126. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151

Hidayati, S., Botifar, M., & Khair, U. (2021). Strategi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam Mengembangkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 151. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3557

Jannah, M., & Puspitasari, T. (2024). Sistem Informasi Manajeman Perpustakaan Smk Grafika Gadingrejo Berbasis Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan Al-Multazam, 6(1), 88–94. https://jmpa.stitmultazam.ac.id/index.php/jmpa/article/view/25

Kusumaningrum, D. E., Gunawan, I., Sumarsono, R., & Triwiyanto, T. (2019). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 164–169. http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i3p164-169

Latief, K. A. (2020). Manajemen Perpustakaan Sekolah dan Trend Perpustakaan Berbasis Digital di Sekolah. UIN Ar-Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10839

Mursyidah, M., Sukirman, S., & Hidayati, D. (2023). Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di SMAN 1 Berau. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61–75. https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.9366

Rokan, M. R. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra, 11(01).

Rusli, R. K., Krisdiantoro, W. T., Rangkuti, Y. Y., & Maryani, N. (2022). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Program Literasi Siswa. Tadbir Muwahhid, 6(1), 77–93. https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/5498

Santosa, A. B., Sukirman, S., & Subaidi, S. (2022). Strategi Manajemen Perpustakaan Digital untuk Meningkatkan Kualitas Akademik. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 136–147. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i2.p136-147

Sobirin, S., Hanafi, A. A., Hendra, H., Ari, M. R. A. A., & Sari, R. I. (2023). Manajemen Perpustakaan di Era Digital: Studi di SMKN 1 Cijulang. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 64–71. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i1.204

Supriati, E. (2021). Manajemen perpustakaan dalam mendukung gerakan literasi digital di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(2), 201–218. https://jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/view/30867

Susinta, A., & Senjaya, R. (2022). Manajemen Perpustakaan Digital Di Era Global Pada Perpustakaan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri. UNILIB: Jurnal Perpustakaan. https://doi.org/10.20885/unilib.Vol13.iss2.art1

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Wasilah, Z., Widiyanah, I., & Trihantoyo, S. (2025). Manajemen Digital Perpustakaan Sekolah untuk Mendorong Literasi Siswa. Journal of Education Research, 6(1), 114–123. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2262

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)