Manajemen Digital Perpustakaan Sekolah untuk Mendorong Literasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2262Keywords:
Manajemen Perpustakaan Sekolah, Berbasis Digital, Minat BacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen perpustakaan sekolah berbasis digital dalam meningkatkan minat baca. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review. Manajemen perpustakaan sekolah berbasis digital menawarkan potensi besar untuk meningkatkan minat baca siswa dengan memberikan akses yang lebih mudah, fleksibel, dan menarik melalui teknologi. Transformasi perpustakaan konvensional ke digital memungkinkan siswa untuk mengakses berbagai sumber bacaan secara online, memperkaya pengalaman belajar mereka di luar ruang kelas. Yang membedakan kajian ini dari penelitian sebelumnya adalah fokus pada strategi spesifik untuk mengoptimalkan manajemen perpustakaan digital di sekolah, seperti pemanfaatan teknologi berbasis AI untuk rekomendasi bacaan, integrasi dengan platform pembelajaran, dan penyediaan akses inklusif bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pihak sekolah, orang tua, dan komunitas dalam menciptakan ekosistem literasi digital yang berkelanjutan. Strategi manajemen yang efektif, seperti pengadaan koleksi yang relevan dengan kebutuhan siswa dan penggunaan fitur interaktif seperti gamifikasi, dapat lebih memotivasi siswa untuk membaca secara mandiri. Implikasi praktis dari temuan ini mencakup perlunya investasi dalam teknologi digital di sekolah, penyusunan kebijakan yang mendukung pengelolaan perpustakaan digital, serta program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi literasi digital siswa dan pengelola. Dengan demikian, transformasi ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap keberlanjutan pendidikan dan literasi di era digital.
Downloads
References
Aini, C. Z. (2024). Pengaruh Manajemen Perpustakaan Berbasis Digital (Digital Library) Terhadap Minat Baca Siswa Di MAN 1 Mojokerto. IAIN Kediri. https://etheses.iainkediri.ac.id/13902
Aisyah, T. F. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring. IQRA: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 19–31. http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v16i1.10312
Andita, S. S. P. (2023). Manfaat Perpustakaan Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca Generasi Milenial di Era Globalisasi. LIBRIA, 14(2), 122–142. http://dx.doi.org/10.22373/16808
Apriyani, D., Harapan, E., & Houtman, H. (2021). Manajemen perpustakaan sekolah dasar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 132–139. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4103
Habibillah, A., Terttiaavini, T., & Heryati, A. (2022). Pengembangan Perpustakaan Digital Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sd Negeri 8 Rantau Bayur Palembang. Klik-Jurnal Ilmu Komputer, 3(1), 42–49. https://doi.org/10.56869/klik.v3i1.340
Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 113–126. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151
Hidayati, S., Botifar, M., & Khair, U. (2021). Strategi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam Mengembangkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 151. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3557
Jannah, M., & Puspitasari, T. (2024). Sistem Informasi Manajeman Perpustakaan Smk Grafika Gadingrejo Berbasis Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan Al-Multazam, 6(1), 88–94. https://jmpa.stitmultazam.ac.id/index.php/jmpa/article/view/25
Kusumaningrum, D. E., Gunawan, I., Sumarsono, R., & Triwiyanto, T. (2019). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 164–169. http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i3p164-169
Latief, K. A. (2020). Manajemen Perpustakaan Sekolah dan Trend Perpustakaan Berbasis Digital di Sekolah. UIN Ar-Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10839
Mursyidah, M., Sukirman, S., & Hidayati, D. (2023). Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di SMAN 1 Berau. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61–75. https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.9366
Rokan, M. R. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra, 11(01).
Rusli, R. K., Krisdiantoro, W. T., Rangkuti, Y. Y., & Maryani, N. (2022). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Program Literasi Siswa. Tadbir Muwahhid, 6(1), 77–93. https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/5498
Santosa, A. B., Sukirman, S., & Subaidi, S. (2022). Strategi Manajemen Perpustakaan Digital untuk Meningkatkan Kualitas Akademik. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 136–147. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i2.p136-147
Sobirin, S., Hanafi, A. A., Hendra, H., Ari, M. R. A. A., & Sari, R. I. (2023). Manajemen Perpustakaan di Era Digital: Studi di SMKN 1 Cijulang. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 64–71. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i1.204
Supriati, E. (2021). Manajemen perpustakaan dalam mendukung gerakan literasi digital di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(2), 201–218. https://jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/view/30867
Susinta, A., & Senjaya, R. (2022). Manajemen Perpustakaan Digital Di Era Global Pada Perpustakaan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri. UNILIB: Jurnal Perpustakaan. https://doi.org/10.20885/unilib.Vol13.iss2.art1
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Zainul Wasilah, Ima Widiyanah, Syunu Trihantoyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).