Pengembangan Instrumen Pengukuran Keterampilan Kolaborasi Terintegrasi Nilai Pendidikan Islam Abad 21 Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam

Authors

  • Muhamad Heru Hermawan Universitas Negeri Jakarta
  • Soeharno Soeharno Universitas Negeri Jakarta
  • Wawan Supriadi Universitas Negeri Jakarta
  • Awaluddin Tjalla Universitas Negeri Jakarta
  • Lussy Dwiutami Wahyuni Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2254

Keywords:

Keterampilan kolaborasi, nilai Islam, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukuran keterampilan kolaborasi yang terintegrasi dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran abad ke-21, dan menawarkan pendekatan baru dibandingkan instrumen sebelumnya yang belum mengakomodasi aspek integrasi nilai Islami secara komprehensif. Penelitian menggunakan metode survei dengan teknik cluster random sampling, melibatkan siswa Sekolah Menengah Pertama Islam di Jakarta. Data dikumpulkan menggunakan skala Likert lima tingkat. Validitas isi diuji oleh panel ahli menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI), sedangkan validitas konstruk diuji melalui analisis faktor eksploratori (EFA). Hasil menunjukkan validitas isi yang tinggi (CVI > 0,9), konsistensi internal yang sangat baik (Cronbach's Alpha = 0,949) dan mengidentifikasi lima dimensi keterampilan kolaborasi. Dengan validitas dan reliabilitas yang tinggi, instrumen ini menjadi alat yang andal untuk mengevaluasi keterampilan kolaborasi siswa berbasis nilai Islam. Instrumen ini memiliki implikasi praktis dalam pendidikan Islam abad ke-21, yaitu mendukung pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai Islam secara mendalam dalam proses pendidikan, sehingga menciptakan generasi yang kompeten secara global dan berkarakter Islami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ad-Damasyqi, I. bin U. bin K. al-Q. (2004). Tafsir Ibnu Katsir (M. A. Ghoffar, A. Mu’thi, & A. A.-A. Ihsan (trans.)). Pustaka Imam Syafi’i.

Almathami, H. K. Y., Win, K. T., & Vlahu-Gjorgievska, E. (2022). Development and validation of a new tool to identify factors that influence users’ motivation toward the use of teleconsultation systems: A modified Delphi study. International Journal of Medical Informatics, 157, 104618. https://doi.org/10.1016/J.IJMEDINF.2021.104618

Almohanna, A. A. S., Win, K. T., Meedya, S., & Vlahu-Gjorgievska, E. (2022). Design and content validation of an instrument measuring user perception of the persuasive design principles in a breastfeeding mHealth app: A modified Delphi study. International Journal of Medical Informatics, 164, 104789. https://doi.org/10.1016/J.IJMEDINF.2022.104789

Anwar, S., & Salim, A. (2019). Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Bangsa Di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628

Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 63. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.542

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Boland, V., Drury, A., & Brady, A.-M. (2022). CN58 Mapping the measurement of lymphoma survivors’ unmet needs and quality of life outcomes: Evidence for a lymphoma-specific questionnaire. Annals of Oncology, 33, S1371–S1371. https://doi.org/10.1016/j.annonc.2022.07.381

Brown, J. A., Cooper, A. L., & Albrecht, M. A. (2020). Development and content validation of the Burden of Documentation for Nurses and Midwives (BurDoNsaM) survey护士和助产士文件记载负担调查的开展和内容验证. Journal of Advanced Nursing, 76(5), 1273–1281. https://doi.org/10.1111/JAN.14320

Brown, J. N., Blumhardt, S., Lostak, B., Acorda, D., Weissbrod, P. A., Henningfeld, J. K., Gavini, S., Anani, A. O., Brown, A., Raol, N. P., Sterling, L., Jiwani, A., Bedwell, J. R., & Ongkasuwan, J. (2024). Transitions of care: An aerodigestive provider assessment survey. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 180, 111933. https://doi.org/10.1016/J.IJPORL.2024.111933

Elangovan, N., & Sundaravel, E. (2021). Method of preparing a document for survey instrument validation by experts. MethodsX, 8, 101326. https://doi.org/10.1016/J.MEX.2021.101326

Gwadabe, U. M., Arumugam, N., & Amirah, N. A. (2022). Exploration and Development of Measurement Items of Innovation for New Technology Adoption among Small Farmers. Universal Journal of Agricultural Research, 10(6), 620–626. https://doi.org/10.13189/ujar.2022.100603

Hasnah, S. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Untuk Membentuk Karakter Ulul Albab. At Ta Dib, 18(1), 18–27. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9909

Hermawan, H., Siahaan, P., Suhendi, E., Kaniawati, I., Samsudin, A., Setyadin, A. H., & Hidayat, S. R. (2017). Desain Instrumen Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 167–174. https://doi.org/10.21009/1.03207

Imelda, A. (2018). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128

Irfan, M. N. (2024). Analisis Komponen Utama pada Data Diabetes. Sciencestatistics: Journal of Statistics, Probability, and Its Application. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:271227239

Kyriazos, T. (2018). Applied Psychometrics: The 3-Faced Construct Validation Method, a Routine for Evaluating a Factor Structure. Psychology, 09, 2044–2072. https://doi.org/10.4236/psych.2018.98117

L’Ecuyer, K. M., Subramaniam, D. S., & Reangsing, C. (2020). Development of the preceptor self-assessment tool and use of the content validity index. Journal of Continuing Education in Nursing, 51(10), 469–476. https://doi.org/10.3928/00220124-20200914-09

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Marwahningsih, N. (2023). Mengintegrasikan Kecakapan Abad 21 Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Murhum Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 94–104. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.296

Maulana, M. A., & Mediatati, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 14(3), 153. https://doi.org/10.21927/literasi.2023.14(3).153-163

Muspiroh, N. (2016). INTEGRASI NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560

Nurdin, N., Anhusadar, L., Herlina, H., & Nurhalimah, S. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Di Sekolah Menengah Pertama. Al-Ta Dib Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 14(1), 1. https://doi.org/10.31332/atdbwv14i1.1901

Patimah, L. (2017). Redesain Pembelajaran Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pembelajaran Abad 21. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 34. https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i2.a7360

Prananto, I. W., Rakhmawati, Y., & Pamungkas, T. (2022). Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Index (CVI), and Confirmatory Factor Analysis (CFA) in Mathematics Learning Independence Instruments. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 6(8), 14–20. https://doi.org/10.56304/s0040363622080021

Purnamasari, I., Rahmawati, Noviani, D., & Hilmin. (2023). Pendidikan Islam Transformatif. Ihsanika: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01(4), 1–22. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v1i4.562

Purwanto, D. (2018). Analisis Faktor: Konsep, Prosedur Uji Dan Interpretasi. Jurnal Teknodik, 4(15 SE-Articles), 153–169. https://doi.org/10.32550/teknodik.v4i15.388

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Raykov, T., Anthony, J. C., & Menold, N. (2022). On the Importance of Coefficient Alpha for Measurement Research: Loading Equality Is Not Necessary for Alpha’s Utility as a Scale Reliability Index. 83(4), 766–781. https://doi.org/10.1177/00131644221104972

Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. and wang. (2012). Teaching and Learning 21 st Century Lesson from the Learning Sciences. Asia Society, Partnership for Global Learning. 1-35. APERA Conference, April, 1–35. https://www.aare.edu.au/data/publications/2012/Saavedra12.pdf

Sari, L. M. (2019). Evaluasi Dalam Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 211. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3624

Shi, J., Mo, X., & Sun, Z. (2012). [Content validity index in scale development]. Zhong nan da xue xue bao. Yi xue ban = Journal of Central South University. Medical sciences, 37(2), 152–155. https://doi.org/10.3969/j.issn.1672-7347.2012.02.007

Shrotryia, V. K., & Dhanda, U. (2019). Content Validity of Assessment Instrument for Employee Engagement. SAGE Open, 9(1).

Soleh, A. R., & Arifin, Z. (2021). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Konsep Community of Inquiry. Qalamuna Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 13(2), 473–490. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.995

Susilawati, N., Sobarna, N. A., & Pratikno, H. (2023). Pendidikan Profetik Dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy Dan Implikasinya Pada Capaian Pembelajaran PAI Kurikulum Merdeka. Bandung Conference Series Islamic Education, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.6361

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills learning for life in our times. Journal of Sustainable Development Education and Research.

Watkins, M. W. (2018). Exploratory Factor Analysis: A Guide to Best Practice. Journal of Black Psychology, 44(3), 219–246. https://doi.org/10.1177/0095798418771807

Wright, R. I. (1980). Instrument reliability. Journal of Physics E: Scientific Instruments, 13(1), 8–16. https://doi.org/10.1088/0022-3735/13/1/001

Yun, V. W. S., Ulang, N. M., & Husain, S. H. (2023). Enhancing Content Validity of the Designed Hierarchy of Controls Instrument in Preventing Infectious Diseases on Construction Sites: A Multidimensional Approach. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 32(2), 508–521. https://doi.org/10.37934/ARASET.32.2.508521

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Hermawan, M. H., Soeharno, S., Supriadi, W., Tjalla, A., & Wahyuni, L. D. (2025). Pengembangan Instrumen Pengukuran Keterampilan Kolaborasi Terintegrasi Nilai Pendidikan Islam Abad 21 Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam. Journal of Education Research, 6(3), 710–722. https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2254

Issue

Section

Articles

Categories