Penerapan Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Kosa Kata Baru Siswa Kelas 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.222Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PJBL) berbantuan media pohon literasi dalam meningkatkan kosa kata baru siswa kelas 5 SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang efektivitas model pembelajaran ini dalam meningkatkan kosa kata siswa pada tingkat Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran PJBL berbantuan media pohon literasi, sedangkan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kosa kata, observasi, dan angket. Tes kosa kata digunakan untuk mengukur peningkatan kosa kata siswa sebelum dan setelah intervensi pembelajaran. Observasi dilakukan untuk mengamati interaksi siswa dengan media pohon literasi dan partisipasi mereka dalam kegiatan pembelajaran. Angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa dan penilaian mereka terhadap penggunaan model pembelajaran PJBL berbantuan media pohon literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PJBL berbantuan media pohon literasi secara signifikan meningkatkan kosa kata baru siswa kelas 5 SD. Selain itu, siswa juga menunjukkan tingkat motivasi belajar yang lebih tinggi dan partisipasi yang lebih aktif dalam pembelajaran dengan model tersebut. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada guru-guru kelas 5 SD untuk mengadopsi model pembelajaran PJBL berbantuan media pohon literasi dalam upaya meningkatkan kosa kata siswa. Penerapan model ini dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam memperluas kosakata mereka.
Downloads
References
Adams, R., & Clark, M. (2018). Project-Based Learning: Building a Bridge to Success for K-5 Learners. The Reading Teacher, 72(2), 187-195.
Ariesandi, R., & Pramukti, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dengan Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 143-152.
Aunurrahman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Anwar, A. F., & Siswanto, J. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 225-236.
Fatimah, A., & Setyowati, L. (2013). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan Kosakata Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 153-162.
Fitriani, R., & Subagyo, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 70-81.
Haryanto, E., & Sulistyorini, S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 150-161.
Hendarman, H., & Lestari, S. (2020). Implementing Project-Based Learning (PjBL) in Enhancing Vocabulary Mastery of EFL Learners. Journal of English Education, 8(1), 101-110.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2014). Cooperative Learning: Improving University Instruction by Basing Practice on Validated Theory. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 85-118.
Mahayana, A., & Handayani, E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan Kosakata Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 178-187.
Mulyani, N., & Santosa, P. I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 65-76.
Nurhayati, R., & Nugroho, S. E. (2017). Penggunaan Media Pohon Literasi dalam Meningkatkan Kosa Kata Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 184-194.
Pranowo, D., & Rachmawati, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 83-93.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., & Susilo, H. (2018). Improving Student's Vocabulary Mastery through Project-Based Learning (PJBL). Journal of Primary Education, 7(3), 188-197.
Siswono, T. Y. E. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Supardi, Z. A., Rosidin, U., & Ahmad, S. (2019). Enhancing Vocabulary Acquisition through Project-Based Learning. International Journal of Instruction, 12(2), 197-212.
Suryadi, E., & Sartika, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Kosa Kata Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 53-62.
Syafitri, D., & Kusumaningrum, D. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi terhadap Peningkatan Kosa Kata Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 80-91.
Wibowo, A., Suparno, & Hidayati, D. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 101-111.
Wulan, R. A., & Dewi, I. A. K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi dalam Meningkatkan Kosa Kata Baru Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45-56.
Anderson, K. A., & Fields, D. (2019). The Power of Literacy: Developing Academic Language and Disciplinary Literacy in Secondary Classrooms. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 63(5), 555-560.
Duffy, G. G. (2017). Explaining Reading: A Resource for Teaching Concepts, Skills, and Strategies. New York: The Guilford Press.
Guthrie, J. T., Wigfield, A., & You, W. (2012). Instructional Contexts for Engagement and Achievement in Reading. In S. L. Christenson, A. L. Reschly, & C. Wylie (Eds.), Handbook of Research on Student Engagement (pp. 601-634). New York: Springer.
Leu, D. J., Kinzer, C. K., Coiro, J., & Cammack, D. W. (2004). Toward a Theory of New Literacies Emerging from the Internet and Other Information and Communication Technologies. In R. B. Ruddell & N. Unrau (Eds.), Theoretical Models and Processes of Reading (5th ed., pp. 1570-1613). Newark, DE: International Reading Association.
Lapp, D., Wolsey, T. D., & Fisher, D. (2014). Text Complexity: Raising Rigor in Reading. New York: Guilford Press.
Mahayana, A., & Handayani, E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan Kosakata Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 178-187.
Miller, D. (2013). Reading in the Wild: The Book Whisperer's Keys to Cultivating Lifelong Reading Habits. San Francisco: Jossey-Bass.
National Association for Media Literacy Education. (2019). Core Principles of Media Literacy Education in the United States. Retrieved from https://namle.net/publications/core-principles/
Paris, S. G., & Alamprese, J. A. (2005). How Do Struggling Readers Get to Proficient Reading? Reading Research Quarterly, 40(3), 338-375.
Pearson, P. D., & Gallagher, M. C. (1983). The Instruction of Reading Comprehension. Contemporary Educational Psychology, 8(3), 317-344.
Rosenblatt, L. M. (1995). Literature as Exploration. New York: The Modern Language Association of America.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Dheetyas Glibson Rajindra Azizi, Rissa Prima Kurniawati, Watiek Setyowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).