Apakah MVP dapat Meningkatkan Ketertarikan Siswa dalam Matematika: Pendekatan Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2201Keywords:
MVP, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, Literature ReviewAbstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis manfaat media video pembelajaran (MVP) matematika di Sekolah Dasar serta dampaknya terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Berbeda dari studi sebelumnya yang lebih berfokus pada efektivitas umum video pembelajaran, penelitian ini menyoroti bagaimana berbagai elemen desain video, seperti tingkat interaktivitas dan kompleksitas visual, memengaruhi pemahaman siswa terhadap materi matematika. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik literature review terhadap artikel-artikel yang dipublikasikan antara tahun 2021 hingga 2024. Sumber data diperoleh dari jurnal nasional terakreditasi dan internasional yang tersedia di aplikasi Publish or Perish. Temuan studi mengungkapkan bahwa MVP tidak hanya meningkatkan motivasi siswa, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka, terutama dalam topik-topik yang memerlukan representasi visual, seperti bangun ruang. Selain itu, video interaktif yang memungkinkan siswa untuk menjeda, mengulang, dan berlatih secara mandiri terbukti lebih efektif dibandingkan video statis. Implikasi praktisnya, guru disarankan mengintegrasikan video dalam pembelajaran matematika, sementara pengembang media pendidikan perlu merancang video yang lebih adaptif. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa MVP berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta mendukung pembelajaran mandiri yang lebih fleksibel dan efektif.
Downloads
References
Aransyah, A., Herpratiwi, Adha, M. M., Nurwahidin, M., & Karwono. (2023). Konfergensi Media-Media Pembelajaran Digital Pasca Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 307–317. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6441
Ardiansyah, M., & Nugraha, M. L. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Youtube Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 912–918. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5828
Azizah, F. N., Jihad, A., & Juariah. (2022). Peran Media Pembelajaran Animasi Terhadap Peningkatan Minat Belajar Matematika. Mathematics Education on Research Publication (MERP I ), 12, 30–33.
Daahiljabir, M. A., Masrukan, & Kharisudin, I. (2023). Systematic Literature Review: Utilization of Video Media in Math Learning. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v5i2.415
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2019). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020
Gufron, E., & Kadarmanto, A. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Untuk Peningkatan Minatbelajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Progresif – Media Publikasi Ilmiah, 21–25.
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183
Kusmaryono, I., & Basir, M. A. (2024). Learning media projects with YouTube videos: a dynamic tool for improving mathematics achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(2), 934–942. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i2.26720
Marianto, A., Simatupang, G. M., & Anwar, K. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Menggunakan Aplikasi Doratoon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii Smp. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 55–63. https://doi.org/10.59562/mediatik.v6i3.3088
Marinda, R., Santy, M., Rosyadah, S., & Manurung, A. S. (2022). Penggunaan Media Youtube Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Di Sekolah Dasar …. Jurnal Esa Unggul, 286–290.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning (Third Edit). Cambridge University Press.
Murtiyasa, B., & Anisyawati, F. A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Peningkatan Minat Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 986–999. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4710
Patta, R., Hotimah, H., & Nurhidayat, N. (2024). The Influence of Using Animation Video Media on Interest in Learning Mathematics in Class V Students of SDN Karebasse, Bontonompo District Gowa Regency (Issue 57) [Atlantis Press SARL]. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-210-1_10
Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwani. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3260–3269. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1327
Raharjo, S., Harjo, P., & W, E. D. (2023). Keefektifan Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Baris dan Deret. Logika : Journal of Multidisciplinary Studies, 14(02), 135–143. https://doi.org/10.25134/logika.v14i02.4634
Rahmah, S., Haqq, A. A., & Saluky. (2024). Optimizing the Use of Video Media to Improve Critical Thinking in Mathematics In The Digital Era. Journal Of Educational Technology & Society, 1(2), 75–80.
Ramadhanty, S., Amaliyah, A., & Hasan, N. (2024). Analisis Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Journal of Education Research, 5(3), 2868–2873. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1370
Sappaile, B. I., Yusuf, N. F. M., Mardiati, M., Zoraida, M. N. cahya, & Sitepu, E. (2024). Effectiveness of Using Audio Visual Media in Improving Student Achievement in Mathematics Learning in Elementary Schools. Journal Emerging Technologies in Education, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.70177/jete.v2i1.742
Sofyan, F. A., Gusniawati, S., Mukjizat, L., Indriani, April, S., & Syafitri, A. (2022). Analysis Of Learning Strategies In " Fun Math Video " To Increase Children ’ S Interest In Learning Mathematics Jurnal Multidisipliner Kapalamada learning outcomes is by utilizing the media on YouTube as a fun learning method . difficulties during learnin. Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA, 1(4), 524–532.
Sudir, H. P. R., Anas, A., Munir, N. P., & Arifanti, D. R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan. Pedagogy, 9(1), 319–331.
Wahyuni, N. P. C. O., & Agustika, G. N. S. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa Kelas VI SD. Indonesian Journal of Instruction, 2(3), 116–132. https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50950
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Febrian Ramadhani Hanafi, Nur Ainy Fardana Nawangsari, Nono Hery Yoenanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).