Apakah MVP dapat Meningkatkan Ketertarikan Siswa dalam Matematika: Pendekatan Literature Review

Authors

  • Febrian Ramadhani Hanafi Psikologi, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Nur Ainy Fardana Nawangsari Psikologi, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Nono Hery Yoenanto Psikologi, Universitas Airlangga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2201

Keywords:

MVP, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, Literature Review

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis manfaat media video pembelajaran (MVP) matematika di Sekolah Dasar serta dampaknya terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Berbeda dari studi sebelumnya yang lebih berfokus pada efektivitas umum video pembelajaran, penelitian ini menyoroti bagaimana berbagai elemen desain video, seperti tingkat interaktivitas dan kompleksitas visual, memengaruhi pemahaman siswa terhadap materi matematika. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik literature review terhadap artikel-artikel yang dipublikasikan antara tahun 2021 hingga 2024. Sumber data diperoleh dari jurnal nasional terakreditasi dan internasional yang tersedia di aplikasi Publish or Perish. Temuan studi mengungkapkan bahwa MVP tidak hanya meningkatkan motivasi siswa, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka, terutama dalam topik-topik yang memerlukan representasi visual, seperti bangun ruang. Selain itu, video interaktif yang memungkinkan siswa untuk menjeda, mengulang, dan berlatih secara mandiri terbukti lebih efektif dibandingkan video statis. Implikasi praktisnya, guru disarankan mengintegrasikan video dalam pembelajaran matematika, sementara pengembang media pendidikan perlu merancang video yang lebih adaptif. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa MVP berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta mendukung pembelajaran mandiri yang lebih fleksibel dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aransyah, A., Herpratiwi, Adha, M. M., Nurwahidin, M., & Karwono. (2023). Konfergensi Media-Media Pembelajaran Digital Pasca Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 307–317. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6441

Ardiansyah, M., & Nugraha, M. L. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Youtube Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 912–918. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5828

Azizah, F. N., Jihad, A., & Juariah. (2022). Peran Media Pembelajaran Animasi Terhadap Peningkatan Minat Belajar Matematika. Mathematics Education on Research Publication (MERP I ), 12, 30–33.

Daahiljabir, M. A., Masrukan, & Kharisudin, I. (2023). Systematic Literature Review: Utilization of Video Media in Math Learning. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v5i2.415

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2019). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020

Gufron, E., & Kadarmanto, A. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Untuk Peningkatan Minatbelajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Progresif – Media Publikasi Ilmiah, 21–25.

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183

Kusmaryono, I., & Basir, M. A. (2024). Learning media projects with YouTube videos: a dynamic tool for improving mathematics achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(2), 934–942. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i2.26720

Marianto, A., Simatupang, G. M., & Anwar, K. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Menggunakan Aplikasi Doratoon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii Smp. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 55–63. https://doi.org/10.59562/mediatik.v6i3.3088

Marinda, R., Santy, M., Rosyadah, S., & Manurung, A. S. (2022). Penggunaan Media Youtube Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Di Sekolah Dasar …. Jurnal Esa Unggul, 286–290.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning (Third Edit). Cambridge University Press.

Murtiyasa, B., & Anisyawati, F. A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Peningkatan Minat Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 986–999. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4710

Patta, R., Hotimah, H., & Nurhidayat, N. (2024). The Influence of Using Animation Video Media on Interest in Learning Mathematics in Class V Students of SDN Karebasse, Bontonompo District Gowa Regency (Issue 57) [Atlantis Press SARL]. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-210-1_10

Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwani. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3260–3269. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1327

Raharjo, S., Harjo, P., & W, E. D. (2023). Keefektifan Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Baris dan Deret. Logika : Journal of Multidisciplinary Studies, 14(02), 135–143. https://doi.org/10.25134/logika.v14i02.4634

Rahmah, S., Haqq, A. A., & Saluky. (2024). Optimizing the Use of Video Media to Improve Critical Thinking in Mathematics In The Digital Era. Journal Of Educational Technology & Society, 1(2), 75–80.

Ramadhanty, S., Amaliyah, A., & Hasan, N. (2024). Analisis Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Journal of Education Research, 5(3), 2868–2873. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1370

Sappaile, B. I., Yusuf, N. F. M., Mardiati, M., Zoraida, M. N. cahya, & Sitepu, E. (2024). Effectiveness of Using Audio Visual Media in Improving Student Achievement in Mathematics Learning in Elementary Schools. Journal Emerging Technologies in Education, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.70177/jete.v2i1.742

Sofyan, F. A., Gusniawati, S., Mukjizat, L., Indriani, April, S., & Syafitri, A. (2022). Analysis Of Learning Strategies In " Fun Math Video " To Increase Children ’ S Interest In Learning Mathematics Jurnal Multidisipliner Kapalamada learning outcomes is by utilizing the media on YouTube as a fun learning method . difficulties during learnin. Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA, 1(4), 524–532.

Sudir, H. P. R., Anas, A., Munir, N. P., & Arifanti, D. R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan. Pedagogy, 9(1), 319–331.

Wahyuni, N. P. C. O., & Agustika, G. N. S. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa Kelas VI SD. Indonesian Journal of Instruction, 2(3), 116–132. https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50950

Downloads

Published

2025-04-13

How to Cite

Hanafi, F. R., Nawangsari, N. A. F., & Yoenanto, N. H. (2025). Apakah MVP dapat Meningkatkan Ketertarikan Siswa dalam Matematika: Pendekatan Literature Review. Journal of Education Research, 6(2), 323–335. https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2201

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check