Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru

Rosmawati Rosmawati(1Mail), Nur Ahyani(2), Missriani Missriani(3),
(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Prabumulih, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Rosmawati Rosmawati, Nur Ahyani, Missriani Missriani

DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22

Download Full Text:   [File Size  : 110KB]  Language : id
Received : 2020-11-09  |  Published :

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh disiplin guru terhadap kinerja guru; 2) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh profesionalisme guru terhadap kinerja guru; 3) mengetahui dan mendeskripsikan disiplin guru dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) disiplin guru berpengaruh secara signikan terhadap kinerja guru; 2) profesionalisme guru berpengaruh terhadap kinerja guru; 3) disiplin guru dan profesionalisme guru berpengaruh bersama-sama terhadap kinerja guru

Keywords


Disiplin Guru; Profesionalisme Guru; Kinerja Guru

References


Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Dantes. R. Taman. S, dan M. Yudana. (2013). Kontribusi Motivasi Berprestasi, Disiplin Kerja dan Ketahanmalangan terhadap Kinerja Profesionalisme Guru SMA Negeri di Kecamatan Karangasem Kabupaten Karangasem. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol.4.

Dewi, T. A. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro Vol. 3. No. 1 24-35.

Efa. (2016). The Effect of Work ulture Pedagogic Competence and Work Commitment Toward Task Performance Teacher Vocational High Shool Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Educational Management Vol. 7 No. 1.

Enni, Sultan Djasmi, Sowiyah. (2013). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan (JMMP) Vol.1 No.1.

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373 - 390. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348

Komalasari, K., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2020). Principal’s Management Competencies in Improving the Quality of Education. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 181-193. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/47

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58-69. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/10

Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher’s Professionalism toward Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13-23. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/6

Rusyan. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Cet. VIII. Bandung: Alfabeta.

Siagian. (2017). Teori dan Praktek Kepemimpinan (Leadership Theory and Practice). Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyo, Andri dan Wisnu Wijayanto. (2015). Meningkatkan Kinerja Guru Ditinjau dari Kedisiplinan dan Motivasi Kerja Guru di SD Negeri X Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi” Surakarta, 21 November 2015 ISBN: 978-979-3456-52-2.

Tobari., Kristiawan, M. & Asvio, N. (2018). The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality in Asean Economic Community (AEC) Era. International Journal of Scientific & Technology Research 7 (4).


Article Metrics

 Abstract Views : 182 times
 PDF Downloaded : 127 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.